When this life becomes more difficult, I hope my starlight will stay to give me little hopeness in this black holes darkness sky

krisjoko

Susun Kata Menjadi Gambar

Sunday, August 24, 2008 by Mas Kris


ASCII art — karya gambar yang tercipta dari susunan karakter huruf atau angka — memang unik. Teknik ini memungkinkan Anda membuat bentuk muka dari baris-baris teks. Pokoknya keren deh kalau dijadikan avatar atau foto di Friendster atau Facebook.

Untuk membuatnya, banyak program khusus tersedia, yang biasanya disebut ASCII Converter atau ASCII Generator. Namun, dengan sedikit teknik, Anda bisa membuatnya dengan lebih fleksibel dan apik lewat Adobe Photoshop CS3.

Begini caranya.

1. Buka foto di area kerja Photoshop. Gandakan layer foto tersebut dengan menekan [Ctrl] + [J] di keyboard. Ubahlah layer hasil gandaan tersebut menjadi monokrom dengan mengklik [Image] > [Adjusments] > [Hue/Saturation...].

2. Pada boks dialog yang tampil, atur slider "Saturation:" ke pojok kiri sampai maksimal. Atur slider "Lightness:" untuk mengatur pencahayaan foto. Jika sudah, klik [OK]. Tegaskan warna monokrom dengan mengatur kontras. Klik [Image] > [Adjustments] > [Brightness/Contrast...]. Atur slider "Brightness:" & "Contrast:" pada boks sampai foto tampil lebih tajam. Klik [OK].

3. Buat layer kosong dengan mengklik tombol [Create a new layer] bergambar lembar kertas di bagian bawah palette Layers. Bubuhi warna hitam dengan menekan [Shift] + [F5] di keyboard. Pilih [Black] pada menu "Use:" di boks Fill, dan klik [OK]. Klik tombol [Horizontal Type Tool] di boks. Klik-tarik pointer pada layar sampai membentuk kotak teks. Atur ukuran kotak sampai seukuran area kerja.

4. Ketikkan teks sesuka hati. Pilih warna putih untuk teksnya. Pilih karakter huruf yang tidak berkait seperti Arial atau Franklin Gothic. Ukuran font jangan terlalu besar atau terlalu mini. Atur kerapatan antarbaris dan antarhuruf dengan mengklik tombol [Toggle the Character and Paragraph pallettes] di toolbar. Ukuran antarkarakter bisa diatur di menu di bawahnya. Jika sudah, tekan [Enter].

5. Tekan [Shift] di keyboard, lantas klik layer berisi teks dan layer kosong berwarna hitam. Gabungkan keduanya dengan mengklik segitiga di sudut kanan atas palette Layers, lalu pilih [Merge Layers]. Klik icon mata di depan layer berisi teks (hasil penggabungan) hingga menghilang. Berikutnya, klik layer berisi foto monokrom, lalu klik tab [Channel] di palette layers.

6. Sambil menekan [Ctrl] di keyboard, klik salah satu layer di jendela tab Channel sehingga muncul garis seleksi di foto. Klik tab [Layers], lalu klik kotak di depan layer yang berisi teks sampai icon mata aktif kembali. Pastikan layer berisi teks terpilih. Untuk menerapkan efek agar foto terlihat seperti tersusun dari aksara, klik [Filter] > [Other] > [Maximum...].

7. Pada boks Maximum yang muncul, atur nilai "Radius:" ke angka 1 pixels. Akhiri dengan mengklik [OK]. Efek filter ini akan memperlihatkan susunan huruf tetapi kurang memperlihatkan detil wajah.

8. Ubah seleksi dengan mengklik [Select] > [Inverse]. Terapkan efek filter baru dengan mengklik [Filter] > [Other] > [Minimum...]. Pada boks Minimum, atur slider "Radius:" hingga foto tampil lebih detail dan menonjolkan lekuk wajah. Nilai antara 20-30 pixels sudah mencukupi. Tuntaskan dengan mengklik [OK], lalu tekan [Ctrl] + [D] untuk menghilangkan seleksi.

Sumber: PCplus



TIP: Software ASCII Art

Banyak aplikasi untuk membuat ASCII art. Beberapa malah bisa di-download gratis. Hasilnya memang sedikit berbeda jika dibandingkan olahan Photoshop CS3 karena tidak memasukkan unsur bayangan dalam hasilnya. Namun jika Anda berminat, beberapa program berikut boleh dijajal.

* ASCII Art Studio 2.2 (www.torchsoft.com)
* ASCII Art Generator 3.2.4.2 (www.ascii-art-generator.com)
* ASCII Art Maker 1.4 (www.altarsoft.com)
* Image 2 ASCII Art 2.3 (www.phobosoft.ch)
* Cool ASCII 1 (www.download.com)
* VerMan's Art Converter 1.5 (www.download.com)

Filed under , , having  

1 comments:

Yudhi said...

iyah blh qo bro tukeran..

psang link aku dlu yah??

:D

Post a Comment