When this life becomes more difficult, I hope my starlight will stay to give me little hopeness in this black holes darkness sky

krisjoko

Google Bikin Browser Web Sendiri

Tuesday, September 2, 2008 by Mas Kris


Perang persaingan dalam layanan Internet antara Microsoft dan Google belum berakhir. Tak lama setelah Microsoft merilis Internet Explorer 8 versi beta 2, Google mengungkapkan browser web yang dikembangkannya.

Browser yang akan diberikan cuma-cuma itu diberi nama Chrome. Perkenalannya ke komunitas maya sangat unik karena menggunakan cerita komik yang lugas dan menjelaskan mengenai browser tersebut secara gamblang.

Mulai Selasa (2/9), aplikasi tersebut direncanakan dapat diunduh (download) di 100 negara dan baru dapat dipakai pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows. Google menyatakan masih mengerjakan versi lainnya untuk dipakai pada sistem operasi Macintosh dari Apple dan Linux.

Dalam blog resmi yang ditulis pejabat Google Senin (1/9), Chrome diklaim menawarkan fasilitas mengakses web lebih baik.Web broser ini menyediakan akses ke berbagai materi multimedia lebih cepat dan nyaman karena telah dilengkapi JavaScript virtual machine yang multiproses. Untuk mencegah phising dan pencurian data web, Chrome juga memiliki fitur membuka aplikasi berbasisi web tanpa toolbar dan address bar yang juga dikembangkan Mozilla dalam proyek yang disebut Prism.

"Web semakin baik dengan lebih banyak pilihan dan inovasi," ujar Sundar Pichai, wakil presiden untuk manajemen produk Google. Apalagi, aplikasi tersebut dibangun dengan platform open source sehingga lebih fleksibel dikembangkan komunitas.

Masuknya Google ke pasar web browser menandai makin panasnya persaingan di ranah Internet. Sebelumnya Google berupaya menggerus pasar pengguna aplikasi pengolah dokumen dengan memperkenalkan Google Docs yang dapat diakses online. Google juga membatasi dominasi Internet Explorer dengan mendukung browser web Firefox buatan Mozilla yang saat ini telah meraup 10 persen pangsa pasar.

Dengan iming-iming bagi hasil iklan, Mozilla memasang mesin pencarian Google di halaman resminya. Kontrak kerja sama tersebut telah diperpanjang hingga 2011.

Google mungkin berharap dapat meraup pangsa pasar lebih besar dengan produk mereknya sendiri. Namun, nama besar Google di ranah maya bukan jaminan keberhasilan setiap layanannya. Instant messaging Gtalk dan layanan email Gmail sejauh ini masih di bawah layanan serupa dari Yahoo amupun Microsoft. Buakn tidak mungkin, Chrome juga bakal menjadi pesaing baru bagi Firefox.

Filed under , having  

3 comments:

Anonymous said...

Wah iya neh jadi semangat nyoba soalnya belakangan sempet esmos juga sapa firefox sering error padahal dah update terbaru sial padahal dolo g pernah gini :P. kayaknya bakal mantep nie si google Chrome, aku juga sempet baca beritanya dan sempet pengen posting juga cuman binggung mo psting di blog yang mana :P ga ada yg setopik LOL.

Ciayo Google selama gratis aku mendukungmu ^_^

Anonymous said...

Good info, thanks yaaa

Anonymous said...

aku udah download nanti mau coba!

Post a Comment