When this life becomes more difficult, I hope my starlight will stay to give me little hopeness in this black holes darkness sky

krisjoko

Acer Aspire One, Keren

Friday, August 29, 2008 by kris joko


Sejak awal, Acer memposisikan Aspire One lebih sebagai perangkat ber-internet dibanding notebook. Hal itu terlihat dari penggunaan sistem operasi khusus untuk Aspire One ini; bukan Windows seperti yang digunakan netbook lain.

Berbasis Linux Linpus, sistem operasi Aspire One membagi aplikasi dalam empat kelompok besar: Connect, Work, Fun, dan Files. Di dalam Connect terdapat aplikasi berbasis internet seperti browser, e-mail client, sampai instant messenger. Sementara di Work, tersedia aplikasi berbasis OpenOffice seperti Writer.

Total ada 17 aplikasi dengan setiap aplikasi diwakili icon yang informatif, membuatnya mudah digunakan tanpa menghabiskan banyak waktu untuk mempelajarinya. Khusus aplikasi Messenger, fungsinya agak istimewa. Aplikasi ini memungkinkan Anda terkoneksi ke 4 instant messenger populer (Yahoo, MSN, Google, dan AIM) secara bersamaan. Namun karena sistem operasinya khusus, kita tidak bisa menambah aplikasi lain yang kita perlukan.

Anda sebenarnya memang tidak bisa menambah banyak aplikasi karena Aspire One cuma menyediakan harddisk SSD 8GB sebagai media penyimpan. Dari jumlah itu, 3,5GB digunakan untuk sistem operasi, yang berarti cuma tersisa 6,5GB untuk data. Untuk mengatasi keterbatasan ini, Acer menyediakan dua slot SD card, dengan salah satunya langsung terintegrasi dengan harddisk.

Ketika kapasitas harddisk internal sudah tidak mencukupi, Aspire One secara otomatis langsung menanyakan apakah Anda ingin menambah kapasitas dengan menancapkan kartu memori SD card. Jika ya, kapasitas kartu memori yang Anda tancapkan langsung dianggap sebagai satu kesatuan dengan harddisk internal. Sebuah solusi cerdas dari Acer.

Secara tampilan, desain Aspire One cukup seksi. Penutup layar glossy memberinya kesan elegan. Layar wide-screen 8,9” yang digunakan netbook ini juga cukup lega untuk bekerja. Tombol QWERTY berukuran 17x16 mm membuatnya lebih nyaman digunakan. Bobotnya yang paling ringan di antara generasi netbook lain (kurang dari 1kg) juga membuat Anda nyaman membawanya berjalan-jalan.

Tentu saja masih ada hal yang membuat kami belum terpuaskan. Permukaan layar dan penutupnya membuat polisi akan dengan mudah mengetahui siapa pengguna netbook ini. Anda yang punya jari cenderung kotor atau berkeringat perlu siaga dengan tisu ketika menggunakan AspireOne. Jika tidak bersiaplah jika pasangan Anda memutuskan hubungan karena menganggap Anda jorok.

Satu lagi kekurangan AspireOne adalah kapasitas baterenya yang hanya 2600mAh. Walaupun sudah menggunakan prosesor hemat daya, kapasitas batere sekecil ini sungguh menyebalkan. Ketika digunakan untuk memutar video HD, netbook ini cuma bertahan sekitar 2 jam saja.

Karena tidak menggunakan Windows, kami tidak bisa mengukur kecepatan performanya. Namun sebagai gambaran, proses loading membutuhkan waktu 20 detik, sementara membuka browser dan OpenOffice cuma 5-6 detik. Secara umum kinerja Aspire One cukup responsif, meskipun ada beberapa kejadian ketika kami bertanya ‘kenapa nih?’ yang ternyata akibat responnya yang agak lambat.
***

Dengan harga US$ 439, Acer Aspire One menjadi salah satu netbook paling murah di pasaran saat ini, yang salah satu sebabnya adalah penggunaan sistem operasi berbasis Linux. Namun kami tidak menemui alasan bagi Anda untuk takut menggunakannya. Dengan menu sederhana dan icon yang informatif, pengoperasian Aspire One dijamin tidak akan membuat Anda ribet. Yang lebih penting dicatat adalah kapasitas harddisk yang kecil dan ketiadaan Bluetooth, sehingga Anda harus keluar uang lagi untuk menambah kemampuan Aspire One. Selain warna biru, Aspire One tersedia dalam warna putih, merah muda, dan coklat.

Sumber: InfoKomputer

PLUS: Sistem operasi bagus; menggunakan Intel Atom; sistem operasi intuitif.

MINUS: Harddisk cuma 8GB; tanpa Bluetooth; batere cuma 2600mAh.

SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)
Kinerja: -
Fasilitas: 3,2
Kemudahan: 4,5
Harga: 5
SKOR TOTAL: -


SPESIFIKASI Acer Aspire One
Prosesor: Intel Atom N270 1,6GHz
Memori: DDR2, 1GB
Chipset: Intel 945GME
Kartu grafis: Intel 945GME
Harddisk: 8GB
Optical drive: Tidak ada
Fasilitas: Wi-Fi b/g, Bluetooth, 3 USB, 2 SD card slot.
Layar: 8,9"1024x600 pixel
Kartu suara: Realtek ALC662G
Sistem operasi: Linux Linpus
Batere: 2600 mAh
Dimensi: 24,9x17x2,9 cm
Bobot: 0,995kg
Garansi: 1 tahun
Situs Web: www.acer.com/aspireone
Harga Kisaran*: US$ 439
* Acer Indonesia, (021) 574-5888

Filed under , having 5 comments  

WMAPlus! 1.20, Mainkan Beragam File Musik di Ponsel

by kris joko

Banyak ponsel Symbian versi lama yang tidak bisa memutar file musik. Padahal saat ini, hampir semua ponsel Cina yang membanjiri pasar bisa memutar musik dengan baik. Tak usah iri. Dengan sedikit usaha, ponsel tua Anda bisa juga memutar lagu-lagu dengan format yang sekarang populer,

Aplikasi Symbian bernama WMAPlus! ini bisa memutar berbagai format lagu populer, seperti WMA alias Window Media Audio. Format musik lain juga didukung, seperti mp3, ogg, aac, mp4, m4a, amr and mid.

Ukuran file musik WMA ini cukup ramping. WMA kini makin populer sebagai file musik karena dengan ukuran lebih kecil, WMA memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan MP3 pada bitrate rendah, misalnya 64 kbps. Untuk bitrate lebih tinggi, tidak ada perbedaan nyata antara file WMA dan MP3. Artinya, Anda bisa menyimpan lagu lebih banyak di memori, dengan kualitas yang sama.

Fitur WMAPlus! lainnya cukup berguna, misalnya menu yang mudah digunakan (user friendly), playlist yang lengkap, mendukung pilihan Skin. Untuk urutan lagu, bisa diputar secara random atau berulang.

File WMA juga bisa diatur sebagai ringtone. Musik juga bisa diperkuat lewat kontrol gain dengan pilihan -24db, -18db, -12db, +6db, dan +12db. Yang lebih asyik, lagu bisa dipancarkan lewat bluetooth dan didengarkan lewat headset Bluetooth.

Inilah Caranya
1. Begitu diaktifkan, lakukan pengaturan setting lewat Options>Options>Codecs. Lewat Modify, pastikan setiap file yang muncul di menu sudah memiliki Codecs yang aktif. Dengan demikian file musik bisa diputar, yaitu file OGG, MP3, WMA, AAC, MP4, M4A, MID, dan AMR.

2. Masukkan file lagu ke ponsel, bisa di memori ponsel atau memori eksternal. Lalu pilih Options>Operations>Find new Files untuk mencari lagu. Tunggu beberapa saat, WMAPlus akan memunculkan file lagu di ponsel di mana pun file disimpan. Pilih lagu yang diinginkan dan tekan OK di tombol navigasi untuk menikmati lagu.

3. Agar mudah saat diputar, daftar lagu bisa dikelompokkan berdasar penyanyi, jenis album, atau foldernya. Ini agar dari koleksi lagu yang banyak itu, tidak perlu lagi dipilah mana lagu yang akan didengarkan saat sedang sedih, saat kerja atau saat merenung.

4. Saat memainkan lagu, urutannya bisa diatur agar diputar secara acak (random) atau diulang (repeat) untuk lagu favorit.

Nah, kumpulan lagu siap dinikmati. Geser tombol navigasi ke kanan untuk menambah volume.

INFORMASI:
Nama: WMAPlus!
Ponsel: Nokia 3230/3600/3650/3660/3620/6260/6600/6620/6630/6670/6680/6681/ 6682/7610/7650/N-Gage/N-Gage QD/N70/N72/N90, Panasonic X800/X700, Samsung SGH-D700/SGH-D710/SGH-D720/SGH-D730, Siemens SX1
Harga: 12,49 poundsterling
Download: http://wmaplus.en.softonic.com/symbian/download

Sumber: Sinyal

Filed under having 0 comments  

Bagian Tubuh Perempuan yang Disukai Lelaki

by kris joko


Apakah berat tubuh Anda menjadi masalah untuk mereka? Apakah benar mereka lebih menyukai perempuan berpayudara besar? Ah, belum tentu. Itu baru anggapan Anda, lho. Daripada sibuk menerka, mereka buka mulut soal fisik yang mereka suka dari Anda.

- Tubuh Berisi
Menganggap pria menyukai perempuan bertubuh kurus sepertinya masih dipercaya sebagian besar kaum perempuan. Padahal, sebagian besar mereka menyukai tubuh Anda yang berisi. Malah, tak sedikit dari mereka menyukai perempuan bertubuh agak subur. “Kalau kurus kesannya jadi tidak sehat. Lagian enggak enak dipeluknya, tulang semua haha...Bagi saya, tubuh yang sekal, menunjukkan dia mampu melindungi dirinya sendiri.” Pasha, 30, Lajang, Tour Guide.

- Payudara Padat Berisi
Payudara tetap jadi perhatian mereka ketika menilai Anda. Favorit mereka adalah payudara padat berisi, persis seperti yang mereka biasa lihat di majalah-majalah laki-laki. Tapi jangan sedih dulu buat Anda yang berpayudara kecil. Hasil penelitian yangd dilansir situs datingsas membuktikan, mereka menyukai payudara Anda bukan karena ukurannya. Mau besar atau kecil, mereka tetap menyukai payudara Anda.

- Kaki Panjang
Di mata mereka, kaki yang panjang menandakan kedewasaan seorang perempuan. Untuk menyiasati kaki perempuan yang tak panjang, mereka menyarankan agar Anda mengenakan high heels. “Perempuan yang mengenakan sepatu tinggi, membuat kaki terlihat lebih panjang dan seksi. Saya paling suka memandangi kaki perempuan,” ucap Andre, 32, Lajang, Manager HRD.

- Perut Ramping
“Saya suka perempuan berperut ramping. Karena itu menandakan dia tidak hamil, haha.... Tapi sebenarnya bukan hanya itu. Ketika melihat perempuan perutnya rata, itu berarti dia bisa mengurus diri. Kalau dia sudah bisa merawat dirinya dengan baik, dia pasti bisa mengurus saya kelak,” Satrio, 27, Lajang, Desainer Interior.

- Wajah Ramah
“Saya tidak terlalu peduli dia cantik atau tidak. Asalkan wajahnya terkesan ramah, saya pasti interest. Apalagi jika wajahnya kekanak-kanakan, lucu, dan penuh senyum. Rasanya saya akan merasa nyaman berada di dekatnya. Wajah seperti ini membut saya ingin selalu melindungi dia. Sebaliknya wajah yang jutek, membuat saya ingin kabur darinya,” Wisnu, 30, Lajang, EO.

- Bibir Penuh
Mereka sebagian besar menyukai perempuan berbibir penuh dan sensual, seperti bibir Julia Roberts. Bibir di mata mereka merupakan bagian tubuh perempuan yang erotis. “Bibir tipis dan kecil menunjukkan dia perempuan banyak bicara. Saya pernah menjalin hubungan dengan perempuan berbibir tipis. Memang dia lebih banyak bicara daripada saya, haha...Bibir tipis sebenarnya tak masalah, asal disiati dengan penggunaan lipstik merah sehingga mengesankan bibir yang penuh.” Romeo, 32, Lajang, Wiraswasta.

- Rambut Panjang
Untuk lelaki bule, perempuan berambut pirang dianggap lebih menarik karena terkesan feminin dan menandakan mereka subur. Bagaimana dengan di sini? Meski favorit pria bukan berambut pirang, namun mereka menyukai perempuan yang berambut halus, bersih dan berkilat. Dan menurut survei terhadap 5.000 pria, seperti yang dilansir datingsas, 75% di antara mereka mengaku lebih tertarik dengan perempuan berambut panjang dan 12% menyenangi perempuan berambut pendek.

Ika Nurul Syifaa

Filed under , having 3 comments  

7 Tipe Pria Payah

by kris joko


PASIF
Ciri:
Tak pernah mau ambil keputusan atau inisiatif. Segala sesuatu diserahkan kepada pasangan atau temannya. Konsekuensi: Anda harus siap jadi nahkoda dan punya banyak ide yang selalu mengarahkan apa pun untuk keperluan bersama. Solusi: Telusuri penyebabnya, bisa jadi karena tak mau dianggap terlalu dominan. Bila itu karakternya, jangan bosan membangkitkan keinginannya untuk ikut mengambil keputusan. Seringlah bertanya apa keinginannya. Langkah drastisnya, Anda jadi pasif juga, dan lihat reaksinya apakah dia membiarkan saja, atau mulai melempar ide. Cara kabur/ putus: Katakan Anda capek jadi pihak yang selalu aktif, dan kalau tak mau berubah akan Anda tinggalkan.

TERLALU MEMUJA

Ciri:
Selalu membanggakan Anda di depan keluarga dan teman-teman. Anda dilimpahi pujian. Konsekuensi: Anda tak pernah dewasa bersama pria tipe ini, karena tak pernah menunjukkan kekurangan Anda. Di matanya, Anda paling benar. Padahal perempuan juga punya salah dan khilaf, dan perlu sesekali diingatkan agar bisa memperbaiki diri. Solusi: Bila Anda bosan dianggap dewa, jangan segan-segan memperlihatkan sisi buruk Anda. Berpakaian buruk, misalnya. Namun jangan sampai menyakiti orang lain. Cara kabur/putus: Katakan padanya Anda risih dipuji terus. Dan bila sikapnya tidak berubah juga, lebih baik pisah. TAK

BERADAT

Ciri:
Sering melabrak norma kesopanan atau etika yang berlaku. Misalnya, cara makannya berantakan, meludah sembarangan, atau mengorek gigi dengan kuku. Konsekuensi: Anda akan sering dipermalukan di depan teman dan keluarga dengan sikapnya. Orangtua bisa mencoretnya dari daftar sebagai calon menantu. Solusi: Bilang terus terang padanya bahwa kelakuannya membuat Anda malu. Ajari dia etika yang benar, jangan pernah bosan mengingatkannya, dan memberinya contoh. Cara kabur/putus: Agaknya tipe ini masih bisa diperbaiki. Kalau dia bisa berubah, mengapa harus putus?

KASAR
Ciri:
Ada pria kasar hanya di ucapan saja, yaitu sering mengeluarkan kata makian yang bikin panas kuping. Ada pula yang kasar sampai pada perbuatan, sering memukul dan menyakiti. Konsekuensi: Keduanya sama-sama berdampak buruk pada perempuan. Ucapan kasar kadang sama sakitnya dengan pukulan. Bila tak siap menghadapinya, lama-lama Anda kehilangan rasa percaya diri. Bila Anda melawan, akan menimbulkan pertengkaran terus. Solusi: Bila mengaku terus terang bahwa Anda takut dan sakit hati dengan ucapannya, ia mungkin agak menahan diri. Namun perbuatan kasar agaknya sulit diubah. Tipe kasar yang sering memukul biasanya akan muncul lagi. Cara kabur/putus: Tak ada toleransi, segera menjauh darinya. Apalagi bila kasarnya sudah membekas di tubuh Anda.

CENGENG
Ciri:
Tak tahan banting. Diajak jalan sedikit sudah mengeluh capek. Dikritik sedikit sudah cemberut. Apa-apa mau dilayani. Wah, pokoknya manja dan tidak tough! Konsekuensi: Tak bisa diandalkan untuk urusan yang membutuhkan tenaga, apalagi tanggung jawab besar. Ia seperti anak kecil, mesti diurusi terus. Kalau mau meneruskan hubungan dengannya, siap-siap jadi wonder woman. Jadi perisainya untuk menghadapi dunia yang kejam. Solusi: Beri dia hadiah berlibur yang mengandung unsur olahraga, misalnya rafting atau naik gunung. Kalau perlu masukkan ke kursus bela diri biar belajar bagaimana caranya menjadi pria tangguh. Cara kabur/putus: Sebagai tanda putus, kirimkan dia bingkisan berisi pakaian dalam perempuan.

ADDICT

Ciri:
Ada yang ringan seperti pecandu games, tren fashion, atau koleksi mainan. Perhatiannya pada benda atau kebiasaan sudah melewati batas wajar. Misal, rela mengeluarkan kocek jutaan rupiah. Yang berat adalah pecandu minuman keras dan narkoba. Konsekuensi: Perhatiannya pada pasangan akan teralihkan. Lebih berbahaya, bila kecanduan alkohol atau drugs, hidup bakal hancur bahkan nyawa bisa melayang. Solusi: Bila pasangan hanya kecanduan benda-benda koleksi atau games, ingatkan dia untuk juga memerhatikan Anda. Namun, bila pasangan kecanduan alkohol atau drugs, segera cari pertolongan. Cara kabur/putus: Bila sekadar addict pada benda koleksi atau permainan, masih bisa dibujuk untuk memerhatikan Anda. Tapi kalau sudah narkoba atau alkohol, keraskan hati untuk segera meninggalkannya, kecuali Anda siap jadi perawatnya seumur hidup. Belum lagi risiko ikut jadi pecandu.

AUTIS

Ciri: Seperti penderita autis, jenis lelaki ini asyik dengan dunianya sendiri, sampai lupa bahwa dia punya teman, bahkan pacar. Biasanya, para peneliti atau ilmuwan termasuk jenis lelaki ini. Konsekuensi: Jenis pria ini biasanya jarang ngomong. Jadi Anda mesti pandai membaca pikirannya. Karena perhatiannya pada dunia luar sangat kecil, Anda lah yang jadi perantara. Solusi: Ajak dia bicara terus tentang hal-hal di luar yang mengasyikkan. Sering-seringlah mengajaknya jalan-jalan. Cara kabur/putus: Bila putus pun dijamin dia tak akan peduli. Jadi buat apa capek-capek membuat prolog panjang? Langsung saja katakan putus.

Filed under , having 0 comments  

10 Cara Menumbuhkan Kreativitas

by kris joko


Kreativitas dan inovasi tak harus berasal dari ide yang besar, bahkan ia bisa muncul dari ide-ide yang kecil. Namun, bagi sebagian orang, ide-ide kecil ini berakhir begitu saja tanpa rencana untuk dimanifestasikan. Dengan mengerti cara sederhana untuk merealisasikan ide-ide “kecil” yang Anda miliki, akan bisa mengubahnya menjadi cetusan inovasi dan kreativitas.

Sepuluh cara di bawah ini tak hanya menjadi pancingan semangat kreativitas, tapi juga bisa membantu Anda menjaga ide untuk terus mengalir. Dengan menjadikan langkah-langkah ini sebagai bagian dari hidup Anda, akan memberi dukungan fondasi kreativitas yang kuat, memfasilitasi inovasi, dan memudahkan proses mengatasi masalah.

1. Tahu Apa Yang Membuat Bergairah
Anda bisa mencapainya dengan menciptakan misi, pedoman, atau hal penting. Dengan menemukan apa yang sungguh-sungguh membuat Anda terinspirasi, Anda memusatkan perhatian pada bakat dan kreativitas. Proses ini penting bagi orang kreatif, terutama yang dilimpahi ide-ide.

2. Temukan Ide
Berapa kali ide-ide luar biasa terhenti sampai akhirnya Anda lupa? Menciptakan sistem untuk menangkap ide tadi, bisa membantu Anda menyadari, Anda punya banyak pemikiran kreatif yang mengagumkan. Anda bisa mencatatnya di buku, PDA, tape recorder, atau HP, yang penting di tempat yang biasa Anda gunakan dan nyaman. Kuncinya, konsisten dan ada variasi.

3. Rapikan Pikiran
Sebaiknya, mulai mencatat kegiatan harian untuk menyimpan pikiran Anda yang mengembara ke mana-mana. Tulis apa saja yang ada dalam pikiran Anda. Buat daftar dari hasil pembicaraan, pengembangan ide-ide baru, dan dokumentasikan impian. Cara ini sangat baik dilakukan di pagi hari saat bangun tidur, dan malam hari ketika akan tidur.

4. Nikmati Ritual Keatif
Ikuti kegiatan yang menyenangkan dan menghibur. Menikmati semangat kreatif ini bisa membuat Anda tetap segar dan mengeluarkan inovasi. Ritualnya bisa sederhana saja, cukup dua menit tertawa secara intens. Tujuannya, memberi inspirasi pada Anda untuk melakukan hal baru dan berbeda, yang bisa mengisi kembali kreativitas dan menstimulasi imajinasi Anda.

5. Sisihkan Waktu Untuk Refleksi & Introspeksi
Sisihkan waktu untuk merenung. Perilaku atau pikiran apa yang menghambat kreativitas berkembang? Bagaimana situasi hidup yang bisa menghilangkan energi hingga mengurangi produksi kreatif Anda? Menyembuhkan diri Anda dari hambatan-hambatan tadi merupakan langkah tepat.

6. Bersyukur
Bersyukur merupakan bagian “terbesar” dari kreativitas. Jika Anda mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih pada hal-hal sederhana, Anda akan diberkahi ide-ide baru. Gunakan catatan harian untuk membuat daftar semua hal yang disyukuri. Jika Anda menderita karena ide terhambat, duduk dan tuliskan 10 hal yang harus disyukuri. Jika Anda mengalami hal-hal yang baik, tuliskan rasa terima kasih Anda.

7. Menghargai
Temukan hal untuk dihargai atas apa pun yang Anda lihat dan alami, misalnya menghargai pribadi, kecantikan, usaha orang lain, atau hasil kerajinan. Perhatikan dan hargai hasil karya yang ada di sekeliling Anda.

8. Ciptakan Komunitas
Ciptakan komunitas agar Anda bisa berbagi minat yang sama. Ceritakan perasaan-perasaan Anda, baik yang membuat bergairah atau sebaliknya seperti keberhasilan, rasa frustrasi, atau hal-hal yang membuat gila. Komunitas bisa Anda jumpai di internet, hubungan telepon, secara perorangan atau lewat cara lain.

9. Abaikan Suara Negatif
Jangan pedulikan suara-suara negatif di kepala Anda yang mengatakan, Anda tak mampu, tak bisa berubah, atau menjadi kreatif bukan untuk Anda melainkan untuk orang lain. Sadari, suara-suara tadi hanyalah ilusi dalam pikiran yang menghambat Anda berkembang mejadi lebih baik.

10. Rayakan Kemenangan Kecil
Kreativitas tak selalu harus muncul dari hal besar atau skala besar. Tindakan berarti bagi seseorang, bisa merupakan kemenangan luar biasa bagi orang lain. Jika Anda mencoba, paling tidak satu di antara tips di atas, yakinlah Anda pasti bisa meraih kemenangan kecil.

Aline

Filed under having 0 comments  

5 Cara Ngeseks Tanpa Penetrasi

by kris joko


JANGAN berpikir bahwa melakukan hubungan seks harus selalu dengan penetrasi atau memasukkan penis ke dalam vagina pasangan. Seks yang menyenangkan bisa dilakukan dengan banyak cara. Berikut ini pertunjuk praktis dari Joel D Block, PhD, penulis Secret of Better Sex.

1. Outercourse. Pasangan dapat membuka pakaian sebagian jika mau, tetapi pakaian dalam tetap dipakai. Outercourse yang kadang-kadang dinamakan dry humping dapat membuat suami istri merasa muda kembali.

2. Masturbasi mutual. Suami istri dapat saling bermasturbasi atau melihat pasangannya bermasturbasi.

3. Cunnilingus (stimulasi dengan mulut atau lidah pada genital wanita) dan fellatio (stimulasi dengan mulut atau lidah pada genital pria). Seks oral ini seringkali dianggap sebagai bagian dari foreplay. Seks oral dapat lebih dari sekadar persiapan untuk hubungan seks, dan dapat dilakukan secara terpisah.

4. Femoral intercourse. Penis diletakkan di antara paha, tetapi tidak diinsersikan ke dalam vagina.

5. Intermammary intercourse. Penis diletakkan di antara payudara, lalu digosok-gosokkan. Ini lebih sering dilakukan di Eropa.

Filed under having 1 comments  

Akses Webmail tanpa Internet PCPLUS Senin, 25 Agustus 2008 | 09:14 WIB Coba tebak, jenis akun e-mail apa yang paling banyak dipakai oleh para nett

by kris joko


Coba tebak, jenis akun e-mail apa yang paling banyak dipakai oleh para netter? Ya, jawabnya adalah webmail. Tak heran, karena akun ini gratis, mudah digunakan, dan kapasitasnya cukup tambun.

Sayangnya, di luar segala kelebihannya, webmail harus digunakan ketika PC sedang online, termasuk ketika Anda cuma ingin membaca pesan lama. Sangat jarang ada layanan sejenis yang memberikan fitur POP3/SMTP sehingga Anda bisa mengaksesnya dari e-mail client seperti Mozilla Thunderbird, Apple Mail, Microsoft Outlook, atau Eudora.

Untunglah, Yahoo! berinisiatif melakukan terobosan dengan merilis Yahoo! Zimbra Dekstop. Aplikasi ini menawarkan cara praktis untuk mengakses akun webmail Anda. Dengannya, aneka pesan elektronik yang Anda simpan di alamat webmail populer seperti Gmail atau Yahoo! Mail bisa ditarik ke dalam ruang simpan di PC.

Aplikasi berstatus beta hasil akuisisi Yahoo! terhadap perusahaan pembuat aplikasi Zimbra ini tersedia secara gratis. Tidak hanya itu, Zimbra juga bisa berjalan di tiga platform sekaligus: Mac OS X (Tiger 10.4.11 atau Leopard 10.5.4 ke atas), Windows (Vista atau XP SP2 ke atas), dan Linux (x86 2.6.x ke atas).

Selain mudah digunakan, Zimbra menyediakan banyak fitur. Anda tidak hanya bisa ber-e-mail-ria, tetapi dapat pula memanfaatkan fasilitas daftar Contact, Calendar, sampai Document, yang bisa disinkronisasi dari akun webmail Anda. Aplikasi ini mampu terhubung ke Yahoo! Maps sehingga bisa menayangkan peta lokasi dari alamat si pengirim e-mail.

Three in One
Aplikasi berukuran mulai 42MB ini menyediakan dukungan terhadap fasilitas POP3/SMTP. Dengan demikian, Anda bisa menarik pesan yang ada di akun e-mail kantor Anda ke Zimbra.

Syarat menggunakannya tidaklah ribet. Yang pasti, Anda harus memiliki ruang harddisk 200MB untuk instalasi software, dan ruang hard disk yang cukup untuk menyimpan pesan. Sedangkan memori yang dibutuhkan untuk menjalankannya sekitar 256MB saja.

Bagi pengguna Yahoo! Mail dan AOL Mail, aplikasi ini bisa langsung sinkron, baik dengan yang berbayar mau pun gratisan. Sedangkan jika menggunakan GMail, Anda harus mengaktifkan dulu fitur IMAP melalui menu setting di akun e-mail tersebut. Atau Anda pengguna akun e-mail POP3? Anda bisa mengesetnya seperti setelan di Microsoft Outlook.

Yahoo! Zimbra sungguh menawarkan kepraktisan. Beda dengan aplikasi akun e-mail lainnya yang tidak menerima webmail, ia bisa mengelola webmail dengan leluasa — baik dalam status online mau pun offline.

TIP: Install, Atur, Pakai

Seperti halnya mailer atau e-mail client lainnya, aplikasi Yahoo! Zimbra terdiri dari tiga tahap: install, lakukan pengesetan akun, lalu pakai. Ya, memang semudah itu. Tertarik mencoba? Silakan ikuti panduan berikut.

1. Install aplikasi dengan mengklik-dobel installer file yang telah diunduh sebelumnya. Setelahnya, jalankan aplikasi dengan mengklik icon shortcut [Yahoo! Zimbra Desktop] yang ada di [Start] > [All Programs]. Pada jendela yang muncul, klik [Set Up an Account].

2. Pilih akun e-mail yang Anda gunakan pada jendela wizard berikutnya. Isikan deskripsi, alamat e-mail, dan password pada menu Account Setup. Untuk menarik e-mail baru, Anda bisa menentukan durasi waktu atau teknik penarikannya (otomatis atau manual) di menu [Get new mail]. Sesudahnya, klik [Save Settings].

3. Jika Anda ingin mengeset akun e-mail lainnya, klik tombol [Set Up Another Account] dan lakukan pengesetan seperti langkah sebelumnya. Jika tidak, langsung saja masuk ke aplikasi dengan mengklik [Go to Yahoo! Zimbra Desktop]. Jendela aplikasi akan segera muncul dengan tampilan serupa Outlook Express.

4. Akun e-mail Anda akan muncul di panel kiri. Jika Anda menggunakan lebih dari satu akun, akan muncul beberapa tab akun di sana. Para akun ini ditempatkan dalam jendela yang terpisah. Untuk menggunakan salah satunya, Anda tinggal mengklik tab akun yang diinginkan.

5. Untuk mulai menarik e-mail, silakan mengklik tombol [Synchronize mailbox with online server] berikon bertanda panah. Tunggu beberapa saat sampai muncul daftar pesan di panel kanan aplikasi. Untuk mulai membuat surat elektronik atau aktivitas lainnya, Anda bisa melakukan langkah serupa dengan aplikasi mailer lain. Pilih aktivitas dengan mengklik tombol yang berada di samping kiri tombol sinkronisasi tadi.

6. Fasilitas-fasilitas tambahan di mailer ini akan dimunculkan dalam menu tab di bagian atas. Untuk tampilan menu yang lebih lengkap, Anda bisa mengklik [Advanced]. Oh ya, salah satu fitur menarik di aplikasi ini adalah sinkronisasi dengan Yahoo! Maps. Jika dalam sebuah pesan yang Anda terima terdapat daftar alamat, maka bila Anda mengarahkan pointer ke teks alamat tersebut, Zimbra akan memunculkan peta virtualnya. Asyik, bukan?

Sumber: PCplus

Space Cube Mungkin Komputer Terkecil Saat Ini

by kris joko


Ukurannya hanya kotak kubus bersisi 5 centimeter. Namun, isinya layaknya sebuah komputer lengkap. Komputer yang didesain Shimafuji Corporation Jepang ini mungkin komputer terkecil saat ini.

Komputer yang diberi nama Space Cube tersebut didesain untuk digunakan di ruang angkasa. Salah saunya akan dipakai untuk mengelola jaringan komputer di stasiun ruang angkasa dan mengatur komunikasi dengan komputer di stasiun Bumi milik badan antariksa Jepang (JAXA), AS (NASA), dan Eropa (ESA).

Meski kecil, pembungkusnya tangguh berupa metal keras yang tahan dari benturan luar. Sesuai ukurannya, komputer tersebut juga membutuhkan listrik sangat kecil, hanya 5 centimeter.

Kinerja dan kapasitas memorinya memang tak dapat dibandignkan dengan komputer standar. Di dalamnya, hanya menggunakan prosesor 300 MHz dan memori 16 MB. Hardisknya menggunakan SDRAm berkapasitas 64 MB.
Makanya, sistem operasinya yang menggunakan Linux disimpan dalam memoti tambahan CompactFlash berkapasitas 1 GB.

Space Cube juga dilengkapi peripheral standar seperti port untuk LAN (local area network), USB, ethernet, dan VGA. Jack untuk mengakomodasi speakes dan headphone juga tersedia.

Bahkan, ia memiliki port khusus yang disebut SpaceWire. Port tersebut adalah interface standar yang digunakan pada komputer-komputer khusus program ruang angkasa NASA, ESA, dan JAXA. Melalui port tersebut, Space Cube dapat terhubung dengan sistem komputer ketiga badan ruang angkasa tersebut.

Meski terkesan serius, pengembangnya punya selera humor. Jika pada jendela command diketik "xeye" akan keluar sepasang mata yang berkedip-kedip mengikuti gerakan kursor di layar.

Space Cube saat ini mulai dipasarkan secara komersial di Jepang. Di luar Jepang, Space Cube akan dijual perusahaan bernama Star Dundee, perusahaan yang dibentuk Space Systems Research Group di Universitas Dundee, Skotlandia.

Setelah disesuaikan fiturnya, Space Cube akan dijual sekitar 2.750 dollar AS. Pemanfaatannya diperkirakan akan semakin luas dengan dukungan komunitas dan pengembang teknologi SpaceWire.

Filed under , having 0 comments  

Mr Presiden: Hey, Jangan "Ngobrol" Sendiri...

by kris joko


Jumat, 29 Agustus 2008 | 07:17 WIB
JAKARTA, JUMAT — "Hey, jangan ngobrol sendiri!" Suara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menggelegar di tengah-tengah sidang kabinet paripurna di Ruang Sidang Kabinet, Lantai II, Kantor Presiden, Kompleks Istana, Jakarta, Kamis (28/8) siang.

Sambil menunjuk ke arah kelompok pimpinan badan yang duduk di ujung tengah lingkaran arah utara ruang sidang, Presiden dengan agak marah menegur beberapa peserta sidang yang tengah mengobrol. Saat itu Presiden sedang memberikan pengarahan mengenai proses renegosiasi kontrak LNG Tangguh di Provinsi Papua.

Di kelompok badan ini duduk berjejer Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Didi Widayadi, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sjamsir Siregar, dan Direktur Utama Perusahaan Umum Bulog. Tampaknya yang sibuk berbincang-bincang di antaranya Didi dan Rusman.

Sebelumnya, kelompok pimpinan badan ini baru memperbincangkan apa yang telah disampaikan Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla mengenai upayanya membuka pintu jalan perundingan kembali kontrak LNG Tangguh.

”Dengarkan! Jangan bicara sendiri dong,” kata Presiden. Presiden saat itu tengah menjelaskan bahwa dia bersama Wapres tidak ikut menentukan keputusan harga penjualan gas alam kontrak LNG Tangguh sebagaimana pernah dituduhkan mantan Presiden Megawati Soekarnoputri beberapa hari lalu tentang kontrak LNG Tangguh.

”Coba sini. Nanti.... Ini masalah yang penting ya!” kata Presiden mengingatkan. Sesaat kemudian Presiden melanjutkan pengarahannya sebelum meminta pers meninggalkan ruang sidang kabinet paripurna karena sidang kabinet segera dimulai. (Suhartono)

Filed under having 0 comments  

Inilah Wajah Baru Kijang Innova!

Thursday, August 28, 2008 by kris joko


Kijang Innova "dress up" telah muncul. Melihat penampilannya, tak terlalu banyak bagian yang mengalami perubahan. Pada eksterior, setelah diperhatikan dengan cermat, yang mengalami perubahan untuk seluruh tipe Innova adalah bumper depan, gril radiator, lampu dan bumper belakang. Perubahan lainnya, sesuai dengan tipe atau varian.

Untuk interior, sesuai dengan detail dikeluarkan PT Toyota Astra Motor (TAM), hanya konsol transmisi dibuat lebih tinggi dan jok dengan motif baru. Pergantian komponen interior lainnya, disesuaikan dengan tipe. Yang paling banyak banyak mengalami perubahan adalah tipe V, yaitu kontrol panel AC, audio, tombol setir plus tambahan wood panel pada bagian tengah dashboard dan sandaran tangan pada seluruh pintu samping.

Perubahan
Perubahan bentuk bemper depan dan gril radiator sebenarnya tidak mencolok. Gril misalnya, masih tetap menggunakan garis-garis harisontal. Sedangkan untuk bemper, ukurannya sedikit lebih besar dan juga ada perubahan. Di belakang, meski bentuk lampun tidak berubah, namun lampu mundur kini dibuat menyatu. Versi lama, lampu mundur ini terdiri dari dua bagian. Pada bumper, pada bagian bawah dibuat coakan dan ditambahi dengan lampu di kanan dan kiri.

Tipe E
Versi standar dengan harga paling rendah dibandingkan Innova lainnya. Bumper depan tidak dilengkapi lampu kabut, grilnya sewarna dengan bodi, spion hitam, handel pintu hiitam. Interior dua warna dengan setir tiga jari-jari. Ban yang digunakan: 195/70R-14.

Tipe G
Varian menengah dengan penampilan hampir mirip dengan tipe V. Grilnya dilapisi krom plus bumper depan yang dilengkapi dengan lampu kabut. Kaca spion dan handel pintu sewarna dengan bodi. Desain interiornya sama dengan tipe E. Tipe ini dilengkapi dengan captain seat, audio 2 DIN yang dapat memainkan MP3 dan WMA, parking sensor dan pelek alooy khusus.

Tipe V
Versi paling keren dan lengkap. Gril, kaca spion, dan handel dilapisi dengan krom. Interiornya juga lebih mewah. Paling menonjol tentu saja jok dan setir. Pada tipe G, setir dilengkapi dengan tombol audio. Juga ada wood panel melapisi bagian tengah dashboard dan sandaran tangan pada keempat pintu sampping. Perlengkapan standar lainnya adalah dual airbag, audio 2 DIN yang dapat memainkan MP3 dan WMA, CD changer dengan kapasitas 6 keping CD. Perbedaan lain tipe V dibandingkan dua varian lain adalah tombol AC yang menggunakan model pencet.
Selain perlengkapan di atas, Innova tipe V juga dilengkapi dengan ABS (anti-lock brake system). Untuk ban, menggunaan ukuran 205/65R-15 , sama dengan tipe G.

Mesin
Tidak ada perubahan pada mesin. Jenis yang ditawarkan dua, yaitu bensin 2.000 cc dan diesel 2.500 cc , turbo direct injection sistem pasokan bahan bakar "common rail". Kedua mesin ditawarkan untuk seluruh varian, baik tipe E, G maupun V. Juga ada dua pilihan transmisi juga disediakn dua untuk seluruh varian, manual dan otomatik.

Khusus untuk diesel, meski menggunakan common rail, menurut Achmad Rizal, Marcom Manager PT TAM, bisa saja menggunakan solar biasa. “Syaratnya, filter solar harus lebih sering dibersihkan atau diganti," jelasnya, berkenaan makin menciut atau susahnya mendapatkan Pertadex.

Filed under having 0 comments  

Dewa Mesin Diesel Terkini

by kris joko


Teknologi “Common Rail” bak dewa bagi mesin diesel modern. Dengan common rail, mesin diesel masuk ke mobil-mobil kelas eksklusif atau mobil-mobil premium seperti Jaguar dan BMW Seri 7. City car juga tidak luput dari godaan mesin diesel dengan teknologi terbaru tersebut.

Sebagai contoh, Fiat sudah berhasil membuat mesin diesel 1.300 cc bertenaga 70 hp dengan konsumsi bahan bakar 3-4 liter/100 km atau rata 25 km/liter. Jadi mesin diesel bukan lagi hanya milik komunitas truk dan bus berukuran besar atau alat-alat berat dan kapal.

Di Indonesia juga sudah ada beberapa ATPM menjajakan kendaraannya dengan mesin diesel common rail. Mulai dari double cab sampai minivan menengah, seperti Kijang Innova. Sayangnya, konsumen kendaraan bermesin diesel common rail kesulitan mendapatkan bahan bakar sesuai dengan standar yang telah ditentukan produsennya.

Pasalnya, Pertadex yang saat ini cuma dipasarkan oleh Pertamina, makin sulit diperoleh. Di samping itu, harganya paling mahal dibandingkan dengan bahan bakar minyak lain. Padahal di Jerman, bahan bakar diesel moderen di bawah harga bensin terbaik.

Karena itulah, konsumen rela merogoh kocek lebih banyak untuk mendapat kendaraan bermesin diesel. Sebab, setelah dua tahun, mereka akan kembali mendapatkan nilai ekonomisnya dibandingkan mobil bermesin bensin.

Diesel vs Bensin
Sebelum mendalami common rail, kita bahas dulu tentang mesin yang digunakan secara umum sekarang ini berdasarkan bahan bakar minyak. Untuk ini, hanya ada dua jenis, yaitu bensin dan diesel atau kita menyebutnya solar.

Di kalangan orang teknik, mesin diesel dikenal dengan CI (compression ignition) atau mesin dengan penyalaan kompresi. Sedangkan mesin bensin disebut SI (spark ignition), mesin dengan penyalaan bunga api (busi).

Pada mesin diesel, pembakaran dipicu oleh udara yang dimampatkan atau dikompresi di dalam silinder. Akibat pemampatan itu, tekanan udara menjadi sangat tinggi. Begitu juga suhunya, mencapai titik bakar solar. Karena itu, begitu solar disemprotkan ke udara itu, langsung terbakar. Dengan cara ini, mesin diesel tidak memerlukan sistem penyalaan atau percikan bunga api.

Untuk mendapatkan tekanan tingi itu, perbandingan kompresi harus tinggi. Untuk mesin diesel, berkisar 16 – 25: 1. Sedangkan mesin bensin 6 - 12 : 1. Perbandingan kompresi menentukan efisiensi kerja mesin. Makin tinggi perbandingan kompresi, lebih efisien sebuah mesin. Meski begitu, perbandingan kompresi tidak bisa ditentukan begitu saja. Harus juga mempertimbangkan sifat dan kualitas bahan bakar yang akan digunakan

Diesel Common Rail vs Diesel Konvensional
Perbedaan antara mesin diesel modern, common rail dengan konvensional adalah cara memasok bahan bakarnya. Terutama, komponen yang berada antara pompa injeksi dan injektor. Ada dua komponen utama di sini, yaitu pompa injeksi atau mekanik awam menyebutnya Bosch pump dan injektor.

Cara kerja common rail sama konsep hidup bersama. Dalam hal ini, semua injektor yang bertugas memasok solar langsung ke dalam mesin, menggunakan wadah atau rel yang sama. Caranya sama dengan yang digunakan pada sistem injeksi bensin. Sedangkan mesin diesel konvensional, setiap injektor mendapatkan pasokan solar sendiri-sendiri langsung dari pompa injeksi.

Tekanan bahan bakar dalam rel sangat tinggi. Sekarang, yaitu common rail generasi ke-3, tekananya sudah mencapai 1800 bar. Kalau dikonversi ke PSI yang masih digunakan sekarang menjadi 26.100 PSI. Bandingkan dengan tekanan ban 30 PSI. Atau tabung elpiji 25 bar dan CNG 200 bar. Dengan tekanan setinggi tersebut, pengabutan yang dihasilkan tentu saja semakin bagus. Pembakaran yang dihasil menjadi lebih dan kerja mesin makin efisien.

Filed under , having 1 comments  

Susun Kata Menjadi Gambar

Sunday, August 24, 2008 by kris joko


ASCII art — karya gambar yang tercipta dari susunan karakter huruf atau angka — memang unik. Teknik ini memungkinkan Anda membuat bentuk muka dari baris-baris teks. Pokoknya keren deh kalau dijadikan avatar atau foto di Friendster atau Facebook.

Untuk membuatnya, banyak program khusus tersedia, yang biasanya disebut ASCII Converter atau ASCII Generator. Namun, dengan sedikit teknik, Anda bisa membuatnya dengan lebih fleksibel dan apik lewat Adobe Photoshop CS3.

Begini caranya.

1. Buka foto di area kerja Photoshop. Gandakan layer foto tersebut dengan menekan [Ctrl] + [J] di keyboard. Ubahlah layer hasil gandaan tersebut menjadi monokrom dengan mengklik [Image] > [Adjusments] > [Hue/Saturation...].

2. Pada boks dialog yang tampil, atur slider "Saturation:" ke pojok kiri sampai maksimal. Atur slider "Lightness:" untuk mengatur pencahayaan foto. Jika sudah, klik [OK]. Tegaskan warna monokrom dengan mengatur kontras. Klik [Image] > [Adjustments] > [Brightness/Contrast...]. Atur slider "Brightness:" & "Contrast:" pada boks sampai foto tampil lebih tajam. Klik [OK].

3. Buat layer kosong dengan mengklik tombol [Create a new layer] bergambar lembar kertas di bagian bawah palette Layers. Bubuhi warna hitam dengan menekan [Shift] + [F5] di keyboard. Pilih [Black] pada menu "Use:" di boks Fill, dan klik [OK]. Klik tombol [Horizontal Type Tool] di boks. Klik-tarik pointer pada layar sampai membentuk kotak teks. Atur ukuran kotak sampai seukuran area kerja.

4. Ketikkan teks sesuka hati. Pilih warna putih untuk teksnya. Pilih karakter huruf yang tidak berkait seperti Arial atau Franklin Gothic. Ukuran font jangan terlalu besar atau terlalu mini. Atur kerapatan antarbaris dan antarhuruf dengan mengklik tombol [Toggle the Character and Paragraph pallettes] di toolbar. Ukuran antarkarakter bisa diatur di menu di bawahnya. Jika sudah, tekan [Enter].

5. Tekan [Shift] di keyboard, lantas klik layer berisi teks dan layer kosong berwarna hitam. Gabungkan keduanya dengan mengklik segitiga di sudut kanan atas palette Layers, lalu pilih [Merge Layers]. Klik icon mata di depan layer berisi teks (hasil penggabungan) hingga menghilang. Berikutnya, klik layer berisi foto monokrom, lalu klik tab [Channel] di palette layers.

6. Sambil menekan [Ctrl] di keyboard, klik salah satu layer di jendela tab Channel sehingga muncul garis seleksi di foto. Klik tab [Layers], lalu klik kotak di depan layer yang berisi teks sampai icon mata aktif kembali. Pastikan layer berisi teks terpilih. Untuk menerapkan efek agar foto terlihat seperti tersusun dari aksara, klik [Filter] > [Other] > [Maximum...].

7. Pada boks Maximum yang muncul, atur nilai "Radius:" ke angka 1 pixels. Akhiri dengan mengklik [OK]. Efek filter ini akan memperlihatkan susunan huruf tetapi kurang memperlihatkan detil wajah.

8. Ubah seleksi dengan mengklik [Select] > [Inverse]. Terapkan efek filter baru dengan mengklik [Filter] > [Other] > [Minimum...]. Pada boks Minimum, atur slider "Radius:" hingga foto tampil lebih detail dan menonjolkan lekuk wajah. Nilai antara 20-30 pixels sudah mencukupi. Tuntaskan dengan mengklik [OK], lalu tekan [Ctrl] + [D] untuk menghilangkan seleksi.

Sumber: PCplus



TIP: Software ASCII Art

Banyak aplikasi untuk membuat ASCII art. Beberapa malah bisa di-download gratis. Hasilnya memang sedikit berbeda jika dibandingkan olahan Photoshop CS3 karena tidak memasukkan unsur bayangan dalam hasilnya. Namun jika Anda berminat, beberapa program berikut boleh dijajal.

* ASCII Art Studio 2.2 (www.torchsoft.com)
* ASCII Art Generator 3.2.4.2 (www.ascii-art-generator.com)
* ASCII Art Maker 1.4 (www.altarsoft.com)
* Image 2 ASCII Art 2.3 (www.phobosoft.ch)
* Cool ASCII 1 (www.download.com)
* VerMan's Art Converter 1.5 (www.download.com)

Kunci Dokumen dari MS-DOS

by kris joko

Jika Anda menyimpan dokumen di warnet, maka supaya aman, dokumen itu harus dilindungi. Anda bisa “mengunci” dokumen tersebut sehingga dokumen Anda tidak akan hilang kecuali hard disk itu diformat.

Penguncian dokumen dilakukan dengan menggunakan MS-DOS Prompt dan kode ASCII. Nantinya, dokumen juga dibuka di MS-DOS Prompt. Kenapa harus lewat MS-DOS Prompt? Bukankah kita bisa pakai program memproteksi file atau folder? Kalau pakai program, bisa saja pemilik warnet menghapus program itu. Ketika program itu dihapus, folder tidak lagi terkunci .

Untuk mempermudah proses penguncian ini, Anda harus meletakkan semua dokumen yang akan dikunci dalam sebuah folder. Selanjutnya, Anda tinggal melakukan langkah-langkah penguncian ini.

1. Buka MS-DOS Prompt lewat [] > [Program] > [MS-DOS Prompt].
2. Secara otomatis MS-DOS Prompt akan mengarah pada direktori Windows yakniC:-WINDOWS.
3. Pergilah ke tempat Anda menyimpan dokumen. Misalnya Anda menyimpan dokumen di Document yang terdapat pada C, pada C:-WINDOWS, ketik “c:-mydocu~1”. Kalau sudah, tekan [E].
4. Setelah itu akan berubah menjadi :-My Documents>.
5. Ganti nama dengan cara mengetikan “ nama_”. Silakan ganti “nama_folder” sesuka Anda. Jangan tekan Enter dulu, tapi tekan [] sekali. Lalu, tekan tombol []. Sambil menekan [Alt], tekan angka [1], [7], dan [9] secara berurutan. Lalu ketik nama baru untuk folder. Setelah itu, tekan [Enter]. Jika Anda benar maka akan berubah menjadi C:-My Documents>. Ketik “' dan tekan [Enter] untuk menutup MS-Dos Prompt.


Cara Buka Dokumen
Jangan cuma bisa mengunci dokumen saja, tapi bisa juga dong membukanya kembali. Nah, inilah cara membuka dokumen yang tadi sudah kita kunci.

1. Ikuti langkah-langkah penguncian dokumen sampai langkah keempat.
2. Ganti nama dengan cara mengetikkan “”, tekan spasi sekali, lalu tekan dan tahan tombol [], tekan angka . Lalu ketik nama folder lamaAnda tambah spasi dan ketik nama baru. Jika Anda benar, maka akan berubah menjadi :-My Documents>. Tambahkan untuk keluar. Ingat, setiap kali ingin membuka dokumen, Anda harus mengganti nama , seperti pada langkah kedua penguncian dokumen.

Sebagai informasi tambahan, di samping angka 179, beberapa kode-kode ASCII yang bisa dipakai untuk mengunci adalah 180, 181, 204, 207, dan lain sebagainya. Untuk mencoba, buatlah baru sebagai uji coba, sehingga bila dalam prosesnya Anda mengalami kesalahan, dokumen Anda tidak hilang.
Sumber: PCplus

Tip & Panduan: Memilih dan menentukan mutu oli mesin secara proporsional dan benar

by kris joko

Merk oli mesin yg beredar saat ini lebih dari 220 merk. Kalo dihitung dari type/jenisnya oli mesin otomotif bisa mencapai ribuan jenis . Untungnya yg ada dibengkel ga lebih dari 10-an merk, kecuali toko2 oli yg gede. Jadi Kita ga pusing2 amat memilih.
Beberapa hal yg mesti Kita pahami dalam memilih merk dan hal yg terkait dg mutu dan kinerja oli mesin yg ada dipasaran sbb:

  • Proporsional →Spesifikasi mutu oli yg dipakai: Yang palng ideal, Pakai kriteria oli mesin sesuai rekomendsi kendaraan Anda. Ya SAE, ya kode APInya.
Ingat, tingkat API tinggi dan SAE encer tidak berarti mutunya lebih bagus!!!

  • Proporsional →masa pemakaian oli: Apapun merk dan jenis oli mesin yg Anda Pakai, pastikan Anda tahu masa pemakaiannya. Kalau ada produsen oli yg tidak memiliki data ini, ya sederhana saja ,bgaimana kita tahu oli mesinnya bermutu? Kesimpulannya produsennya ga’ profesional.

  • Kocok Botol Oli sebelum dipakai→Oli terdiri dari 2 senyawa: bh.dasar oli + aditif. Aditif komposisinya Cuma 5-20% dari total vol..oli. Tetapi justru aditif adalah ”roh”-nya oli. Tanpa aditif, oli mesin umurnya bisa sangat pendek. Aditif memiliki sifat lebih berat dari bahan dasar oli. Di botol oli , aditif relatif berada di bagian dasar botol. Hasil uji coba dg AAS (Atomic Absorbtion Spectroscopy ) menunjukkan, Oli yg dituang ke dalam mesin tanpa dikocok akan memiliki kandungan aditif yg lebih sedikit dibandingkan yg dikocok lebih dahulu.
Tapi Ada juga yg bilang : ” Saya selama ini memakai oli mesin tanpa dikocok lebih dahulu, dan tdk ada masalh tuh ... dg mesin kendaraan Saya” ? Yg mesti difahami, aus komponen logam di dalam mesin , ukurannya adalah PPM (part per million=dalam 1 liter oli, logam yg aus seberat 0.001 gr . Jadi sangat kecil sekali. Mesin baru bermasalah kalau oli bekasnya mengandung aus mesin untuk beberapa unsur logam sebesar 40 PPM. Jadi artinya, wajar kalau tanpa dikocokpun , kita merasa ”tidak ada masalah” dg kondisi mesin kendaraan Kita. Dampaknya baru akan terasa beberpa tahun kemudian.Tanpa dikocokpun oli sebenarnya, bisa langsung dipakai di mesin. Namun biar kinerjanya lebih optimal , ya..ga ada susahnya mengocok botol oli.!! Dan dengan langkah ini, Kita bisa menunda proses aus mesin kendaraan beberapa tahun lagi kedepan.
.
  • Mutu = data hasil uji ≠ retorika promosi. Tolok ukur suatu oli mesin adalh data dan angka hasil uji. Baik di Lab. Atau di lapangan. Pilih Merk oli mesin yg memiliki data spesifikai yg jelas dan ditampilkan di websitenya. Cari informasi sebanyak 2nya ttg perbandinagn mutu merk2 oli yg banyak tersebar di internet.. Syukur2 ada perbandingan hasil uji semikerja spt: Uji kinrja aditif terhadap oksidasi (ASTM D-4742) , Uji aus mesin (Four Ball Wear (ASTM D-4172 atau Uji Timken Load), TBS (tappered Bearing simulator), Uji stabilitas kekentalan oli thd suhu tinggi.Temperature/High Shear (ASTM D-4683) . Jangan pernah terbuai dg retorika yg dipakai produsen oli dalam promosinya, apapun yg mereka katakan ttg oli mereka. Tidak punya data hasil uji lab. No way!!!
Sayangnya memang, banyak produsen oli disini, belum terbuka dan ga’ terbiasa dengan pengungkapan data hasil uji oli, spt. Yg konsumen harapkan..

  • Mutu Oli tdk tergantung dari jenisnya: mineral, oli sintetis atau semisintetis !!
→ Mutu oli mesin tidak diukur dari jenis olinya , sintetis atau bukan. Bila diuji di Laboratorium, sifat spesifikasi oli sintetis bisa jadi lebih tinggi nilainya. Namun mesti diingat mutu oli mesin bukan hanya terkait dengan jenis olinya tetapi juga aditif yg dipakai. Lebih dari itu, masalah mutu oli mesin, tolok ukurnya bukan sekedar hasil uji sifat spesifikasinya . Mutu oli mesin baru terlihat ketika dipraktekkan di lapangan , diaplikasikan dan diuji jalan pada mesin kendaraan sesungguhnya (road Test) atau diuji pada metoda uji semi kerja spt. No.4. Ibarat dalam kehidupan , seseorang dg nilai tinggi di sekolah/universitas, pada prakteknya dalam bekerja, belum tentu kinerjanya sama baiknya seperti saat ia di sekolah. Dan dari beberapa hasil uji 2 jenis oli mesin ini, hasilnya malah sebaliknya. Kuncinya adalah proporsional dan profesional dalam pemakaian dan menyikapi masalh oli mesin. Mutu dan kinerja Oli mesin sintetis dan mineral bisa sama baiknya, tergantung dari merk dan cara Kita memahami masalh ini secara benar & proporsional.

  • Tampilan & isi Website : Produsen oli bermutu biasanya tidak sekedar memiliki dan menampilkan website yg mereka miliki. Tetapi juga merepresentasikan sebagai produsen oli bermutu, kualified dan terbuka kepada konsumennya dalam menampilkan hasil uji lab. dari spesifikasi/ Mutu oli mesinnya. Lebih jauh lagi , produsen oli terkemuka biasanya berani membandingkan hasil uji /mutu olinya dg merk lain dan juga hasil uji Roadtest yg pernah dijalani. Hal ini biasanya tidak dilakukan oleh produsen oli yg ”Biasa-biasa saja”.

  • Reputasi merk. Merk Oli bermutu biasanya dapat dikaitkan dengan reputasi produsen oli tersebut sebagai produsen minyak terkemuka dunia. Tapi tentunya tidak semuanya. Ada juga beberapa merk oli mesin terkemuka dan bermutu yg bukan merupakan produsen minyak dunia.

  • Kode & Istilah : Pemahaman kode & istilah oli mesin sangat penting, karena sektor oli mesin penuh dg istilah/kode yg biasanya banyak disalhtafsirkan maknanya dikalangan otomania dan masyarkat. Salah mengartikan istilah, akan salah juga, Kita menafsirkan mutu suatu oli mesin. Lebih jauh, Dg pemahaman yg benar , akan istilah & kode oli mesin”, Kita tidak akan mudah tertipu karerna tahu permasalahan sesungguhnya dan paham apa dan bagaimna seharusnya bersikap dalam menentukan, menyiasati, memahami makna sesungguhnya dari kode/istilah di seputar oli mesin tsb.

Bebrapa Kode dan istilah penting yg perlu di ketahui:
NPT: Setiap merk oli seharusnya mencantumkan Kode NPT (nomor pelumas terdaftar pada kemasanya/botolnya. Kode ini artinya oli tsb sudah diuji di Laboratorium Kami (Lemigas) dan layak dipasarkan di Indonesia. Kalau tidak ada bukan berarti belum diuji, tetapi biasanya botolnya langsung diimport dr luar dan belum dicantumkan NPT-nya. Untuk yakinnya tanyakan hal ini pada produsen olinya. NPT dikeluarkan dalam bentuk sertifikat di tandatangani oleh pejabat di Dirjen Migas, Dept.ESDM.
Macam-macam penulisan NPT:
Untuk oli mesin dan oli samping
- Deptamben RI NPT KY xx E xxxxxxx

(KY)Kode merk (X) angka (E) kode oli mesin/samping
- DESDM NPT RWxxExxxxxxx
- DESDM RI NPT ACxxExxxxxxx
- NPT ADxxExxxxxxx
ntuk oli transmisi atau gear

- Deptamben RI NPT KYxxRxxxxxxx
- DESDM NPT BSxxRxxxxxxx
Dsb.

Untuk lebih memahami dalam menyisasti mutu oli mesin coba lihat perbandingan mutu mrk oli mesin ini disini:

http://www.animegame.com/cars/Oil%20Tests.pdf


KOMPARASI MUTU BEBERAPA MERK OLI MESIN TERNAMA.
Anda mungkin akan SHOCKK ...., kalau melihat hasil uji .yg mengggambatrkan perbandingan kinerja mutu dari beberpa merk oli mesin ternama disni., Tapi , kaga juga dink...???. Beginilah seharusnya mutu merk2 oli mesin diperbandingkan.
Selamat mempelajari ..Dikutip dari majalh Otomotif, Street Commodores , Australia, Edisi maret 2006.

Itu saja dulu , takut kepanjangan. lain waktu bisa disambung lagi . Bagi yg belum jelas bisa didiskusikan lebih lanjut atau ada hal yg ingin ditanyakan ataupun seandainya Anda ingin mendapatkan semacam ”Coaching Clinic” ttg Oli mesin, ingin tau lebih jauh, Apa sih sebenarnya isi dari oli mesin itu? (Gratis), bisa kirim Email: mfuad@lemigas.esdm.go.id atau 0813-842-292-07.
Mudah2an bermanfaat!!
Terima Kasih
Wassalamualaikum Wr.Wb


M. Fuad

Filed under , having 0 comments  

Bekerja di Rumah? Mengapa Tidak!

by kris joko


Dari pada hanya mengurus anak dan rumah tanpa menghasilkan sesuatu, ada baiknya Anda memulai bekerja atau membuka usaha di rumah. Pilihan ini juga berlaku bagi para ibu bekerja yang sebelumnya bekerja di kantor, tapi juga ingin melihat perkembangan anak di rumah, beralih melakukan usaha di rumah. Sebelum memulai, ada hal-hal yang sebaiknya diperhatikan.

1. RUANG KERJA YANG NYAMAN
Dengan memiliki ruang bekerja, segala perlengkapan seperti alat tulis, buku, alat penghitung, ada di satu tempat sehingga tidak repot jika Anda membutuhkannya suatu saat.

2. ATUR WAKTU BEKERJA
Anda harus pintar membagi waktu antara mengurus pekerjaan dan mengurus anak-anak. Bekerja secara efisien juga mutlak. Jika anak-anak butuh perhatian, tunda dulu pekerjaan. Ketika mereka sudah tenang dan dapat bermain, lanjutkan dan selesaikan pekerjaan.

3. BAGAIMANA AGAR BERHASIL?
Bekerja di rumah punya banyak keuntungan. Misalnya, tak terikat jam kerja, tak harus kesal karena terjebak macet, dan jam kerja yang dapat diatur sendiri. Target kerja pun dapat ditentukan sendiri, tanpa berpatokan pada jam kerja. Namun, kendala pasti ada, salah satunya sulitnya memisahkan urusan rumah dan pekerjaan. Beberapa hal lain yang juga patut diperhatikan antara lain:
a. Terorganisasi
Semua berawal dari pengaturan yang tepat. Gunakan ruang kerja sebagai tempat untuk berkarya. Letakkan lemari dengan banyak laci pengaturan untuk meletakkan barang-barang yang berhubungan dengan pekerjaan.

b. Bekerjalah dalam suasana yang tenang
Ketika kerja, usahakan suasana sekitar nyaman dan aman dari gangguan. Kecuali jika Anda ingin sekaligus mengawasi anak-anak. Saat anak-anak sekolah, Anda dapat bekerja dalam suasana yang tenang. Tutup pintu ruang kerja agar terhindar dari gangguan. Beritahu anggota keluarga jam kerja Anda sehingga mereka mengerti dan tak mengganggu waktu kerja Anda.

c. Privasi total
Jika ingin memiliki privasi total, buatlah ruang kerja yang terpisah dari rumah utama dan kunci pintu saat bekerja.

d. "Jangan ganggu saya"
Anda bisa menggantung tulisan tersebut di pintu kerja jika Anda benar-benar sedang bekerja serius dan tidak ingin diganggu.

4. MULAI DENGAN PERENCANAAN
Perencanaan sangat penting untuk menjalankan bisnis di rumah. Mulailah dengan langkah awal, yaitu menentukan nama usaha, alamat, nomor telepon, dan alamat e-mail. Akan lebih baik jika Anda melengkapinya dengan website agar profil usaha Anda dapat dipromosikan ke khalayak lebih luas.

Selanjutnya, deskripsikan jenis usaha Anda. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang cara menjalankan pekerjaan di rumah, meliputi cara pemasaran, promosi, serta pengelolaan. Lalu tentukan tujuan usaha, khususnya tujuan jangka panjang, apakah akan terus dipasarkan lebih luas atau sekadar mengisi waktu luang saja. Jika dalam perkembangannya usaha ini menghasilkan keuntungan, mulailah berpikir memperluas usaha, diawali dengan merekrut beberapa karyawan untuk membantu pekerjaan.

5. TETAP IBU RUMAHTANGGA
Bekerja di rumah memang penuh tantangan, sekaligus memberikan banyak waktu bertemu dengan keluarga, khususnya anak-anak. Namun, semua harus diatur dengan baik. Jangan sampai pekerjaan terganggu akibat teriakan-teriakan anak atau ketika Anda ingin mencari informasi di internet, Anda terganggu ulah si kecil yang asyik main game di komputer. Memang, kondisi ini jadi dilema, namun jalan keluar selalu ada. Simak tips berikut:
a. Gunakan waktu sebaik-baiknya untuk bekerja saat anak-anak tidur siang.
b. Jika harus memangku anak saat di depan komputer, beri ia mainan atau botol susu. c. Sediakan mainan dan buku-buku anak, baik buku cerita maupun buku mewarnai di ruang kerja Anda.
d. Sediakan sedikit ruang untuk anak sebagai tempatnya bermain atau mewarnai.
e. Sediakan makanan dan minuman ringan kesukaan anak-anak di tempat yang terjangkau.
f. Lebih baik jika meja kerja Anda di dekat jendela, sehingga tetap dapat mengawasi anak main di halaman.
g. Jika punya waktu luang, lakukan aktivitas bersama anak-anak sehingga mereka tidak bosan di rumah.


Indraswari

Filed under , having 0 comments  

Tips Menghadapi Klien Menyebalkan

by kris joko


Klien adalah raja. Slogan ini sepertinya sudah jadi pemikiran wajib mereka yang bekerja di garda depan penjualan atau customer service. Namun, tetap saja mengesalkan ketika ada "raja" yang berlaku menyebalkan. Perlu trik tersendiri untuk membuat Si Raja senang, dan urusan pun lancar.

Ilmu melayani klien memang ilmu yang memerlukan strategi dan siasat yang tidak enteng. Sama seperti hendak menghadapi peperangan, Anda juga mesti kenal siapa yang Anda hadapi. Maklum, karakter klien macam-macam. Apalagi yang masuk kategori menyebalkan. Tapi tenang, semuanya bisa dibuat bertekuk lutut pada Anda. Berikut, beberapa tipe klien yang dianggap ‘ajaib’, plus solusi menghadapinya.

- Si Bertele-Tele
Anda sudah menjelaskan panjang lebar tentang produk atau jasa yang ditawarkan, ketika diminta untuk bertanya, dia malah bingung sendiri dengan pertanyaannya. Maunya bertanya A, tapi yang ke luar malah pertanyaan B.

Solusi: Anda sebaiknya berpegang pada standarisasi jawaban yang telah disiapkan perusahaan. Sebaiknya, fokuslah pada permasalahan yang ditanyakan. Ketika dia melontarkan sejumlah pertanyaan, tariklah benang merah dari pertanyaannya. Hindari menjawab pertanyaan yang tidak ditanyakan.

- Si Pemarah
Tipe ini bisa dideteksi sejak awal, misal sikapnya tak bersahabat. Wajahnya seringkali terlihat tertekuk delapan. Sulit diajak kerjasama. Kesalahan kecil saja bisa memicu kemarahannya. Dan, ketika marah, ia tidak sungkan-sungkan nyerocos menumpahkan kemarahannya pada Anda meski di depan banyak orang.

Solusi: Semarah apa pun dia, Anda dituntunt sabar. Jangan memotong ucapannya, karena itu akan membuat dia tambah meledak. Tunggu sampai ada jeda, baru bicara. Kemukakan pembelaan Anda secara diplomatis. Gunakan kalimat yang mudah ia mengerti, turunkan nada suara Anda. Setelah Anda menjelaskan duduk persoalannya, beri dia solusi. Hindari menggunakan kata saya tapi kami. Hal ini agar Anda tak terlalu sakit hati karena kemarahan klien bukan ditujukan pada Anda secara pribadi.

- Si Pencari Kesalahan
Klien tipe ini senang membanding-bandingkan. Tidak ada yang terlihat bagus di matanya. Entah mengapa, mereka selalu bisa menemukan celah untuk melihat kesalahan Anda. Dan kesalahan Anda bisa dijadkan kartu truf untuk menekan Anda.

Solusi: Ketelitian sangat diperlukan untuk menghadapi klien seperti ini. Berhati-hatilah dalam menerangkan produk atau program Anda kepadanya. Pelajari secara mendalam product knowledge, beserta kelemahan dan kelebihannya. Lirik juga produk lain sebagai perbandingan. Semakin Anda kenal produk Anda, Anda punya senjata ampuh untuk memenangkan argumentasi dengan mereka. Sehingga Anda tak terkesan ragu-ragu yang membuat dia leluasa menekan Anda.

- Si Supercerewet
Klien sepertin ini banyak maunya. Dikasih satu minta dua, diberi diskon sepuluh minta dua puluh. Segala hal bersifat printil-printil juga menjadi concernnya. Parahnya, dia bisa mengacak-acak kerjaan Anda karena dianggap tak sesuai seleranya.

Solusi: Menghadapi klien rewel seperti ini jurusnya hanya satu, sabar. Posisikan diri Anda sebagai penasihat terbaik sehingga perlahan akan tercipta kedekatan emosional. Ini akan membuat klien lebih mudah dikendalikan. Hadapilah permintaan klien dengan bijak. Jangan buru-buru bersikap menolak. Sebaliknya, giring dia agar menuruti keinginan. Berilah mereka alsan untuk mengatakan ya, misal dengan mengedepankan keuntungan yang akan mereka peroleh bila mereka menurut Anda.

- Si Pencari Dukungan
Klien tipe ini biasanya selalu dikeliling banyak ‘kurcaci’ yang ikut andil dalam membuat keputusan. Akibatnya, ia tidak pernah mantap mengambil keputusan. Keputusan akan terus berubah tergantung dari siapa di antara kurcacinya yang paling keras ‘bernyanyi’.

Solusi: Siapkan waktu lebih banyak untuknya. Buatlah dia ‘mendengarkan’ Anda. Kalau perlu, lakukan pendekatan pada salah seorang teman dekatnya yang biasa ia dengar pendapatnya. Mungkin dia bisa jadi corong Anda untuk ‘memanas-manasinya.’ Kalau dia sudah mengambil keputusan, segera buat perjanjian atau komitmen di atas kertas sebelum pikirannya berubah lagi. Ada cara pamungkas yang bisa Anda gunakan untuk melicinkan jalan. Jadikan dia teman. Gunakan cara personal untuk mendekati mereka. Terkadang persuasi personal lebih mengena pada orang-orang tertentu.


Ika Nurul Syifaa

Filed under having 0 comments  

Kerja sambil Bersenang-Senang

by kris joko


Berapa lama waktu yang Anda habiskan di kantor? Jangan-jangan, jauh lebih banyak ketimbang waktu Anda di rumah. Di masa sekarang, orang bekerja di luar jam seharusnya sudah bukan hal aneh. Banyak orang yang "bertempat tinggal" di kantor. Ketimbang macet di jalan, atau memang banyak pekerjaan yang perlu diselesaikan.

Jadi, mengapa kita tidak membuat kantor senyaman – atau paling tidak mendekati- rumah. Bukan mengajak Anda melupakan rumah sama sekali, lho. Karena betapa pun nyamannya kantor Anda, tak ada yang bisa mengalahkan kamar Anda di rumah, bukan? Suasana kerja yang nyaman, setidaknya membuat kita bekerja lebih bergairah dan kreatif. Coba deh!

Make Over
Cerahkan lingkungan kerja dengan memberi sentuhan kehidupan. Bisa dimulai dari meja kerja sendiri. Misalnya dengan meletakkan foto-foto keluarga, teman-teman, menaruh seikat bunga segar, lukisan keponakan, atau poster-poster. Mau narsis juga sah-sah saja. Intinya, buatlah ruuang kerja Anda layaknya kamar pribadi.

Setelah itu, ajaklah rekan-rekan Anda untuk melakukan make over sudut-sudut tertentu. Misalnya, memilih art work untuk ruang tamu, membuat pojok kopi, menaruh akuarium ikan hias atau merancang taman kering di sudut tak terpakai. Buatlah tema-tema rancangan dan minta teman-teman membawa koleksi ‘nganggur’ untuk menghiasnya. Pada periode tertentu, gantilah temanya untuk penyegaran.


Let’s Celebrate
Tumbuhkan budaya merayakan sesuatu. Baik yang menyangkut pekerjaan atau perayaan yang sifatnya pribadi. Misalnya, sehabis menyelesaikan sebuah proyek, merayakan pitching yang sukses, hari ulangtahun, mensyukuri kelahiran putera teman kerja. Meski setahun hanya ada 365 hari, ada sejuta alasan untuk merayakan sesuatu.


Tak usah membuat pesta besar yang merepotkan. Sesekali bisa saja memesan black forest dari bakery kondang. Lain waktu tak ada salahnya merayakannya hanya dengan kuaci atau bersulang dengan sirup. Yang penting semangatnya.


Dress Code
Bagi Anda yang tak punya kewajiban berseragam, pilih satu hari dalam seminggu untuk dress code tertentu. Pilih tema yang fun dan semua orang bisa mengikutinya. Bagi yang melanggar, buat semacam ‘hukuman’ yang menghibur pada jam istirahat. Misalnya diminta menyanyi atau berjoget sementara yang lain siap menyoraki. Bisa juga bikin pemilihan berpakaian paling serasi. Pasti seru!

Door Prize
Sesekali bawalah sekantung snack dan buatlah semacam kupon door prize. Mintalah teman-teman Anda mengambil masing-masing satu dan tukarkan dengan isi kantong Sinterklas yang Anda bawa. Senyum sumringah di wajah teman Anda meski hanya mendapatkan sepotong wafer cokelat, pastilah membuat perasaan Anda lebih nyaman.


Don’t Work too Seriously
Ini tak ada kaitannya dengan profesionalitas atau ajakan untuk main-main soal pekerjaan. Kalau itu sih, tak ada kata tawar. Tapi dalam bekerja, Anda kan, tak perlu terlalu kaku. Misalnya dari datang sampai pulang Anda terus berkutat di meja kerja. Anda cuma bangkit dari tempat duduk ketika perlu ke kamar kecil atau minum.

Sesekali bersosialisasi di tengah kerja tak ada salahnya kok. Misalnya, bercanda dengan teman-teman. Boleh juga melakukan stretching ringan, main game atau apalah yang bisa meredakan ketegangan kerja. Kantor Anda tak akan bangkrut kalau Anda ‘mencuri’ sedikit waktu untuk bersantai kan?


Emma

Filed under having 0 comments  

Tips Menghadapi Wawancara Kerja

by kris joko


Bagi yang tengah mencari pekerjaan, mendapat kesempatan untuk wawancara kerja sangatlah menyenangkan. Namun, kebahagiaan ini jangan sampai menodai acara wawancara itu sendiri. Perlu diingat, wawancara kerja amat penting karena menentukan keberhasilan Anda mendapatkan pekerjaan impian.

Oleh karena itu, persiapkan dengan matang. Berikut ini adalah hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam menghadapi wawancara kerja.


Yang Boleh Dilakukan:

- Usahakan untuk tiba 15 menit lebih awal. Jika terpaksa terlambat, segera beritahu pewawancara.
- Jika harus mengisi formulis, isilah dengan lengkap dan rapi.
- Persiapkan surat lamaran dan CV Anda.
- Ingat baik-baik nama pewawancaranya.
- Bicara cukup keras agar terdengar jelas oleh pewawancara.
- Tarik nafas dan yakinlah Anda dapat melakukan presentasi yang baik.
- Masih gemetar juga? Pergilah ke tempat yang tenang atau toilet dan dorong tembok dengan kuat untuk memindah stres.

Yang Tidak Boleh Dilakukan:
- Datang terlambat.
- Tidak membawa surat lamaran dan CV.
- Salah sebut atau tidak ingat nama perusahaan, organisasi atau pewawancara.
- Menyalahkan perusahaan atau mantan atasan.
- Bersikap angkuh, defensif atau agresif.
- Mengunyah permen atau merokok selama wawancara.
- Menjawab pertanyaan seadanya, seperti “ya”,”tidak” atau “tidak tahu”.
- Menelepon atau menerima telepon.
- Terlalu lama berpikir setiap kali menjawab.
- Berbohong atau memanipulasi data.

Ika Nurul Syifaa

Filed under having 0 comments  

Hati-hati dengan Seks Oral!

by kris joko


BANYAK yang mengatakan seks oral merupakan aktivitas paling aman dibandingkan jenis hubungan intim lainnya. Bagi pasangan yang tidak terikat, seks oral kerap dijadikan pilihan karena tidak akan mengakibatkan kehamilan. Tapi, apakah kegiatan seks oral benar-benar aman, terutama dari risiko terkena penyakit menular seksual ?

Bagi kebanyakan pasangan, seks oral biasanya dilakukan sebagai bagian dari pemanasan atau foreplay. Kaum lelaki banyak yang menyukai aktivitas ini sebab oral seks mampu membakar fantasi mereka dalam meraih kepuasan. Pria biasanya merasakan kenikmatan yang lebih tinggi dalam menerima maupun memberikan seks oral. Dari beberapa penelitian, para pria mengaku lebih sering menginginkan oral seks dibandingkan dengan wanita.

Konsultan seks, dr Ferryal Loetan, ASC&T, MMR, SpRM, M.Kes, menilai oral seks sebaiknya dilakukan secara hati-hati. Oral seks yang dilakukan wanita terhadap pria memungkinkan terjadinya penularan penyakit, begitu juga aktifitas oral seks yang dilakukan pria terhadap wanita.

"Di dalam mulut terdapat banyak air liur yang dapat menularkan penyakit. Sebab di dalam air liur manusia, terdapat beberapa kuman dan bakteri. Demikian pula dengan berbagai macam jamur, yang biasa menempel di tubuh manusia. Ketiganya bisa mengakibatkan penyakit saat kita melakukan oral seks," kata Ferryal.

Bahaya akan mengancam bila oral seks dilakukan tanpa hati-hati dan tanpa menjaga kebersihan tubuh. Bila yang menerima oral seks mengidap penyakit, mereka dapat menularkannya kepada yang memberi oral dan begitu pula sebaliknya.

Misalnya, mulut dan bibir yang mengalami pecah-pecah dapat mengundang risiko tertularnya penyakit kepada penerima oral dari pemberi oral. Penyakit lain yang dapat ditularkan melalui oral di antaranya, klamidia, herpes genitalis, gonore, hepatitis B, HIV dan kutil pada alat kelamin (HPV).

Jika anda menyukai seks oral dan tak bisa mengubah kebiasaan ini, maka yang wajib diperhatikan adalah menjaga kesehatan dan kebersihan alat-alat genital Anda Dengan begitu, tanda-tanda umum penyakit yang berhubungan dengan gejala awal PMS dapat diketahui lebih dini.

Jalan satu-satunya bila Anda tetap ingin melakukan oral seks dengan cara fellatio (seks oral terhadap organ lelaki), adalah menggunakan kondom tanpa pelumas (atau hilangkan pelumasnya). Sedangkan untuk melakukan cunnilingus (seks oral terhadap organ kewanitaan), pasangan Anda harus menggunakan pelindung terhadap gigi. Alat ini berupa selembar lateks persegi yang diletakkan di atas vulva untuk menghindari kontak langsung atau pertukaran cairan tubuh. (C11-08)

Filed under , having 2 comments  

Bila Bra Terlalu Ketat

by kris joko


Sebuah penelitian yang dilakukan para doter dari Universitas Texas Southwestern Medical School di Dallas, menghasilkan beberapa temuan. Antara lain, pemakaian bra bertali tipis dan ketat bisa menyebabkan sakit kepala yang berkepanjangan dan kerusakan syaraf serius.

Bra yang ketat akan membuat saraf terjepit dan akibatnya si pemakai bisa diserang sakit kepala yang berkepanjangan, nyeri leher bahkan mati rasa. Rasa sakit ini juga bisa menyerang bahu dan lengan.

Pemakaian bra yang terlalu ketat berbahaya bagi wanita berdada besar. Disarankan, bra baju renang bertali dada atau bahu, jangan dikenakan berlama-lama. Sama bahayanya dengan bra ketat.

Cari saja bra yang bertali agak lebar dan tidak terlalu ketat membungkus payudara Anda. Selain lebih sehat, bra ini pun akan nyaman di tubuh. Celakanya, dari survei perusahaan pakaian dalam Playtex, 70 persen wanita ternyata lebih suka memilih bra bertali kecil dan ketat.

Filed under having 0 comments  

Firefox akan Paksakan Upgrade

Friday, August 22, 2008 by kris joko

JAKARTA, JUMAT - Firefox 3 sudah meluncur sejak beberapa waktu. Untuk mempromosikan Firefox versi 3 tersebut (tepatnya versi 3.01), dalam waktu dekat Mozilla akan mendesak para pengguna Firefox 2 agar segera melakukan upgrade.

Kepada para pengguna Firefox 2, Mozilla akan mengirimkan serangkaian peringatan update. Yang pertama adalah permintaan untuk melakukan update. Setelah menerima pesan tersebut, dalam tempo 24 jam Anda diharapkan sudah melakukan upgrade. Jika belum, atau Anda memilih menolak meng-upgrade, Mozilla akan kembali mengirimkan pesan tersebut beberapa waktu kemudian.

Mengapa Mozilla begitu memaksa? Ini dikarenakan per Desember nanti, Mozilla akan secara resmi menghentikan dukungannya terhadap Firefox 2.

Filed under , having 0 comments  

13. Tingkatan dan Jenis Hadits

Friday, August 15, 2008 by kris joko

1. Hadits Shohih (Sah/benar/sehat)
2. Hadits Hasan (Bagus/Baik)
3. Hadits Dho’if (Lemah)
4. Hadits Marfu’ (Semua sanadnya bersandar kepada Rasulullah Saw)
5. Hadits Mushahhaf (Kesalahan terjadi pada catatan / bacaannya)
6. Hadits Muttasil (Sanadnya bersambung sampai kepada Rasulullah Saw)
7. Hadits Mauquf (Sanadnya boleh jadi bersambung, boleh jadi terputus)
8. Hadits Mun-qoti’ (Dho’if, karena terputus sanadnya)
9. Hadits Mursal (Dho’if dan Mardud)
10. Hadits Mu’allal (Terselubung cacatnya / merusak keshohihan Hadits)
11. Hadits Ghorib (Yang menyendiri)
12. Hadits Masyhur (Nyata)
13. Hadits Mudallas (Gelap / Menyembunyikan cacat dalam sanad)
14. Hadits Mutawatir (Berturut Sanadnya)
15. Hadits Syadz (Bertentangan)
16. Hadits Mudraj (Ada tambahan, yang bukan bagian dari Hadits)
17. Hadits Maqlub (Dho’if. Karena ada pergantian lafaz)
18. Hadits Mudhtorib (Rusak susunan)
19. Hadits Mu’adhal (Menggugurkan dua Perawi aslinya)(Hukumnya Dho’if)
20. Hadits Matruk (Dho’if yang paling buruk. Perawinya tertuduh Pendusta)
21. Hadits Maudhu’ (Palsu. Kebohongan yang diciptakan dan disandarkan kepada Rasul Saw)
22. Hadits Munkar (Cacat dan Palsu perawinya kedapatan berbuat Fasiq)

Jika Hadits-hadits yang kita baca terdapat Keterangan yang mengatakan seperti dibawah ini :
7 Imam : Al-Bukhari. Muslim. Ahmad. Abu Daud. At-Turmudzy. An-Nasa’iy. Ibnu Majah.
6 Imam : Al-Bukhari. Muslim. Abu Daud. At-Turmudzy. An-Nasa’iy dan Ibnu Majah.
5 Imam : Ahmad. Abu Daud. At-Turmudzy. An-Nasa’iy. Ibnu Majah.
4 Imam : Ahmad. At-tirimidzy. An-Nasa’iy. Ibnu Majah.
3 Imam : Abu Daud. At-turmudzy. An-Nasaiy.
Muttafaqun 'Alaih : Al-Bukhari dan Muslim.

Banyak orang yang berjiwa ta'at dan patuh kepada Agama. Tetapi karena pengetahuannya tentang Hadits sangat terbatas, sehingga ia nampak seperti orang yang hidup dalam kegelapan. Yaitu meraba-raba dan seperti berjalan tiada tentu arah tujuan. Tidak ada pegangan yang menimbulkan ketenangan dalam hati untuk menetapkan langkahnya. Dan ia akan berhati-hati dengan tidak ada alasan. Kadang-kadang mereka bisa bersikap sangat pemberani (agresip). Padahal ia berbuat salah. Maka untuk menghindarkan segala sifat yang buruk dan merugikan diri sendiri seperti yang demikian itu !!! Hendaknya kita selalu mencari tambahan ilmu tentang Hadits. Dengan demikian kita berjalan menurut Cahaya yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw. kepada seluruh umatnya. Kita mengharap kepada Allah SWT semoga kita jangan sampai terperangkap dengan Hadits-hadits palsu !!! Yang pada akhirnya kita sendiri yang akan rugi. Karena dari dahulu hingga sekarang. Kebanyakan dari kita, hanya menerima Cerita-cerita Israiliyat yang sampai kepada kita melalui cerita entah berantah, lalu kita katakan itu adalah Hadits Nabi Saw. Maka sanksinya adalah Neraka !
Oleh karena itu. Wajib bagi kita belajar lagi untuk memperhalus kaji. Agar jangan menjadi orang yang hanya ikut-ikutan saja, alias ikut saja apa kata orang. Yakni bertaqlid buta (tiada 'ilmu). Ingatlah ! Neraka tetap menanti kehadiran orang yang demikian ini !
Dan semoga para pembaca yang berminat dengan pelajaran ini, kita harapkan untuk mencari atau bertanya kepada Ahli Hadits yang banyak liku-likunya, karena maksud dari pelajaran ini bukan menguraikan ilmu Hadits, tetapi mengurai isi Hadits yang berkaitan dengan ketetapan Ibadah. Maka dipersilahkan menambah ‘ilmu kepada para Ahli Hadits yang Mu’tabar dimanapun ia berada.

Sunnah ada enam Kitab Hadits yang ternama, yang merupakan pegangan penjelasan utama bagi umat Islam. Keenam Kitab tersebut ialah :
1. Shohih Imam Al-Bukhari.
2. Shohih Imam Muslim.
3. Imam Abu Daud.
4. Imam An-Nasa'iy.
5. Shohih At-Turmudzy.
6. Imam Ibnu Majah.
Demikian serba sedikit tentang Hadit dan Sunnah.

Filed under having 0 comments  

Ubah Lokasi Penyimpan Rekaman TV

by kris joko


Ternyata, bukan software milik TV tuner saja yang bisa merekam siaran TV, Windows Media Center juga bisa. Windows Media Center tidak hanya mampu menayangkan siaran TV. Karena itu, siaran TV di Windows Media Center bisa dihentikan sementara dan ketika dilanjutkan tidak membuat pemirsa kehilangan sedetik pun dari acara yang sedang disaksikan.

Sayangnya, seperti kata pepatah “tak ada gading yang tak retak”, Windows Media Center punya kekurangan. Sayangnya lagi, kekurangan itu cukup mengganggu. Anda tidak dapat menentukan di lokasi penyimpanan hasil rekaman. Anda cuma bisa menentukan di drive tempat penyimpanan. Lokasi selanjutnya, seperti folder, tidak bisa Anda tentukan.

Ah, tapi dengan sedikit memodifikasi registri, Anda bisa menentukan folder penyimpanan hasil rekaman televisi via Windows Media Center. Berikut adalah cara mengaturnya.
1. Klik tombol [Start], ketik “regedit”, lalu tekan [Enter] pada keyboard. Registry Editor pun berjalan.
2. Pada jendela Registry Editor, masuklah ke HKEY_LOCAL_MACHINE-SOFTWARE-Microsoft-Windows- CurrentVersion-Media Center-Service-Recording.
3. Klik kanan string value [RecordPath], lalu klik [Modify].
4. Masukkan folder yang akan dijadikan tempat penyimpanan hasil rekaman. Ingat, lokasi harus ditunjukkan dengan karakter backslash (“-”). Contoh: “D:-Televisi-”
5. Klik [OK] untuk menyetujui pengaturan.
6. Restart Windows.
7. Usai me-restart, lokasi baru Anda akan dijadikan tempat perekaman.

Sumber: PCplus

Enkripsi dengan BitLocker Windows Vista

by kris joko


Windows Vista punya fitur keamanan baru. Namanya BitLocker Drive Encryption yang dibuat untuk melindungi data dari orang yang tidak boleh membuka data itu. Tampak dari namanya, BitLocker Drive Encryption mengamankan data dengan enkripsi.

Fitur BitLocker Drive Encryption bisa lebih dioptimalkan jika PC Anda memiliki chip Trusted Platform Module. Trusted Platform Module ini berfungsi untuk membuat kunci kriptografi, mengenkripsinya, dan mendekripsinya. Selain itu, Anda harus mempersiapkan sebuah partisi khusus dengan kapasitas 450MB untuk menggunakan BitLocker.

Setiap kali PC dinyalakan, sebelum masuk Windows, Windows Vista melakukan validasi terhadap file boot, file sistem operasi, dan drive yang dienkripsi dengan BitLocker Drive Encryption. Kalau salah satu file telah dimodifikasi, PC masuk ke dalam modus perbaikan, tentu saja ketika hendak masuk ke situ, pengguna diminta password alias kunci.

Cara menggunakan BitLocker ini sangat mudah. Anda cukup lakukan langkah-langkah berikut.
1. Klik [Start] > [Control Panel] untuk membuka panel kontrol Windows.
2. Setelah Control Panel terbuka, klik [Security].
3. Klik [BitLocker Drive Encryption] dari daftar menu yang terbuka.
4. Kalau komputer Anda telah diatur dengan benar, Anda bisa melihat link [Turn it on] di sebelah kandar sistem operasi Anda. Kliklah link tersebut.
5. Pilih jenis perangkat yang akan Anda gunakan untuk melindungi komputer dan ikuti langkah-langkahnya di layar.
6. Setelah semua tahapan sudah Anda ikuti, secara otomatis hard disk komputer Anda akan terenkripsi.

Anda tidak perlu khawatir meskipun PC Anda tidak dilengkapi chip TPM. Anda tetap dapat menggunakan BitLocker Drive Encryption dengan flash disk. Sayangnya opsi untuk ini disembunyikan oleh Microsoft. Lakukan langkah berikut untuk mengaktifkannya.
1. Klik tombol [Start], kemudian ketik “gpedit.msc”, lalu tekan [Enter] untuk menjalankan Group Policy Editor.
2. Setelah Group Policy Editor terbuka, masuklah ke Computer Configuration, Administrative Templates, Windows Components, dan BitLocker Drive Encryption.
3. Klik kanan pada [Control Panel Setup: Enable advanced startup options], lalu klik [Properties].
4. Klik [Enabled] lalu klik [OK].
5. Sekarang Anda sudah bisa menggunakan BitLocker Drive Encryption flash disk.

Camkan jika menggunakannya , Anda perlu mencolok flash disk setiap kali menyalakan komputer. Kalau flash disk tidak dicolok, PC tidak dapat booting.

Sumber: PCplus

Filed under , having 0 comments  

Jagung untuk USB Flash Disk

by kris joko


Inilah produk terobosan: biodegradable USB flash disk. Alhasil, USB flash disk ini ramah lingkungan, dan merupakan USB flash disk pertama di dunia yang bersifat seperti itu.

Keramahannya terhadap lingkungan dikarenakan materi pembuatnya yang memang ramah lingkungan. Sebab USB flash disk ini dibuat dari plastik polylactide yang berbahan dasar jagung. Karena itu, untuk memudahkan kita mengingat bahan dasarnya yang ramah lingkungan itu, Hoshino – produsennya – mendesain USB flash disk tersebut seperti setongkol jagung.

Sayang belum banyak detail tentang produk ini. Namun kelihatannya Hoshino yang bermarkas di Hongkong itu dapat membuat seluruh flash disk tersebut biodegradable. Jadi bukan cuma casing-nya yang ketika tidak merusak lingkungan ketika ‘dihancurkan’. Menarik bukan?

WIEK

Filed under , having 0 comments  

Samsung Rilis Lagi Ponsel Berbahan Jagung

by kris joko


Isu ramah lingkungan masih terus didengung-dengungkan. Banyak produsen elektronika yang kini mulai beralih ke produk yang lebih ramah lingkungan.

Salah satunya adalah Samsung yang merilis ponsel Eco bioplastik E200 Berbeda dengan plastik biasa yang dibuat dari bahan minyak bumi yang tidak dapat terbarukan, bioplastik dibuat dari bahan-bahan biologis (terbarukan), seperti jagung.

Sebenarnya E200 Eco bukanlah ponsel bioplastik pertama dari Samsung. Juni lalu Samsung sudah merilis W510 dan F268 yang ramah lingkungan, alias terbuat dari bahan plastik berbasis jagung. Akan tetapi W510 dan F268 tidak seluruhnya ramah lingkungan karena desainnya terbuat dari plastik biasa dan bioplastik. Sementara itu seluruh casing E200 Eco terbuat dari bioplastik yang berbasiskan jagung.
.
Selain mulai mengharamkan bahan plastik yang berasal dari minyak bumi, Samsung juga mengklaim diri sebagai memproduksi ponsel dengan menggunakan teknik-teknik yang tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya, seperti plumbum, kadmium dan merkuri. F268 dan E200 Eco berikut charger-nya pun bebas dari bahan-bahan yang bisa membahayakan lingkungan.

Menurut New York Times, selain Samsung, Nokia dan NEC juga mulai menggunakan bioplastik untuk produk-produk consumer-nya. Nokia tahun ini dikabarkan akan meluncurkan 40 model ponsel ramah lingkungan– masing-masing memiliki komponen yang dapat dengan mudah didaur ulang.

WIEK

Filed under , having 0 comments  

LCD Fujitsu Nol Watt

by kris joko


Tiga bulan lalu Fujitsu Siemens menyebutkan bahwa mereka akan merilis monitor zero watt pertama di dunia. Kini produk tersebut sudah hadir.

Ada dua seri LCD yang ditawarkan: P20W-5 ECO dan P22W-5 ECO, masing-masing berukuran 20” dan 22”. Keduanya mengusung resolusi native 1680x1050, response time 5ms, dan memiliki konektivitas HDMI. Sesuai janji, monitor ini sama sekali tidak akan mengkonsumsi daya listrik saat berada dalam kondisi standby.


Rahasia di balik nol watt ini sebenarnya sederhana, yakni sebuah switch yang otomatis mematikan monitor jika PC yang terkoneksi dengannya juga dimatikan. Monitor ini juga akan langsung hidup begitu PC dinyalakan kembali. Karena itulah di kedua monitor baru Fujitsu Siemens tersebut Anda tidak akan mendapatkan tombol power.


Selain kedua model di atas, Fujitsu Siemens akan segera memperkaya jajarannya dengan model 24” dan 26” pada bulan September mendatang. Diharapkan teknologi ini bisa dengan cepat menjadi standar de facto pada monitor LCD (dan juga produk-produk lainnya).


Untuk saat ini, teknologi penghematan yang ditawarkan Fujitsu Siemens ini agaknya akan terkendala oleh harga monitor yang masih tinggi. Untuk model 20”, harganya ada di kisaran US$ 610.

WIEK

Filed under having 0 comments  

Penyebab Gigi Persneling Motor Susah Pindah

by kris joko


Kesal rasanya, lagi asyik merayap di tengah kemacetan dengan sepedamotor, lantas ingin melakukan akselerasi. Perpindahan setiap gigi persneling keras. Malah timbulk suara keras dibarengi entakan.

Kondisi seperti ini jelas sangat membahayakan. Terutama kala saat menyalip mobil kemudian ada kendaraan dari depan. Lantaran perpindahan persneling terlambat, yang tadinya diperhitungkan bisa menyusul, akhirnya malah kesenggol mobil dari depan.

Seret alias susahnya pindah gigi persneling diprediksi ada komponen yang perlu diganti. Mekanik Waluyo dari Xelon Motor di Petukungan Utara, Jakarta Selatan ada tiga tahap pengecekan seperti di bawah ini.

1.Mur-baut penyetel speling (jarak renggang) tuas persneling.
Bila disetel terlalu sempit, perpindahan gigi memang empuk, namun akselerasi agak lamban. Sebaliknya, terlalu renggang bikin pindah gigi sulit. Pasalnya, ketika kerenggangan kampas belum maksimal, tapi tangkai pemindah gigi sudah menggeser posisi gigi. Akibatnya timbul entakan. Idealnya, menurut Waluyo, jarak kerenggangan sekitar 3 mm.

2. Cek arm pendorong kopling
Jika bola penekan arm otomatis dan alurnya sudah mulai rusak, biasanya persneling susah dipindahkan meski mur-baut speling sudah disetel.

3. Pelat kopling

Jika dengan arm pendorong tidak ada masalah, cek pelat kopling. Bila komponen ini sudah melengkung, posisi kerenggangan kampas koplingt jadi nggak maksimal. Alhasil, girboks yang masih berputar akan mempersulit tangkai pemindah menggeser drum pemindah gigi.

Untuk mengetahui kalau pelat sudah melengkung, dikasih tahu oleh Waluyo bisa lihat tekanan balik kampas dengan pelat yang di rumah kopling. Cara lain, kampas bisa diletakkan di atas kaca. Bila sudah belengkung sebaiknya diganti.(KR15)

Filed under having 0 comments  

Penyebab Ban Cepat Rusak

by kris joko


Terkadang Anda sedikit kaget mengetahui kembang ban mobil habis tidak merata. Ada yang kemakan bagian dalam atau luarnya. Bisa juga disebabkan cara mengemudi dan masih banyak lagi.

Bahayanya, kondisi si karet bundar hitam ini sudah kurang baik. Anda melesat dengan kecepatan tinggi di jalan tol, tiba-tiba meletus. Ya, kalau Anda bisa mengatasi kemudi. Sebaliknya, Anda panik bukan tidak mungkin mobil terbalik.

Inilah biang-biang penyebab ban rusak;

1. Tekanan Angin
Sering diabaikan, terutama bila tekanan anginnya di bawah ukuran standar. Dampaknya, kerja dinding ban lebih berat dan mengakibatkan defleksi berlebihan. Tak cuma itu, membuat serat baja di dalam ban cepat putus dan ban meletus. Jika tekanan angin kurang, tambah dan sebaiknya dilakukan saat ban dalam kondisi dingin. Ukurannya, biasanya tertera di pintu atau lihat buku manual.

Sebaliknya, tekanan angin terlalu keras mengurangi daya cengkeraman. Lebih berbahaya kondisi jalan licin, saat hujan atau melindas ceceran oli.

2. Pecahan Benda dan batu
Batu, pecahan kaca atau benda keras (seperti mur, baut, pelat) kerap terselip di sela kembangan ban. Ketika roda berputar, ban seperti dipalu berulang-ulang. Bukan tidak mungkin, seperti baut yang menempel cukup panjang bisa menggembosi ban. Nah, ketika jalan terdengar bunyi, tik..tik..tik..tik, tandanya ada benda di ban dan cepat lepaskan.

3. Toe In/Toe Out
Arah roda tidak searah secara horizontal baik ke dalam (in) maupun ke luar (out). Akibatnya, telapak ban bagian dalam (Toe in) atau luar (toe out) akan tergerus lebih cepat. Lakukan spooring dan balancing agar roda berputar tanpa getaran.

4. Sudut Camber Negatif/Positif
Kerusakan tie-rod, as roda atau bearing bisa berujung tidak serahnya roda secara vertikal (camber). Bisa camber negatif atau positif. Akibatnya seperti kasus toe in/out, telapak ban cepat rusak, bisa bagian dalam (negatif), bisa juga luar (positif). Segeral lakukan spooring dan balancing.

5. Pengereman dan Akselerasi Kasar
Buat mobil yang belum dilengkapi ABS, mengerem secara kasar, membuat kembangan ban habis tidak rata. Apalagi sampai melakukan pengereman secara ekstrem (rem blok), menyebabkan benang putus. Dan ketika melaju pelan akan terasa ban seperti benjol, praktis kenyamanan terganggu.

6. Pelek Tidak sesuai
Seperti memakai celana, paling enak jika ukurannya pas. Pelek dan ban juga demikian. Bila tidak sesuai, misal ban dipasang pada pelek yang ukurannya satu atau dua kali lebih besar dari pelek standar ban itu, jelas akan membentuk donat dan kerja dinding ban menjadi lebih berat. Pasalnya, sudut dinding ban menyempit dan mudah ratak, pecah atau benjol.

7. Suspensi Lemah
Tidak maksimalnya kerja komponen suspensi, seperti sokbreker dan per membuat telapak ban benjol-benjol. Semisal sokbreker sudah mati, tentu per tidak mampu menahan impak sendirian. Ayunan mobil yang kuat akibat lemahnya suspensi membuat ban menahan beban tidak merata.

8. Mengemudi Agresif
Tanpa disadari mengemudi yang kasar mempercepat habisnya kembang ban. Kadang terkelupas yang disebabkan menabrak lubang atau benda-benda keras.
(Sasmita)

Filed under having 0 comments