When this life becomes more difficult, I hope my starlight will stay to give me little hopeness in this black holes darkness sky

krisjoko

Siasat Jalan Malam dan Menerjang Banjir

Monday, September 29, 2008 by kris joko


Melakukan perjalanan mudik di malam hari tak cuma dituntut daya pandang yang kuat, tapi juga ketahanan fisik dan teknik mengemudi yang lebih dibandingkan siang hari. Ada beberapa yang mesti diperhatikan bagi pengendara ketika melesat di kegelapan.

Pada tulisan ini kami ingin memberikan juga trik menghadapi jalanan yang digenangi air alias banjir. Karena menurut ramalan BMG, di saat arus mudik mencapai puncaknya terjadi hujan.

JALAN MALAM
* Sebelum berangkat, bersihkan lampu utama, kaca depan, dan belakang. Pastikan lampu dekat dan jauh berfungsi baik. Setel sinar lampu (jangan terlalu tinggi) diarahkan ke tembok. Ketika menyetel yang kanan, lampu kiri ditutup, begitu sebaliknya.
* Jaga jarak saat menempel kendaraan. Jangan berpatokan pada lampu rem di depan untuk mengurangi kecepatan. Apalagi yang ditempel bus dan truk yang menggunakan rem angin, berhentinya bisa mendadak.
* Bila mata Anda tidak kuat melawan sorotan lampu dari depan, jangan panik. Kurangi kecepatan dan tatap sisi pinggir jalan sambil menggeser mobil ke pinggir (sesuai tatapan mata). Kemudian sedikit tatapan mata kanan ke arah depan (bukan mobil dari depan).
*Ketika menempel kendaraan lain, jangan menggunakan lampu jauh. Bisa mencelakakan kendaraan di depan karena kendaraan dari depan akan membalas dengan lampu jauh.
* Di tikungan, sebelum membelok mainkan lampu dim berulang kali. Kalau tidak yakin ada atau tidak kendaraan dari depan, sebelum masuk kira-kira berjarak 20 meter, matikan lampu utama sebentar untuk memastikan ada kendaraan.

HUJAN (Bisa untuk perjalanan siang)
* Pastikan kipas penghapus kaca (wiper) berfungsi dan tabungan air pembersih penuh. Bila perlu dikasih sampo cair.
* Saat hujan nyalakan lampu utama (jika lebat). Tidak dianjurkan menyalakan hazard (untuk keadaan darurat).
* Ingat, melintas di saat jalan basah daya cengkeram ban berkurang. Jangan mengerem keras, dan saat mengerem usahakan posisi ban lurus. Karena jika roda membelok akan terseret ke samping dan bisa keluar jalan.
* Di depan ada genangan air. Pastikan ketinggiannya tidak melebihi roda. Tunggu kendaraan di depan melintas dulu, jangan mengikuti dari belakang karena gelombangnya akan masuk masuk ke mesin. Jika tidak ada kendaraan di depan, kurangi kecepatan dan pindah persneling ke gigi terendah. Saat menerjang banjir jaga putaran mesin konstan 2.000-2.300 rpm. Jangan memaksa mesin bekerja dengan putaran tinggi. Sebab, bila ada air yang menyusup lewat air intake bisa menyebabkan water hammer.
* Keluar genangan air, jangan langsung tancap gas. Jalan perlahan sambil menekan pedal rem berulang kali untuk memastikan kerja rem sudah baik.

Filed under having 2 comments  

Vaksincom: Virus China Paling Mendominasi

by kris joko

China tak hanya dituding sebagai asal susu berbahaya yang mengandung melamin. Di dunia maya, virus yang masuk ke jaringan komputer di Indonesia juga didominasi serangan dari negeri Panda tersebut.

Selama kuartal ketiga Juli-September 2008, serangan virus yang menjalar melalui jaringan Internet ke Indonesia paling banyak berasal dari China. Berdasarkan pemantauan yang dilakukan Vaksincom, perusahaan security lokal yang berbasis di Jakarta, alamat IP (Internet protocol) yang mengandung virus dan berhasil di blok mayoritas berasal dari China.

Seperti dilaporkan dalam rilisnya, Kamis (25/9), alamat IP yang terbanyak mengirimkan virus beralamat http://up.50db34d5.info/update.gif dan up.50db34d5.info yang mendominasi 20,53 serangan. Alamat tersebut mengacu pada IP 60.191.223.76 yang merupakan blok IP yang dimiliki oleh Jinhua Telecom. Alamat IP lainnya yang banyak mengirim virus adalah 222.216.0.0 – 222.218.255.255 yang merupakan blok IP milik China Telecom di Guangxi.

Statistik tersebut berdasarkan pemantauan yang dilakukan Vaksincom dengan alat baru Norman Network Protector (NNP) yang mampu melakukan realtime scanning dan blocking malware. Pemantauan dilakukan bekerja sama dengan NAP Datautama (www.datautama.net.id) dengan melakukan scanning pada bandwidth International Datautama secara realtime pada pada protokol HTTP, SMTP, POP3, IRC, FTP, TFTP dan CIFS/SMB tanpa perubahan setting apapun pada seluruh client Datautama.

Laporan serangan virus dengan melakukan scanning langsung diyakini memberikan data laporan statistik yang lebih lengkap. Selama ini, serangan virus yang dicatat Vaksincom mengandalkan laporan insiden melalui email.

WAH

Filed under having 0 comments  

Membuat Internet Explorer Bebas Masalah

by kris joko


Suatu ketika mungkin Anda pernah mengunjungi suatu situs web “bermasalah” yang ketika dikunjungi memunculkan pesan kesalahan “Problems with this web page might prevent it from being displayed properly or functioning properly. In the future, you can display this message by double-clicking the warning icon displayed in the status bar”. Pesan tersebut diakhiri dengan informasi detail tentang pesan kesalahan berupa kode-kode yang artinya tidak diketahui oleh orang banyak.

Pesan kesalahan lain yang cukup sering muncul pada situs web yang memiliki skrip “bermasalah” adalah pesan error “A runtime error has occurred. Do you wish to debug?”. Jika menjawab pertanyaan tersebut dengan [Yes], maka Anda akan”diajak” untuk melakukan memperbaiki situs web tersebut.

Seharusnya, pesan-pesan tersebut hanya perlu diketahui oleh pembuat situs agar ia dapat segera memperbaiki situsnya. Konyol rasanya jika pengunjung yang tidak tahu apa-apa mengenai pembuatan situs web tersebut jadi ikut terganggu dengan pesan yang seharusnya tidak perlu mereka lihat.

Agar pesan-pesan kesalahan di atas tidak lagi muncul, ikuti langkah-langkah ini.
1. Jalankan Internet Options lewat Internet Explorer. Di Internet Explorer, klik [Tools] > [Internet Options].
2. Pada jendela “Internet Properties”, klik tab [Advanced].
3. Berikan tanda centang pada kotak teks [Disable script debugging].
4. Hilangkan tanda cek pada [Display a notification about every script error].
5. Klik [Apply], lalu iklik [OK] untuk menutup jendela Internet Options.

Sumber: PCplus

Filed under , having 0 comments  

Atasi Keterbatasan Multimedia Ponsel

Monday, September 15, 2008 by kris joko


Saat ini praktis semua ponsel yang berharga Rp 1 juta ke atas dapat memutar file multimedia. Bahkan bukan hanya memutar, tetapi juga bisa untuk membuat konten multimedia seperti wav, amr atau 3gp. Namun dalam hal fitur player tidak semuanya sama. Ada ponsel dengan player kaya fitur dan ada pula yang “parah”.

Sebut saja ponsel Sony Ericsson K800i. Ponsel ini memiliki fitur yang cukup canggih. Kameranya 3,2 megapixel, bisa 3G, dan melakukan berbagai aktivitas multimedia seperti video straming, radio, pemutar serta merekam suara dan video. Cukup lengkap.

Keterbatasan Pemutar Video
Namun, tak ada gading yang tak retak. Ponsel yang kelihatan lengkap ini ternyata punya kelemahan, yaitu hanya punya dua pilihan untuk memutar video: Play dan Stop. Padahal dalam memutar video tidak mungkin hanya mengandalkan tombol Play dan Stop.

Coba bayangkan jika Anda memiliki video berdurasi 1 jam. Anda sudah memutar video sampai 45 menit. Setelah itu, tiba-tiba ada panggilan masuk. Otomatis, video yang diputar akan kembali lagi ke detik 0. Apa yang akan Anda lakukan? Apakah Anda mau membuang waktu 45 menit ke depan dengan sia-sia untuk memutar ulang video tadi?

Video Maniac
Untuk mengatasinya, gunakan aplikasi pihak ketiga bernama Video Maniac. Aplikasi ini menawari Anda untuk memutar video dengan mode portrait maupun lanskap. Pemutaran video dapat ditentukan pada menit dan detik tertentu. Selain itu, Video Maniac juga memungkinkan Anda untuk mengambil snapshot dari gambar yang tampil di layar.

Video Maniac (36KB) bisa Anda unduh secara gratis dari http://www.mobango.com/media_details/videomaniac/. Selanjutnya, untuk meng-install ke ponsel, salin file videomaniac.jar yang telah Anda unduh ke ponsel melalui kabel data, inframerah atau Bluetooth. Kini Anda dapat meng-install aplikasi yang telah diunduh ke ponsel.

Instalasi dan Penggunaan
1. Untuk memulai instalasi, masuklah ke File Manager, kemudian jalankan file .jar yang telah Anda unduh. Saat muncul konfirmasi mengenai instalasi, jawab dengan Yes. Tak lama kemudian, Video Maniac akan ter-install di ponsel Anda.

2. Setelah Video Maniac ter-install, jalankan aplikasi tersebut. Caranya, masuklah ke menu Applications pada ponsel, lalu carilah aplikasi Video Maniac pada daftar. Saat dijalankan, Anda akan dibawa ke file browser yang menampilkan folder C. Folder ini merupakan memori ponsel Anda. Jika Anda memasang kartu memori, akan muncul pula folder E.

3. Pilih salah satu folder yang berisi file video Anda. Selanjutnya, akan muncul daftar folder yang terdapat pada memori. Pilih folder dan file yang ingin Anda putar. File video Anda akan langsung diputar. Panah ke kiri digunakan untuk menampilkan video dalam mode portrait, panah kanan untuk menampilkan video dalam mode lanskap. Dalam mode lanskap, panah ke kanan digunakan untuk beralih dari mode stretch video selebar layar ke resolusi asli dan sebaliknya, sementara panah atas berguna untuk memutar ulang video dari awal. Dalam mode portrait, panah ke atas digunakan untuk beralih dari mode stratch video selebar layar ke resolusi asli dan sebaliknya, sementara panah kanan berguna untuk memutar ulang video dari awal.

4. Untuk melompat ke menit dan detik tertentu dalam video, tekan tombol soft keys di kanan atas ponsel. Akan muncul menu yang memungkinkan Anda untuk memasukkan posisi jam, menit dan detik yang ingin diputar. Setelah itu tekan OK. Video akan langsung dimainkan pada posisi waktu yang Anda pilih.

5. Selain memutarkan video pada detik tertentu, Video Maniac dapat digunakan untuk mengambil gambar snapshot atas video yang tampil. Cara mengambil gambarnya, tekan tombol soft keys di kiri atas ponsel. Sesaat kemudian akan muncul konfirmasi untuk pengambilan gambar. Jawab dengan Yes. Sesudah mengambil gambar, program akan menyimpannya ke memori ponsel. Saat proses ini berlangsung, Anda akan kembali dimintai konfirmasi untuk memberikan hak akses pada program untuk menulis file di memori ponsel. Jawab kembali dengan Yes.

Sumber: Sinyal

Filed under , having 2 comments  

Honda All-New City Bergaya Mobil Konsep

by kris joko


Inilah Honda City generasi ke-3 yang diberi nama “All-New City”. Resmi dijual ke publik sejak 10 September lalu. Thailand merupakan negara pertama yang meluncurkan All-New City. Hal itu bisa dimaklumi, karena di Negara Gajah Putih itulah City dibuat. Negara berikutnya adalah India.

Bagaimana dengan Indonesia? Belum ada konfirmasi pasti dari PT Honda Prospect Motor (HPM). Namun menurut berbagai pihak dari jaringan Honda, All-New City juga segera dipasarkan. Dikhabarkan pula, kini PT HPM lagi sibuk mengetes beberapa unit All-New City. Juga sudah mengantongi ijin impor CBU dari Departemen Perindustrian .

City pertama kali dipasarkan pada 1996. Kini dibuat di 7 negara dan dipasarkan ke 39 negara. Menurut pihak Honda, sampai Mei 2008, kumulatif penjualan City sudah satu juta lebih. Karena itulah, sedan ini dijadikan produk inti Honda di samping Civic, Accord, CR-V dan Jazz (Fit).

Mobil Konsep
Wajah All-New City berbeda jauh dibandingkan dengan pendahulunya New City. Penampilan sedan ini lebih gagah karena desain gril dan bumpernya dinamis. Bahkan bila diteliti lebih cermat, desain bagian depan sudah mengadopsi gril, bumper dan lampu mobil konsep Honda yang akan dipamerkan pada Paris Motor Show bulan depan, yaitu Honda Insight (hibrida), CR-Z (sport hibirida) dan FCX Clarity (hidrogen).

Dengan wajah barunya tersebut, City telah menjadi magnet bagi konsumen atau pengemar sedan kompak Honda di negara-negara Asia. Tak hanya konsumem Thailand membahas kemunculan All-New City ini, tetapi sudah sampai ke India, Pakistan, Malaysia dan tentu saja Indonesia.

Eksterior
Sebagai sedan kompak, dimensinya tidak berbeda jauh dengan New City. Untuk panjang dan lebar hanya berbeda dalam satuan milimeter. Dimensi yang cukup banyak mengalami perubahan hanya tinggi, 15 mm.

Dari depan, gril dan lampu, desainnya berubah total. Versi sekarang, lebih dinamis dengan gril krom berjenjang. Garis-garis gril terintegrasi dengan lampu depan membentuk busur panah. Bumper depan, berdimensi lebih besar memberikan kesan lebih bertenaga.

Samping, desainnya mengarah ke saudaranya yang lebih tua, Civic. Seluruh kaca samping atau pintu, di depan dan belakang, bagian atas melandai atau parabolik. Memberikan kesain lebih dinamis dan aerodinamika.

Di belakang, All-New City juga didesain ulang secara menyeluruh. Lampunya model baru, terdiri dari dua segmen, merah dan putih. Bagasi belakang lebih pendek, seperti Hyundai Avega.

Interior
Desain dan corak interior juga berubahtotal. Jok kini menggunakan warna hitam. Begitu juga dengan dashboard. Perpaduan ornamen atau aksetuansi pada All-New City memberi kesan ebih ekslusif dan mewah. Hal ini dilakukan Honda dengan menambahkan unsur krom pada bagian tengah dashaboard dan tempat tombol power window di pintu.

Panel instrumen juga mengalami perubahan. Pada sistem ini digunakan bulatan untuk indikator putaran mesin (paling kiri), speedomter (tengah) dan indikator mesin lainnya, misalnya, oli, suhu mesin dan sebagai pada (paling kanan). Komposisinya sama dengan All-New Jazz, namun detailnya berbeda.

Mesin
Sumber penggerak All-New City ternyata sama dengan All-New Jazz, yaitu mesin 1.500 cc, SOHC dengan i-VTEC (intelligent- Variable Valve Timing and Lift Electronic Control). Tenaga dan torsi yang dihasilkan mesin tidak berbeda. Dibandingkan dengan New City, mesin All-New City lebih besar 10 PS. Tenaga maksimum yang dihasil mesin All-New City adalah 120PS 6.600 rpm. Tenaga maksimum diperoleh pada putaran lebih tinggi dibandingkan dengan VTEC New City, yaitu 110 PS/5.800 rpm. Sedangkan yang diperoleh pada putaran sama, 4.800 rpm, hanya 0,2 kg-m lebih besar. Versi i-VTEC torsinya 14,8 kg-m (145 Nm). Menurut Honda, mesin ini sudah mencapai standar emisi Euro-4.

Dimensi
Lebar 1.695 mm
Tingi 1470 mm
Jarak Sumbu Roda 2,550 mm
Trek depan dan belakang: 1.476 mm dan 1.459 mm
Berat: 1.150 kg
Radius putar 5.0 meter
Kapasitas Tangki 42 liter

Mesin
Tipe: 1.5L SOHC i-VTEC
Kapasitas: 1,497cc
Diameter x Langkah: 73.0mm x 89.4mm
Perbandingan Kompresi: 10.4:1
Tenaga Maks.Max. : 120ps (88KW) / 6,600rpm
Torsi maks.: 145Nm (14.8Kgm) / 4,800rpm
Transmisi: 5 Speed Auto (CVT, Grade Logic Control) dan Manual
Perbandiangan gigi: 2.995, 1.678, 1.066, 0.760, 0.551
Perbandingan gigi mundur: 1.956
Perbandingan gigi akhir: 4.562


ZBJ

Filed under having 0 comments  

DreamSpark, Paling Gres dari Microsoft

by kris joko


Sumringah wajah Tony Chen, Presiden Direktur PT Microsoft Indonesia, Senin (8/9) sore ini. Berdekatan dengan masa membatalkan puasa, Tony mengatakan pihaknya dengan bangga meluncurkan DreamSpark.

Piranti lunak paling gres atau teranyar bikinan Microsoft ini, merupakan piranti untuk pengembangan dan desain. Diunduh gratis alias cuma-cuma, DreamSpark dimanfaatkan untuk pegembangan industri kreatif kini dan di masa mendatang.

Sasaran utamanya tentu anak muda atau tepatnya mahasiswa berpotensi. Microsoft percaya pada riset international data corporation (IDC) di 82 negara tahun lalu. Menurut data ini, inovasi teknologi bisa menciptakan 7,1 juta lapangan kerja baru sampai 4 tahun mendatang.

Tak cuma itu, masih menurut IDC, teknologi informasi bakal menyedot 42,5 juta tenaga kerja dalam kurun waktu yang sama. Ini berarti ada peningkatan sebanyak 25 persen.

"Teknologi punya kekuatan melakukan transformasi dan peningkatan kualitas pendidikan serta membentu perkembangan inovasi lokal," kata Tony Chen. Di negeri asalnya, AS, DreamSpark diluncurkan kali pertama di Sanford University California oleh Chairman Microsoft Coorporation Bill Gates, 19 Februari 2008.

Sementara secara global piranti ini telah diakses pascapeluncuran oleh lebih dari 35 juta mahasiswa di Inggris, AS, Kanada, China, Jerman, Perancis, Spanyol, Swiss, dan Belgia. Di Indonesia, sebanyak 400.000 mahasiswa atau 20 persen dari total mahasiswa diharapkan bisa memanfaatkan DreamSpark.

Di tanah air, Microsoft Indonesia meneken kerja sama kesepakatan dengan universtas negeri maupun swasta seperti Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Institut Teknologi 10 November (PENS ITS) Surabaya, Universitas Atmajaya, Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Gunadarma, Universita Pelita Harapan (UPH), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universita Bina Nusantara (Binus), Universitas Brawijaya (Unbraw), Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Parahyangan (Unpar), serta Universitas Ma Chung di Malang.

Implementasi DreamSpark di Indonesia membutuhkan waktu antara 0,5-1 tahun. Maka untuk tahap awal, sebelum seluruh universitas tadi terhubung dengan DreamSpark, ITB dan Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (Aptikom) akan menjadi IDP (Identity Provider). Usai kedua IDP berjalan baik, satu demi satu universitas tersebut bakal terhubung.

Piranti lunak yang tersedia dalam DreamSpark antara lain Microsoft Visual Studio 2008 Professional Edition, Windows Server 2003 edisi standard, Microsoft Expression Studio, XNA Game Studio 2.0, dan Microsoft SQL Server 2005 Developer Edition. Informasi lebih lengkap bisa diakses melalui www.DreamSpark.com.

Josephus Primus

Filed under having 0 comments  

Beli Mobil Bekas Jangan Cuma Dilihat

Friday, September 5, 2008 by kris joko


JIKA Anda punya niat beli mobil bekas untuk keperluan mudik Lebaran ke kampung halaman, jangan tergiur dengan bodi mobil yang mulus. Apalagi kendaraan yang diincar bukan tahun muda, katakanlah tahun pembuatan di bawah tahun 2000.

Untuk mengecek semua komponen, tentu tak cukup selesai satu hari. Ketika mesin di starter, tokcer, dan digas antara 2.000 dan 3.000 rpm tidak berebet. Apakah calon pembeli sudah cukup puas? Ditambah kondisi bodi agak mulus.

Metode itu belum cukup. Perlu dicoba tes jalan, dari situ bisa diketahui kondisi rem dan laju mobil. Dengan mengenali gejala penyakit umum ini, tentu bisa dijadikan bahan pertimbangan sekaligus persiapan dana untuk perbaikan jika memang ingin membelinya.


1. Setir bergetar pada kecepatan tertentu

Umumnya, penyakit ini disebabkan roda depan sudah tidak balans. Jika getaran itu juga dirasakan di bangku driver, kemungkinan roda belakang juga tidak balans. Jadi, balanskan keempat roda.

2.Ketika melindas gundukan, mobil memantul lebih dari dua kali
Kondisi ini lebih sulit dideteksi jika kecepatan melindas gundukan terlalu pelan. Coba gunakan kecepatan antara 10 km/jam sampai 15km/jam untuk melindas gundukan berikutnya. Bila ayunan berulang kali, disebabkan keausan atau kerusakan sokbreker.
Anda bisa memeriksa kondisi fisiknya setelah test drive. Dengan mengganti sokbreker baru dengan kisaran harga Rp 1-2 juta, masalah ini bisa tuntas.

3.Sejak kecepatan rendah, mobil terasa bergoyang
Jika Anda merasakan goyang bodi selaras dengan setir, bisa jadi salah satu pelek roda depan sudah peyang. Namun jika pelek roda belakang yang peyang, biasanya goyangan begitu terasa jika duduk di bangku belakang.
Untuk menyelesaikan masalah ini, Anda bisa mereparasi pelek dengan biaya sekitar Rp 150 ribu per piece. Usai test drive, tak ada salahnya Anda mengecek juga kondisi pelek ban serep. Penyebab lainnya, salah satu roda tidak terpasang dengan baik akibat adanya baut roda yang kurang kencang.

4. Ketika jalan lurus, posisi setir tidak lurus
Kemungkinan setir pernah dilepas dan ketika pemasangan kembali, posisi roda kemudi tidak lurus. Sehingga tidak selaras dengan arah ban. Kemungkinan lain adalah masalah sudut-sudut keselarasan roda. Dengan melakukan wheel alignment (spooring) di bengkel, masalah ini bisa dihilangkan.

Tapi jika Anda mengajak mekanik, sebaiknya cek pula komponen sistem kemudi. Terutama jika gejala ini muncul setelah Anda melindas gundukan atau lubang jalan. Indikator lainnya yakni kondisi keausan tapak ban yang tidak merata. Jika ini yang terjadi, perbaikan sistem kemudi bisa menelan biaya besar.

5. Ketika setir dilepas, mobil cenderung mengarah ke salah satu sisi.
Bisa juga pergeseran mobil, kekiri atau kekanan lantaran kemiringnan jalan. Untuk memastikan, periksa semua tekanan angina.
Pergeseran mobil terjadi di jalanan yang rata, perlu dilakuakn wheel alignment di bengkel. Terburuknya, disebabkan konstruksi sistem kemudi mengalami kerusakan dan harus dibawa ke bengkel.

6. Muncul suara berdengung dari roda.
Penyebabnya ada dua, bisa karena desain kembang ban yang cukup besar. Jenis ini biasanya untuk medan off-road
Coba periksa kondisi ban depan dengan meraba bagian pinggir tapaknya secara perlahan dalam dua arah. Namun hati-hati jika ada benang baja yang sudah keluar atau benda tajam lain. Ketika diraba ke satu arah terasa mulus, tapi saat berbalik arah Anda mendapati kembang ban lebih tajam atau kasar, kondisi ini bisa menimbulkan dengung.
Penyebab lain ban mendengung, kondisi laher roda yang kurang bagus, suaranya tidak sekeras dengung akibat kembangan ban yang besar. Tapi cukup mengganggu kuping

Filed under having 5 comments  

Ini Dia Kompetitor Jazz dan Yaris, Hyundai i20

by kris joko


Hyundai, produsen mobil nomor satu Korea mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan produk terbarunya sebagai pengganti Getz akhir tahun ini di Eropa, yaitu i20. Untuk perkenalan pertama kepada publik, i20 akan dipajang pada Paris Motor Show yang diselenggarakan dari 4 – 19 Oktober 2008.

Menarik sekali, Hyundai Motor Eropa (HME) telah membuat target untuk mobil sub-kompak ini, yaitu menjadikan “best seller”. i20 sekaligus akan dijadikan program baru Hyundai untuk menghasilkan mobil dengan emisi rendah yang diberi nama i20 blue.

i20 akan menjadi generasi baru jajaran produk Hyundai yang ditandai dengan awalan “i”. Mobil ini dirancang di Pusat Desain Hyundai di Eropa, Russelsheim, Jerman, ditampilkan dengan model hatchback 5 pintu. Meski dimensinya sama dengan Getz, namun dengan jarak sumbu rodan yang lebih panjang, i20 tampil atletis dengan interior lega. Motif desain Hyundai yang berbeda pada mobil ini adalah gril bagian atas yang dilapisi krom plus lampu depan berbentuk tetesan air. Warna bodi disatukan dengan bumper, kaca spion dan handel pintu.

Kuun Hee Ahn, presdir Hyundai Motor Eropa mengatakan,”i20 dirancang dan direkayasa untuk memenuhi selera dan tuntutan orang Eropa. Platform pengembangannya didasarkan pada kondisi jalan-jalan di Eropa. Kami yakin i20 akan sukses di sektor dengan perlengkapan lebih banyak, irit bahan bakar, interior lega dan penampilan yang lebih gagah dibandingkan dengan kompetitor.”

Cara yang dilakukan HME untuk mengurangi emisi gas buang, terutama CO2, adalah dengan mengirit konsumsi bahan bakar. Untuk itu bagian depan dan belakang dibuat lebih aerodinamis, hambatan gelinding ban diperkecil plus menggunakan oli dengan hambatan gesek rendah.

Bagi mereka yang suka efisiensi bahan bakar, i20 ini dipastikan sangat mengoda. Pasalnya, Hyundai akan memasang mesin diesel 1.4CRDi (common rail direct injection) yang menghasilkan tenaga 90PS, torsi 220 Nm dan transmisi manual 6 tingkat kecepatan. Kemampuan lainnya, emisi gas buangnya 99 g/km serta konsumsi bahan bakar 25 km/liter. Nah, penampilan dan kemampuuan di atas, kalau i20 dimasukkan ke Indonesia sebagai pengganti Getz, dipastikan Honda Jazz dan Toyota Yaris ketar-ketir.

Filed under having 1 comments  

Kapasitas Flash Disk Capai 64GB

by kris joko


Ada berita menggembirakan bagi pengguna USB flash disk. Transcend baru saja merilis sebuah USB flash disk dengan kapasitas raksasa, 64GB, pada seri V20-nya. Kapasitas ini sudah lebih besar jika dibandingkan SSD (solid state disk) yang saat ini digunakan pada netbook seperti Asus Eee PC 900 dan Acer Aspire One.

Mungkin karena kapasitasnya yang kian besar, Transcend V20 sedikit lebih panjang dibandingkan mayoritas USB flash disk. Dimensi V20 disebutkan 8,8x3,3x1,5 cm dengan bobot 24gram. Seperti lazimnya flash disk, V20 bisa berfungsi pada sistem operasi Windows, Mac, dan Linux. Software untuk fungsi kompresi dan/atau proteksi password untuk lebih mendayagunakan flash disk ini, seperti biasa, tersedia di situs resmi Transcend.

Belum diketahui berapa harga USB flash disk berkapasitas 64GB. Namun yang jelas, harganya tidak akan murah.

WIEK

Filed under , having 0 comments  

Anti Virus InfoKomputer (AVI) Siap Rontokkan Beragam Virus

by kris joko


Akhirnya tiba juga saatnya InfoKomputer memberikan sebuah perlindungan bagi PC Anda. Tepat pada awal September 2008 ini, Anti Virus InfoKomputer (AVI) versi beta untuk kali pertama diluncurkan. Lalu apa saja yang menjadi nilai lebih dari AVI sehingga layak untuk dicoba? mari kita telusuri bersama.

Untuk mendukung kinerja yang optimal, AVI membenamkan engine ANSAV yang bekerja sebagai sistem proteksi. ANSAV sendiri merupakan antivirus lokal yang memang dirancang untuk membasmi varian virus lokal dan beberapa virus mancanegara yang sering menyerang berbagai PC di negeri ini.

Beragam serangan virus lokal seperti Brontok, Kangen, Cabir, Alman, dan lain-lain dapat dimusnahkan menggunakan AVI. Saat ini, ada sekitar 300-an signatures virus yang bisa dikenali AVI. Nah, bagaimana jika ke depannya muncul virus baru? jangan kuatir karena update signature tersebut nantinya dapat dilakukan melalui update online atau melalui DVD regular yang disediakan InfoKomputer jika memang PC yang Anda gunakan tidak memiliki koneksi Internet.

AVI sendiri merupakan hasil kerjasama InfoKomputer dengan komunitas keamanan yang berbasis Yogyakarta. Hasil kembangan komunitas ini pastinya memberikan jaminan kualitas yang lebih baik dibanding aplikasi serupa yang juga membasmi virus lokal.

Kabar gembiranya, AVI segera beredar resmi melalui DVD regular majalah InfoKomputer mulai edisi September ini. Tersedia juga opsi lainnya, yaitu dengan mendownload secara gratis di http://www.infokomputer.com. Nah, selamat mencoba. (ipm)

Indah PM.

Filed under , having 0 comments  

Trafik Internet Dunia Tumbuh 53 Persen

by kris joko


Trafik internet global di seluruh dunia naik 53 persen dalam setahun terakhir. Kenaikan ini sedikit lebih rendah daripada setahun sebelumnya.

Data yang dirilis TeleGeography Research menunjukkan kenaikan 53 persen terjadi untuk periode pertengahan 2007 hingga pertengahan 2008. Setahun sebelumnya dengan periode yang sama mencapai 61 persen.

Meski trafik naik, kapasitas yang tersedia masih banyak tersisa. Rata-rata trafik Internet hanya memanfaatkan 29 persen dari lebar bandwidth yang tersedia.

Bahkan, kapasitas jaringan mengalami peningkatan lebih tinggi daripada kenaikan trafik. Misalnya ditandai dengan keniakan pembangunan infrastruktur kabel laut yang mencapai 62 persen.

Namun, kondisi yang berbeda dihadapi penyedia jaringan di AS yang mengalami kesulitan mengantisipasi ekspansi trafik Internet. Mereka bahkan harus membatasi download di kalangan pengguna yang gemar mengunduh file-file ukuran besar. Sementara kenaikan kapasitas jaringan di AS hanya 47 persen.

Meski tak menggambrkan kondisi trafik global, situasi di AS menjadi cermin tren ke depan. Apalagi pertumbuhan layanan video dan multimedia di Internet.

WAH

Filed under having 0 comments  

Sony Tarik 440.000 Laptop Vaio

by kris joko


Sony Corp menarik 440.000 laptop merek Vaio buatannya dari pasaran, sejak Kamis (5/9). Kebijakan tersebut diambil karena ditemukan cacat pada rangkaian yang dapat memicu terjadinya panas berlebihan.

Perusahaan elektronika terkemuka dari Jepang itu menyatakan masalah tersebut pada penempatan rangkaian di antara engsel yang menghubungkan badan laptop dan layarnya. Akibatnya, pelindung rangkaian mudah terkikis dan berisiko terjadi hubungan pendek (konsleting) yang menyebbakan panas. Masalah dalam rangkaian papan rangkaian dalam layarnya juga menyebabkan panas berlebihan pada pembungkus laptop.

Sebanyak 209 laporan telah masuk ke Sony yang mengeluhkan masalah tersebut. Bahkan tujuh kasus di antaranya sampai terbakar meski ringan. Laptop yang dinyatakan cacat terdiri dari 19 model dari seri TZ yang diproduksi antara Mei 2007 hingga Juli 2008.

Dua tahun lalu, Sony juga menarik produknya karena risiko konsleting dan panas berlebih bahkan sampai meledak. Saat itu, masalah terjadi pada baterai laptop termasuk yang dipasok Sony ke negara-negara lain.

WAH

Filed under having 0 comments  

Nama dan Karakter Seks Anda

Thursday, September 4, 2008 by kris joko


PENGGEMAR komputer, pemilik alamat e-mail, atau para milis, barangkali sering heran karena tiba-tiba mendapat kiriman tulisan yang entah dari mana asalnya. Kiriman tulisan itu kadang bisa membuat geram, sebal, risih, jijik, namun kadang ada pula yang bisa membuat kita tersenyum sendiri karena tergelitik. Berikut ini salah satu kiriman tulisan menggelitik yang masuk ke e-mail redaksi. Meski para milis sudah membaca tulisan yang aslinya berbahasa Inggris ini , tak ada ruginya kita membagi senyum pada khalayak yang lebih luas lagi.

Dikatakan, menurut sebuah studi, identitas seksual Anda bisa terbaca lewat huruf pertama nama Anda. Jangan percaya kalau uraiannya terasa memojokkan diri Anda, sebab kemungkinan besar huruf pertama nama penulis artikel ini adalah K:
A Anda tak romantis tetapi lebih tertarik pada tindakan. Bersama Anda, apa yang dilihat adalah yang didapat. Anda tidak punya kesabaran untuk bermain mata dan tak mau repot meladeni seseorang yang malu-malu kucing, manis, pura-pura sopan dan amat memikat hati. Anda adalah seseorang di garis depan. Ketika tiba saatnya berhubungan seks, tindakan adalah yang penting bukan isyarat-isyarat tak jelas. Daya tarik fisik pasangan adalah penting untuk Anda. Anda menemukan bahwa perburuan dan tantangan sangat menggairahkan. Dari penampilan luar Anda tidak tampak sebagai orang yang penuh gairah dan seksi. Anda tidak memberi tahu orang banyak tentang gairah dan keseksian Anda. Kebutuhan fisik adalah perhatian utama Anda.
B Anda menyemburkan getaran sensualitas yang malas. Anda menyukai suasana romantis, penuh dengan suasana jamuan makan malam penuh dengan anggur. Anda senang menerima hadiah-hadiah sebagai tanda cinta dari pasangan. Anda ingin dimanja dan tahu bagaimana memanjakan pasangan. Anda sangat pribadi dalam menunjukkan rasa cinta dan khususnya saat bercinta. Anda akan menahan semuanya sampai segala sesuatunya sesuai dengan persetujuan Anda. Anda dapat mengontrol hasrat dan puasa dari seks bila harus demikian. Anda membutuhkan sensasi dan pengalaman baru. Anda ingin bereksperimen.
C Anda adalah pribadi yang sangat sosial oleh karenanya penting untuk punya hubungan pribadi. Anda butuh kedekatan dan kebersamaan. Anda harus dapat bicara dengan pasangan sebelum, selama dan sesudah bercinta. Anda ingin obyek kasih sayang Anda dapat diterima secara sosial dan kelihatan ganteng/cantik. Anda melihat kekasih sebagai teman dan pendamping. Anda adalah orang yang sangat seksi dan sensual, butuh seseorang untuk menghargai dan hampir memuja diri Anda. Ketika ini tidak tercapai, Anda punya kemampuan untuk pergi dalam waktu lama tanpa aktivitas seks. Anda adalah seorang ahli dalam mengontrol keinginan.
D Sekali kepala Anda memberi tahu bahwa Anda butuh seseorang, Anda mulai bergerak dengan penuh semangat untuk mengejarnya. Anda tak menyerah dengan mudah. Anda adalah orang yang sangat ngemong dan peduli bila orang lain punya masalah. Anda adalah orang yang sangat seksi, bergairah, setia dan penuh semangat dalam membina hubungan meski kadang posesif dan pencemburu. Seks bagi Anda adalah hal menyenangkan yang harus dinikmati. Anda terdorong oleh hal eksentrik dan tak biasa, bebas dan terbuka.
E Kebutuhan terbesar Anda adalah bicara. Jika teman kencan Anda bukan pendengar yang baik, hubungan Anda bisa buruk. Pasangan Anda harus menarik secara intelektual. Jika tidak, Anda tak akan tertarik secara seksual padanya. Anda butuh teman untuk seorang kekasih sekaligus pendamping untuk teman tidur. Anda membenci ketidakharmonisan dan gangguan tetapi menikmati perdebatan sesekali ketika tampak membuat hal-hal menjadi rusuh. Anda senang main mata karena tantangan lebih penting dibanding tindakan seksual. Namun sekali Anda memberikan hati, Anda adalah orang yang sangat setia. Ketika Anda tak punya teman tidur yang baik, Anda akan tertidur dengan sebuah buku bagus di sisi Anda. (Terkadang, dalam kenyataan Anda lebih memilih buku yang baik).
F Anda termasuk orang idealis dan romantis serta seorang pemuja lawan-jenis. Anda mencari pasangan hidup yang terbaik. Anda senang main mata tetapi sekali berkomitmen, Anda sangat setia pada pasangan. Anda sensual, seksi dan bergairah secara pribadi. Di muka publik Anda tampak senang pamer, mewah dan gagah. Anda terlahir sebagai orang romatis. Adegan cinta dramatis adalah fantasi favorit Anda di masa silam. Anda adalah kekasih yang amat baik hati.
G Anda orang yang sangat pemilih, mencari kesempurnaan pada diri sendiri dan kekasih. Anda hanya menanggapi kekasih yang secara intelektual sama atau lebih dan orang yang dapat meningkatkan status. Anda orang yang sensual dan tahu bagaimana meraih puncak stimulasi erotis karena Anda mengerjakannya dengan amat cermat. Anda dapat menjadi seseorang yang amat aktif secara seksual ketika menemukan waktu yang tepat. Tugas-tugas dan tanggung jawab mengatasi hal-hal lain. Anda mungkin sulit dekat secara emosi pada seorang kekasih tetapi tidak kesulitan dekat secara seksual.
H Anda mencari pasangan yang dapat menaikkan reputasi dan mendapatkan keterampilan. Anda sangat baik terhadap kekasih sekali waktu menjalani komitmen. Hadiah-hadiah Anda sebenarnya merupakan investasi bagi pasangan. Sebelum menjalani komitmen, Anda cenderung berhemat dan berhati-hati terhadap pengeluaran dan kebiasaan berkencan serta sama hati-hatinya dengan keterlibatan secara seksual. Anda adalah kekasih yang sensual dan sabar.
I Anda memiliki kebutuhan besar untuk dicintai dan dihargai… bahkan keinginan untuk dipuja. Anda menikmati kemewahan, sensualitas dan kenikmatan ragawi. Anda mencari kekasih yang tahu apa yang dikerjakan. Anda tidak tertarik pada seorang amatir kecuali amatir yang membutuhkan seorang tutor. Anda cerewet dan menghabiskan banyak tenaga untuk membuat keinginan terpenuhi. Anda butuh eksperimen dan mencoba mode baru untuk kegiatan seks. Anda mudah bosan sehingga membutuhkan petualangan dan perubahan seksual. Anda lebih sensual daripada seksual tetapi kadang menurun menjadi terlalu bernafsu.
J Anda sangat romantis dan terkait dengan kemewahan cinta. Memiliki pasangan adalah hal yang sangat penting bagi Anda. Anda bebas dalam menyatakan cinta dan ingin mengambil kesempatan, mencoba pengalaman seks dan pasangan baru, membuat semuanya terasa enak. Otak memicu Anda. Anda harus merasa bahwa pasangan mendorong secara intelektual. Bila tidak, Anda akan kesulitan menjaga hubungan dengannya. Anda membutuhkan cinta, disayang, minum anggur dan makan malam untuk tahu bahwa Anda dihargai.
K Tak ada kata lain : Anda benar-benar luar biasa mengagumkan.
L Anda sangat romatis, idealis kadang percaya bahwa mencintai berarti berkorban.
Anda mengakhiri hubungan atau berhenti menarik hati orang yang punya masalah tak biasa. Anda melihat diri sendiri sebagai penyelamat kekasih. Anda tulus, penuh kasih, penuh nafsu dan mimpi. Anda mudah jatuh cinta. Anda berfantasi dan terdorong oleh film dan majalah. Anda tidak mengatakan rahasia hidup kepada orang lain. Tak juga fantasi seksual Anda.
M Emosional dan bersemangat. Ketika terlibat dalam sebuah hubungan, Anda melempar seluruh diri Anda di dalamnya. Tak ada yang bisa menghentikan Anda, tak ada satu palang pun yang menghalangi Anda. Anda habis-habisan dan mengidamkan seseorang yang sama penuh kasih dan bersemangat. Anda percaya pada kebebasan seksual total. Anda ingin mencoba semua. Pasokan energi seksual Anda tak ada matinya. Anda juga senang bertindak seperti ‘ibu’ bagi pasangan.
N Anda payah di tempat tidur.
O Anda sangat tertarik terhadap kegiatan seksual tetapi sangat tertutup dan malu mengakui hasrat ini. Anda dapat mengarahkan banyak dari energi seksual itu untuk menghasilkan uang dan atau mencari kekuasaan. Anda dengan mudah dapat memperpanjang periode lajang Anda. Anda penuh kasih, penuh gairah, pecinta seks menuntut hal yang sama dari pasangan. Seks adalah hal yang serius sehingga Anda meminta keragaman intensitas dan ingin mencoba semua. Kadang gairah Anda berubah menjadi posesif yang harus terus dicek.
P Anda sangat sadar akan norma sosial. Anda tak akan memikirkan melakukan sesuatu yang membahayakan citra atau reputasi. Penampilan itu penting. Oleh karenanya Anda membutuhkan pasangan yang kelihatan tampan/cantik. Anda juga butuh pasangan yang pandai. Anehnya, Anda kadang memandang pasangan sebagai musuh untuk mendorong getaran seks. Anda relatif bebas dari gangguan seksual. Anda mau bereksperimen dan mencoba cara-cara baru. Anda sangat sosial dan sensual. Anda menikmati main mata dan membutuhkan cukup banyak penghargaan dari segi fisik.
Q Anda butuh aktivitas dan dorongan konstan. Anda punya banyak sekali energi fisik. Tidak mudah bagi seorang pasangan untuk tetap bersama dengan Anda, baik secara seksual maupun hal lain. Anda adalah kekasih yang antusias dan cenderung tertarik pada orang dari kelompok etnis lain. Anda butuh roman, jantung hati dan bunga dan banyak perbincangan untuk menaikkan gairah dan berlanjut ke kegiatan seks.
R Anda orang yang sangat logis dan sangat berorientasi pada tindakan. Anda butuh seseorang yang dapat mengikuti langkah dan secara intelektual menyamai, lebih cerdas lebih baik. Anda menjadi bergairah lebih cepat karena dorongan pikiran dibanding badan yang indah. Namun ketertarikan fisik amat penting bagi Anda. Anda harus merasa bangga pada pasangan. Secara pribadi Anda sangat seksi tapi Anda tak meminta, Anda ingin berlaku sebagai guru. Seks itu penting, karenanya Anda dapat menjadi pasangan yang sangat menuntut.
S Anda sangat tertutup, menahan diri dan malu. Anda sangat seksi, sensual dan bergairah tetapi tak membiarkan hal ini. Hanya dalam keintiman pribadi Anda membiarkan alam membuka rahasia Anda. Ketika seks menjadi hal fundamental, Anda adalah seorang ahli. Anda tahu semua trik kecil, dan sanggup bersandiwara atau bermain-main dan membuat kehidupan cinta menjadi sangat serius. Anda punya kesabaran untuk menunggu orang yang tepat.
T Anda sangat sensitif, pribadi dan pasif secara seksual. Anda menyukai pasangan yang mengambil pimpinan. Musik, lampu temaram dan pikiran romantis menaikkan gairah Anda. Anda berfantasi tetapi tidak mudah jatuh cinta. Ketika sedang kasmaran, Anda romantis, idealis, menggelegak dan amat bersemangat. Anda menikmati saat pikiran dan perasaan terdorong, terangsang dan tergoda. Anda adalah orang yang mahir dalam bermain mata. Anda mampu membuat hubungan sesuai dengan mimpi, seringkali yang ada di kepala Anda.
U Anda bersikap antusias dan idealis ketika sedang jatuh cinta. Ketika tidak sedang jatuh cinta, Anda jatuh cinta dengan cinta itu sendiri dan selalu mencari seseorang untuk dipuja. Anda melihat roman sebagai tantangan. Anda adalah seorang penjelajah dan butuh petualangan, kehebohan dan kebebasan. Anda hanya berurusan dengan hubungan yang potensial. Anda merasa nikmat memberi hadiah dan nikmat melihat pasangan terlihat cantik/tampan. Dorongan seks Anda kuat dan bernafsu untuk langsung dikagumi. Anda ingin menempatkan kesenangan pasangan di atas keinginan diri sendiri.
V Anda pribadi individualis dan butuh kebebasan, ruang dan kehebohan. Anda menunggu sampai kenal seseorang dengan baik sebelum berkomitmen. Mengenal seseorang berarti menjiwainya. Anda merasa butuh mengerti isi kepalanya untuk mengerti apa yang membuatnya bergerak. Anda tertarik pada orang bertipe eksentrik. Seringkali ada perbedaan usia antara Anda dan pasangan. Anda menikmati bahaya, gairah dan ketegangan. Adegan gay membuat Anda bergairah meskipun Anda bukan gay sama sekali.
W Anda sangat bangga, tekun dan menolak tak menjawab tantangan ketika mengejar cinta. Ego Anda dipertaruhkan. Anda romantis, idealis dan sering jatuh cinta dengan cinta itu sendiri dan tidak melihat pasangan sebagai dirinya sendiri. Anda merasa benar-benar melemparkan seluruh diri Anda ke dalam hubungan. Tak ada yang terlalu baik untuk pasangan. Anda menikmati percumbuan.
X Anda butuh stimulasi konstan karena mudah bosan. Anda dapat berpacaran dengan lebih dari satu orang dengan mudah. Anda tak dapat mematikan pikiran. Anda terus bicara selagi bercinta. Anda punya hubungan cinta yang hebat, semuanya oleh diri sendiri dan di dalam kepala.
Y Anda seksi, sensual dan sangat mandiri. Bila tak mendapatkannya dengan cara Anda sendiri, Anda menghentikan segala sesuatunya. Anda ingin mengontrol hubungan yang tidak selalu berjalan dengan baik. Anda merespon dorongan fisik, menikmati sentuhan di leher dan menghabiskan berjam-jam hanya untuk menyentuh, merasakan dan mengeksplorasi. Namun jika Anda menghabiskan waktu mencari uang, Anda akan menghentikan kesenangan ragawi ini sementara waktu. Anda meraa perlu membuktikan pada diri sendiri dan pasangan betapa hebatnya Anda sebagai seorang kekasih. Anda ingin umpan balik soal kinerja. Anda teman tidur yang terbuka, mendorong dan romantis.
Z Bagi Anda bisnis harus didahulukan dibanding urusan seks. Jika Anda diganggu urusan karir, bisnis atau urusan uang, Anda akan susah untuk rilek dan mendapat mood untuk bercinta. Anda idealis romantis terhadap tanggung jawab dan merasa harus sangat sensual. Anda tak pernah kehilangan kontrol terhadap emosi. Anda sangat hati-hati sebelum memberikan hati dan tubuh untuk urusan satu ini. Sekali Anda berkomitmen, Anda akan lekat seperti lem.


ABD

Filed under having 0 comments  

Google Maps for Mobile, Navigasi tanpa Ponsel GPS

by kris joko


Saat ini telah beredar berbagai jenis ponsel yang mendukung GPS. Masing-masing ponsel memiliki dukungan peta yang beragam. Ada yang hanya mendukung kota-kota besar, dan ada yang dapat digunakan sampai ke pedesaan.

Sayangnya rata-rata ponsel yang memiliki dukungan GPS masih relatif mahal. Namun jangan kuatir. Kita yang tidak punya ponsel GPS bisa menggunakan Google Maps for Mobile.


Google Maps (http://m.google.com/maps) merupakan aplikasi gratisan dari Google yang membantu Anda menemukan suatu lokasi, termasuk penunjuk jalan, alamat dan nomor telepon. Dalam pengoperasiannya Anda memiliki dua opsi: peta standar dan citra satelit. Jika menggunakan modus peta, tampilan yang Anda dapatkan akan sama dengan melihat peta di atlas. Sedangkan bila mengaktifkan citra satelit, Anda akan mendapatkan tampilan riil permukaan bumi pada layar seperti menggunakan Google Earth di PC.

Pengenal Lokasi dan Penunjuk Arah

Selain berfungsi sebagai peta dengan dua modus tampilan, Google Maps menyertakan fitur My Location. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menemukan lokasi Anda sendiri di peta.


Pada ponsel yang memiliki fitur GPS, pengenalan lokasi dapat dilakukan dengan sangat akurat, dengan koordinat. Sementara bagi ponsel yang tidak dilengkapi dengan GPS, keakuratan fitur ini berada dalam radius 1km. Informasi lokasi Anda didapat dari lokasi BTS yang Anda gunakan untuk mengakses Google Maps.


Berbekal kehebatan fitur My Location tadi, berbagai aplikasi lainpun dikembangkan. Dengan menggabungkan kemampuan My Location dengan mesin pencari lokal milik Google, Anda dapat menemukan tempat-tempat menarik yang berada di sekitar Anda. Jika ingin tahu lokasi café terdekat misalnya, dengan satu kali tekan tombol di ponsel Anda akan memperoleh daftar café yang berada di sekitar Anda beserta jam beroperasi dan nomor teleponnya.


Fitur lainnya yang bisa Anda peroleh ialah penunjuk arah. Berdasarkan informasi lokasi awal yang diperoleh dari fitur My Location, Anda bisa menentukan lokasi tujuan dan jalan yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan tersebut, yang akan diberikan secara otomatis.


Sayangnya, dalam percobaan yang dilakukan Sinyal, Google Maps gagal menemukan posisi penulis. Google menunjuk lokasi penulis berada di Bogor, padahal penulis sedang berada di Bali. Ini menyebabkan penunjuk arah tidak dapat bekerja dengan akurat. Namun, kondisi ini masih bisa dimaklumi mengingat fitur My Location masih dalam uji coba alias versi beta. Jika Anda juga mendapati Google Maps gagal mendeteksi lokasi Anda, supaya Anda tidak kesasar lagi dengan fitur My Location, tekan angka 0 pada pad untuk mematikan fitur ini.

Di beberapa kota besar di dunia, Anda bisa mendapatkan kemampuan Google Maps yang lebih hebat lagi. Dari aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan jadwal bus dan subway, sekaligus bisa membantu menentukan tempat dan waktu transit yang diperlukan. Tak sampai di situ saja, Anda juga dapat memantau kepadatan lalu lintas berdasarkan warna merah, kuning atau hijau yang ditampilkan pada peta.

Warna hijau menandakan kendaraan dapat bergerak dengan kecepatan di atas 50 mph, warna kuning menandakan kepadatan lalu lintas memungkinkan berkendara dengan kecepatan 25 sampai 50 mph sementara kurang dari itu akan diwarnai dengan warna merah. Informasi ini didapat secara real time berdasarkan kondisi sebenarnya.

Persyaratan Sistem
Sebenarnya persyaratan untuk menjalankan Google Maps for Mobile tidaklah berat. Anda bisa menggunakan berbagai merk, jenis dan tipe ponsel yang mendukung Java, termasuk berbagai gadget dengan sistem operasi Windows Mobile, Palm, Symbian, ataupun Blackberry.

Yang membuat Google Maps for Mobile begitu “berat” ialah akses datanya. Google Maps membutuhkan akses internet real time secara terus menerus untuk mendapatkan informasi terkini yang ada di server, serta pengunduhan peta dan citra satelit untuk area-area yang Anda akses. Belum lagi jika Anda melakukan pencarian dari Google Maps. Akumulasi penggunaan data akan menjadi sangat besar.

Sinyal menyarankan Anda untuk menggunakan akses data unlimited atau setidaknya paket data saat menggunakan aplikasi ini jika tak ingin tagihan seluler Anda bulan depan meledak atau pulsa menjadi 0 dalam sesaat.

Instalasi
Meng-install Google Maps for Mobile di ponsel sangat mudah. Anda cukup mengunjungi http://m.google.com/maps dari ponsel dan menglik link untuk download. Saat muncul konfirmasi untuk pengunduhan, jawab dengan Yes. Usai mengunduh, Anda akan mendapat konfirmasi untuk proses instalasi. Jawab lagi dengan Yes. Tak lama kemudian, Google Maps akan terinstal di ponsel Anda.

Cara Pakai Google Maps
1. Setelah Google Maps ter-install, jalankan aplikasi tersebut. Caranya, masuklah ke menu Applications pada ponsel, lalu carilah aplikasi Google Maps yang menggunakan Icon bergambar kompas. Saat pertama kali menjalankan, Anda akan melihat Google Maps menanyakan apakah Anda memperbolehkan aplikasi tersebut untuk mengakses Internet atau tidak. Anda harus menjawab Yes pada pertanyaan ini agar Google Maps dapat berkomunikasi dengan server Google.

2. Sesaat kemudian fitur My Location akan bekerja dan Anda akan dibawa ke lokasi di mana Anda terdeteksi. Anda dapat menggunakan panah kiri, kanan, atas dan bawah untuk berpindah ke area yang tidak terlihat di layar. Proses ini akan membutuhkan beberapa saat karena Google Maps harus mengunduh gambar untuk area baru tersebut.

3. Untuk melihat gambar lebih detil, lakukan zoom dengan menekan angka 3 pada pad. Untuk kembali ke posisi zoom awal, tekan angka 1. Saat melakukan zoom lagi-lagi Anda harus menunggu beberapa saat untuk proses unduh gambar dari server.

4. Untuk menggunakan penunjuk arah, masuklah ke menu Directions. Tentukan lokasi awalnya pada bagian Start Point dan lokasi tujuan pada bagian End Point. Tak lama kemudian, Google Maps akan menunjukkan arah jalan untuk menuju tempat tujuan Anda.

5. Menemukan lokasi tertentu di Google Maps sangatlah mudah. Anda tinggal menekan menu Search dan memasukkan apa yang Anda cari. Anda boleh memasukkan nama tempat, nama jalan, tempat-tempat wisata, dan sebagainya. Setelah tempat favorit ditemukan, Anda dapat menyimpannya dengan menekan tombol * pada pad ponsel. Di jendela Favourites terdapat sembilan tempat yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan lokasi favorit Anda. Di kemudian hari, untuk kembali ke lokasi favorit Anda, cukup aktifkan menu favorit, lalu pilih lokasi yang terdapat pada daftar.

6. Jika Anda ingin beralih dari mode citra satelit ke peta, tekan angka 2 pada pad ponsel. Selamat menjelajah dunia dengan Google Maps.


TIP: Seiring dengan berjalannya waktu dan akses yang Anda lakukan, ukuran aplikasi Google Maps akan semakin besar. Anda dapat membersihkan memori dengan mereset Google Maps. Caranya, masuklah ke menu Help > Reset Google Maps > Reset Google Maps.



Sumber: Sinyal

Filed under , , having 0 comments  

Chrome Rebut Pasar 1% dalam 9 Jam Saja

by kris joko

Browser baru Google, Chrome, langsung tancap gas dengan perolehan pangsa pasar 1% hanya sembilan jam setelah rilisnya. Kendati masih terlalu dini untuk menentukan browser mana yang pangsanya dicaplok Chrome, angka awal ini mengindikasikan awal kesuksesan Chrome.

Tingginya pangsa pasar Chrome ini sebenarnya tidak mengagetkan mengingat liputan luas tentang Google Chrome selama dua hari lalu. Layanan news Google sendiri mencatat bahwa ada lebih dari 3000 artikel yang membahas Chrome pada hari Selasa dan Rabu kemarin.

Namun angka 1% ini termasuk besar untuk pangsa pasar browser dunia. Kendati sulit memperkirakan berapa banyak/sering Chrome yang diunduh, tetapi dengan asumsi ada sekitar 1,46 milyar pengguna Internet, berarti perlu setidaknya 14 juta download untuk menjaga angka 1% itu agar tetap stabil. Demikian menurut data Net Applications.


Apa yang menarik dari Chrome? Browser ini, begitu klaim Google yang membuatnya, tidak bisa crash. Namun – mungkin karena masih versi beta – dengan dua ketukan tombol keyboard, Chrome akan crash. Ini dilaporkan oleh seorang pembaca situs TGDaily yang mengetikkan karakter “:%” dalam kolom URL. Begitu kedua karakter itu dimasukkan, akan muncul pesan “Whoa! Google Chrome has crashed. Restart now?”

Filed under , having 0 comments  

Google Bikin Browser Web Sendiri

Tuesday, September 2, 2008 by kris joko


Perang persaingan dalam layanan Internet antara Microsoft dan Google belum berakhir. Tak lama setelah Microsoft merilis Internet Explorer 8 versi beta 2, Google mengungkapkan browser web yang dikembangkannya.

Browser yang akan diberikan cuma-cuma itu diberi nama Chrome. Perkenalannya ke komunitas maya sangat unik karena menggunakan cerita komik yang lugas dan menjelaskan mengenai browser tersebut secara gamblang.

Mulai Selasa (2/9), aplikasi tersebut direncanakan dapat diunduh (download) di 100 negara dan baru dapat dipakai pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows. Google menyatakan masih mengerjakan versi lainnya untuk dipakai pada sistem operasi Macintosh dari Apple dan Linux.

Dalam blog resmi yang ditulis pejabat Google Senin (1/9), Chrome diklaim menawarkan fasilitas mengakses web lebih baik.Web broser ini menyediakan akses ke berbagai materi multimedia lebih cepat dan nyaman karena telah dilengkapi JavaScript virtual machine yang multiproses. Untuk mencegah phising dan pencurian data web, Chrome juga memiliki fitur membuka aplikasi berbasisi web tanpa toolbar dan address bar yang juga dikembangkan Mozilla dalam proyek yang disebut Prism.

"Web semakin baik dengan lebih banyak pilihan dan inovasi," ujar Sundar Pichai, wakil presiden untuk manajemen produk Google. Apalagi, aplikasi tersebut dibangun dengan platform open source sehingga lebih fleksibel dikembangkan komunitas.

Masuknya Google ke pasar web browser menandai makin panasnya persaingan di ranah Internet. Sebelumnya Google berupaya menggerus pasar pengguna aplikasi pengolah dokumen dengan memperkenalkan Google Docs yang dapat diakses online. Google juga membatasi dominasi Internet Explorer dengan mendukung browser web Firefox buatan Mozilla yang saat ini telah meraup 10 persen pangsa pasar.

Dengan iming-iming bagi hasil iklan, Mozilla memasang mesin pencarian Google di halaman resminya. Kontrak kerja sama tersebut telah diperpanjang hingga 2011.

Google mungkin berharap dapat meraup pangsa pasar lebih besar dengan produk mereknya sendiri. Namun, nama besar Google di ranah maya bukan jaminan keberhasilan setiap layanannya. Instant messaging Gtalk dan layanan email Gmail sejauh ini masih di bawah layanan serupa dari Yahoo amupun Microsoft. Buakn tidak mungkin, Chrome juga bakal menjadi pesaing baru bagi Firefox.

Filed under , having 3 comments  

7 Teknik Mendinginkan Emosi

by kris joko


Dalam sebuah hubungan, pertengkaran memang tidak bisa dihindari. Jika tidak hati-hati, masalah kecil akan menjadi besar. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, simak tips mendinginkan suasana ini.

1. Tenang
Ambil jeda waktu beberapa menit ketika muncul perasaan ingin ‘meledak’. Anda bisa pergi ke ruangan lain dan lepaskan ‘ledakan’ itu di sana. Bila perlu, ambil waktu lebih panjang. Setelah tenang, temui kembali pasangan dan selesaikan masalah dengan kepala dingin.

2. Hindari Kata ’Selalu’ Dan ‘Tidak Pernah’
“Kamu selalu begitu” atau “Kamu tidak pernah mengerti perasaanku”. Ucapan ini sering terlontar ketika kita marah pada pasangan. Padahal, penggunaan kata-kata ini akan semakin memperuncing pertengkaran. Hindari ucapan tersebut atau coba katakan lebih spesifik dan jelas.

3. Stop Berultimatum
Apa pun masalahnya, pertengkaran bukan akhir sebuah hubungan. Jadi, jangan mengeluarkan ultimatum atau mendeklarasikan hubungan Anda telah berakhir. Fokuskan perhatian pada inti masalah. Jangan biarkan diri Anda terbawa suasana.

4. Jangan Katakan “Aku benci Kamu”
Apa pun yang Anda rasakan saat bertengkar, jangan pernah sekali pun mengeluarkan ungkapan benci. Apalagi jika sebenarnya Anda tidak bermaksud seperti yang Anda katakan. Ungkapan seperti, “Aku benci kalau kamu bersikap seperti itu”, akan lebih enak didengar dibandingkan “Aku benci padamu”.

5. Toleran
Taktik bagus untuk menenangkan dan mendinginkan suasana adalah dengan berkata lembut dan halus pada pasangan yang sedang ‘panas’ hati. Bersikaplah lebih toleran, sabar dan tempatkan diri Anda di posisinya. Jika Anda tak pernah melakukan hal ini pada pasangan, jangan harap dia akan berbuat sama pada Anda.

6. Jangan Akhiri Pertengkaran Dengan Pertengkaran
Maksudnya, jangan mengomentari pertengkaran yang telah lewat secara berlebihan. Tidak penting siapa yang mulai menyela atau berteriak, jika Anda dan dia telah setuju dan berdamai. Hentikan tindakan atau ucapan yang dapat menyulut pertengkaran baru.

7. “Maaf”
Kata ini memang memiliki kekuatan magis yang besar dan bekerja sangat baik dalam menyelesaikan pertengkaran. Mintalah maaf kalau pernah berlaku tidak baik selama pertengkaran, meski Anda merasa tidak bersalah dalam pertengkaran tersebut.

Bagian terbaik dari sebuah pertengkaran adalah saat berbaikkan. Jadi, berbaikanlah. Nyatakan perasaan cinta Anda dan peluk dia!


Erma Dwi Kusumastuti

Filed under having 0 comments  

10 Jurus Rawat Mesin Agar Mudik Indah

Monday, September 1, 2008 by kris joko


Mesin adalah nyawanya mobil. Sekarang ini ada dua macam dapur pacu, bensin dan diesel. Satu sama lain, perlakukannya sedikit berbeda.

Sebelum diajak bertempur mudik, persiapannya harus prima. Ada komponen-komponen penting yang harus disetel atau diganti. Berikut adalah komponen mesin yang mesti diperhatikan.

1. Oli. Ibarat darah pada manusia. Kalau kondisinya bagus dan cocok dengan mesin, hasil pasti menggembirakan. Cara terbaik, ikuti rekomendasi dari pabrik masing-masing mobil. Bila ingin menggunakan merek lain, samakan SAE dan API Service-nya. Juga harus diketahui tahun pembuatan mesin dan jenis.

2. Saringan oli. Walaupun waktu pemakaian belum habis, sebaiknya diganti saja.

3. Saringan udara. Mau irit dan tenaga perkasa, saringan udara harus bersih. Caranya, kalau fisiknya masih oke, bisa dibersihkan. Kalau tidak, harus diganti.

4. Saringan bahan bakar. Untuk mesin bensin yang masih menggunakan karburator, saringan bensin bisa diganti sendiri. Tetapi untuk mesin yang sudah menggunakan injeksi, harus ke bengkel atau ditangani montir yang sudah ahli.
Untuk mesin diesel, saring solarnya sebaiknya diganti kalau memang sudah dipakai cukup lama.

5. Klep. Sebaiknya disetel. Lebih praktis dibawa ke bengkel.

6. Pengapian. Hanya untuk mesin bensin. Pada mesin lama, masih bisa diutik sendiri. Pada mesin sekarang, harus menggunakan jasa mekanik bengkel. Sebaiknya bengkel resmi. Namun bagi mobil yang relatif baru, umur 0-5 tahun masalahnya belum begitu sering.

7. Sistem pendingin. Bukan hanya radiator. Kondisi slang karet dan klem harus diperiksa, terutama bagi mobil sudah cukup umur. Biasanya karetnya rengas atau retak.
Kipas radiator harus bekerja dengan baik. Perhatikan arah putarnya dan kerja kipas untuk mesin yang menggunakan kipas elektrik. Untuk jenis ini, kipas baru hidup bila mesin panas. Sebaliknya, kalau mesin dingin, kipas.

8. Kipas. Untuk mesin yang masih menggunakan kipas mekanis dan kopling silikon, ketegangan tali kipas harus diperiksa. Begitu juga dengan kondisi fisik tali kipas. Untuk mengetahui kondisi seluruh sistem pendingin, perhatikan suhu mesin, terutama saat berada pada kemacetan lalu lintas. Jika suhu lebih tinggi dari normalnya, bawalah kendaraan Anda ke bengkel yang dipercaya agar penanganan dapat dilakukan dengan tepat dan cepat.

9. Termostat dan tutup radiator. Komponen sistem pendingin lain , seperti termostat dan tutup radiator harus pula diperhatikan dengan cermat. Keduanya bisa menimbulkan masalah kalau kondisinya tidak normal. Terakhir, tentu saja cairan pendingin. Jangan menggunakan sembarangan air karena komposisi kimia di setiap daerah berbeda. Sebaiknya gunakan “coolant” yang memang sudah diracik untuk sistem pendingin mesin.

10. Aki. Sebagai penyimpan energi harus mendapat perhatian serius. Apalagi untuk mesin-mesin injeksi mutakhir. Aki adalah sumber tenaga komputer. Untuk aki basah, elektrolit harus cukup dan tidak ada sel yang rusak. Aki basah, terminal lebih cepat korosif dibandingkan dengan aki kering. Bersihkan kedua terminal aki agar dapat mengalirkan tenaga listrik secara maksimal. Terutama untuk menghidupkan mesin (start) atau saat beban listrik banyak. Misalnya, AC on, penghapus kaca bekerja dan lampu depan hidup.

Filed under , having 0 comments