When this life becomes more difficult, I hope my starlight will stay to give me little hopeness in this black holes darkness sky

krisjoko

Nugget Ayam Bukan Makanan Sampah

Tuesday, October 28, 2008 by kris joko


TIDAK semua makanan instan rendah gizi, contohnya nugget ayam. Meskipun tergolong sebagai bahan makanan yang mudah dan cepat dimasak, daging ayam yang diberi bumbu dan pelapis ini sangat kaya protein. Terdapat juga asam amino, lemak, karbohidrat, beberapa jenis vitamin dan mineral.

Salah satu kebutuhan masyarakat perkotaan saat ini adalah tersedianya bahan makanan yang praktis, yaitu yang bersifat ready to cook (siap untuk dimasak) dan ready to eat (siap untuk dimakan). Ready to cook artinya hanya membutuhkan sedikit waktu untuk menyiapkan dan menghidangkannya. Contoh paling populer dari makanan ready to cook adalah makanan instan, yang umumnya membutuhkan waktu pemasakan 1–3 menit.

Belakangan ini di pasaran juga tersedia makanan ready to cook dalam bentuk beku. Makanan dalam bentuk beku memiliki banyak keunggulan, khususnya terkait dengan upaya penyelamatan nilai gizi dan cita rasa. Zat gizi umumnya mudah rusak selama masa penyimpanan dan distribusi yang dilakukan pada suhu kamar. Teknik pembekuan yang dilakukan pada suhu yang tepat, sangat berguna untuk memperpanjang masa simpan produk dan manfaat zat gizi yang terkandung di dalamnya.

Salah satu bentuk makanan beku yang saat ini sangat digemari masyarakat luas adalah nugget. Umumnya berbentuk pipih, bulat, kotak, atau bentuk lain yang menarik perhatian anak-anak (seperti huruf atau hewan). Produk tersebut tersedia di supermarket atau outlet dalam berbagai merek dagang, kemasan, cita rasa, tekstur, dan harga jual. Harganya sangat bervariasi dari Rp 10.000 hingga 30.000 atau lebih per kemasan.

Produk Beku
Jenis yang banyak dijual di pasaran adalah nugget ayam (chicken nugget) dan nugget ikan (fish nugget). Hingga saat ini nugget ayam lebih banyak dikonsumsi daripada nugget ikan. Hal tersebut terkait dengan ketersediaan bahan baku dan pola makan masyarakat. Jenis daging yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah: 56 persen daging unggas (terutama ayam), 23 persen daging sapi, 13 persen daging babi, 5 persen daging kambing, dan 3 persen jenis lainnya.
Rasa nugget jauh lebih gurih dibandingkan daging ayam atau ikan goreng biasa. Hal tersebut disebabkan pengaruh bumbu yang dicampurkan ke dalam adonan sebelum digoreng. Rasa nugget sangat bervariasi, tergantung dari komposisi bahan dan jenis bumbu yang digunakan.

Pada dasarnya nugget merupakan suatu produk olahan daging berbentuk emulsi, yaitu emulsi minyak di dalam air, seperti halnya produk sosis dan bakso. Nugget dibuat dari daging giling yang diberi bumbu, dicampur bahan pengikat, kemudian dicetak menjadi bentuk tertentu, dikukus, dipotong, dan diselimuti perekat tepung (batter) dan dilumuri tepung roti (breading). Selanjutnya digoreng setengah matang dan dibekukan untuk mempertahankan mutunya selama penyimpanan.

Nugget merupakan salah satu bentuk produk beku siap saji, yaitu produk yang telah mengalami pemanasan sampai setengah matang (precooked), kemudian dibekukan. Produk beku siap saji ini hanya memerlukan waktu penggorengan selama 1 menit pada suhu 150 derajat C. Ketika digoreng, nugget beku setengah matang akan berubah warna menjadi kekuning-kuningan dan kering. Tekstur nugget tergantung dari bahan asalnya.

Bahan Baku dan Peralatan
Bahan baku utama yang dibutuhkan dalam pembuatan nugget ayam adalah daging ayam, khususnya yang berasal dari bagian dada tanpa tulang dan kulit (boneless skinless breast) dan bagian paha tanpa tulang dan kulit (boneless skinless leg).

Bahan baku pembantu terdiri dari minyak nabati untuk menggoreng produk supaya matang, fosfat untuk meningkatkan stabilitas emulsi dan daya ikat air dari daging, air (dalam bentuk air es) sebagai media pelarut dalam pencampuran bahan sehingga menjadi lembut, bahan pelapis (coater) yang terdiri dari batter dan breader.

Batter yang digunakan umumnya berupa susu cair (milkwash) yang berfungsi untuk melapisi daging dan sebagai media perekat bagi breader. Sebelum digunakan untuk melapisi daging, milkwash harus diencerkan dengan air hingga mencapai viskositas (kekentalan) tertentu. Breader merupakan bahan pelapis yang berbentuk granula atau butiran-butiran kasar yang digunakan untuk melapisi produk setelah penambahan milkwash. Breader umumnya berupa tepung roti atau panir.

Bumbu (spices) yang ditambahkan pada pembuatan nugget ayam sangat bervariasi antarprodusen, tetapi umumnya terdiri dari garam dan rempah-rempah. Garam dapur berfungsi sebagai pemberi cita rasa dan pengawet produk. Rempah-rempah yang digunakan merupakan campuran dari bawang putih, bawang merah, ketumbar, lada, dan flavor ayam. Semua bahan tersebut sudah dapat diperoleh dalam bentuk bubuk, sehingga sangat praktis dalam penggunaannya.

Peralatan utama yang dibutuhkan adalah mincer meat untuk menggiling daging sehingga dihasilkan daging cincang, meat cutter untuk melembutkan dan mencampur daging ayam cincang dengan bahan-bahan penunjang, alat pencetak untuk membentuk potongan-potongan nugget, tangki perebusan untuk memasak adonan nugget yang telah dicetak, shower untuk mendinginkan nugget setelah proses perebusan agar suhu turun dengan cepat, refrigerator untuk menyimpan produk setengah matang hasil perebusan.

Proses Pembuatan
Di tingkat industri, bahan baku nugget umumnya berupa daging ayam beku. Langkah pertama yang harus dikerjakan adalah melakukan proses pelayuan daging (tempering), yaitu dengan cara menaikkan suhu daging dari beku menjadi dingin (chill) di ruang dingin (chill room).

Daging yang telah dilayukan kemudian dicincang dengan alat penggiling (mincer meat) dan diperkecil ukurannya (diperhalus) dengan meat cutter. Hancuran daging selanjutnya dicampur dengan bumbu hingga diperoleh adonan yang tercampur merata. Proses pencampuran tersebut dilakukan pada suhu rendah untuk mempertahankan kualitas adonan.

Adonan yang telah terbentuk kemudian dicetak sesuai bentuk dan ukuran yang diinginkan. Selanjutnya dilapisi dengan susu cair (milkwash) dengan kekentalan tertentu dan ditaburi (coating) tepung roti (breader) hingga permukaannya tertutup rata.

Nugget kemudian dimasak dalam dua tahap, yaitu penggorengan dan pengovenan. Penggorengan dilakukan dengan merendam produk pada minyak goreng panas selama beberapa saat. Hasilnya berupa nugget yang belum mengalami pematangan penuh. Oleh karena itu, nugget harus dilewatkan ke dalam oven melalui konveyor berjalan. Pada tahap ini, nugget diberi uap jenuh panas sehingga mengalami pematangan penuh. Selain untuk mematangkan produk, proses ini juga berguna untuk membantu memperbaiki tekstur pada produk akhir.

Produk yang telah matang kemudian dibekukan dengan mesin pembeku (freezer) sampai membeku sempurna. Suhu pembekuan memegang peran penting terhadap daya simpan nugget. Nugget beku yang dihasilkan kemudian dikemas dengan kantong plastik jenis polyethylene. @

Penulis : Prof. DR. Made Astawan, Departemen Teknologi Pangan Dan Gizi-IPB

Filed under having 2 comments  

Mengapa Pria Buru-Buru Ingin Seks?

by kris joko


WANITA biasanya menganggap pria hanya ingin seks. Pendapat ini tentu saja salah karena sebenarnya pria mendambakan kasih sayang seperti halnya wanita, bukan seks. Namun, sebelum pria membuka hati dan menerima kasih sayang pasangannya, terbangkitnya nafsu seks adalah prasyarat.

Menurut John Gray, Ph.D, dalam Mars and Venus in The Bedroom, wanita perlu dipuaskan secara emosional sebelum ia mendambakan hubungan seks. Sebaliknya, pria mendapatkan sebagian besar kepuasan emosional selama melakukan hubungan seks. Banyak wanita tidak memahami hal ini.

Alasan tersembunyi mengapa pria sedemikian rupa tergesa-gesa melakukan hubungan seks adalah agar dapat merasakan kembali cinta di dalam dirinya. Sepanjang hari ia begitu terfokus pada pekerjaan, sehingga ia kehilangan sentuhan perasaan cinta di hatinya.

Bagi pria, menyelesaikan tugas menjadi lebih penting daripada menghabiskan waktu menjelajahi perasaannya. “Pria membutuhkan seks untuk mendalami perasaannya,” kata John. Namun, jangan salah, perasaan atau kepekaan yang berlebihan akan menjadi rintangan bagi dia, pesan Anne Hooper dalam KISS Guide to Sex.

Seks bagi pria adalah cara yang pasti untuk dapat merasakan sesuatu secara intens. Wanita tak memahami ini karena mereka memiliki persyaratan yang lain untuk merasakan perasaannya secara penuh. Pria membutuhkan rasa aman secara emosional untuk berbicara tentang perasaannya. Seperti halnya komunikasi penting bagi wanita, begitu pula pentingnya seks bagi pria.

Ketika wanita mulai memahami perbedaan ini, hendaknya jangan memandang nafsu seks sebagai kasar dan jauh dari perasaan cinta, melainkan sebaiknya sebagai upaya memandang dan menemukan cinta. Bahkan, di saat ini adalah waktu yang tepat bagi wanita untuk merasa sensual dengan menarik perhatiannya, tulis Anne. Tentu saja tanda-tanda ini hanya diberikan kepada pasangan Anda, bukan lelaki iseng!

Filed under having 2 comments  

7 Alasan Jadi Vegetarian

Friday, October 17, 2008 by kris joko


Ada banyak alasan seseorang memilih menjadi vegetarian. Salah satunya mungkin sama atau malah menginspirasi Anda.

1. For Animal’s Sake
Anda penyayang binatang? Ini bisa jadi salah satu alasan menjadi vegetarian. Banyak orang memutuskan menjadi vegan karena tak tega melihat binatang disembelih untuk dimakan. Inilah alasan etika yang banyak digembar-gemborkan orang-orang Barat.

2. Hidup Lebih Berwarna
Sayur dan buah memiliki banyak warna. Semakin berwarna semakin sehat makanan Anda. Misalnya, sayur dan buah berwarna oranye dan hijau, kaya akan beta karoten. Manfaatnya, tak hanya ampuh menangkal radikal bebas, tapi juga menjauhkan tubuh dari sel kanker. Sementara, sayur dan buah berwarna kemerahan, kebiruan dan keunguan seperti plums, ceri, paprika, blueberry, dan kedelai hitam, mengandung antisianin. Manfaatnya, mencegah proses oksidasi yang terjadi secara dini dan menimbulkan penyakit degeneratif.

3. Sehat Lebih Lama
Dengan menjadi vegetarian, kita terhindar dari semua lemak hewani. Kita tahu, lemak hewani merupakan sumber kolesterol yang jadi salah satu pemicu penyakit jantung dan kanker. Selain itu, tubuh juga akan mendapat banyak serat dari sayuran dan buah. Bahan makanan ini sumber antioksidan yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Oh ya, meski hanya mengonsumsi sayuran, buah dan kacang-kacangan, tak perlu takut terkena osteoporosis. Asupan kalsium bisa dicukupi dari kacang-kacangan, tempe, tahu, susu kedelai dan sayuran berwarna gelap seperti bayam dan brokoli.

4. Berat Badan Stabil
Karena asupan lemak dari hewani berkurang, Anda tak perlu lagi takut kegemukan. Namun, jangan takut kelaparan juga. Makanan sehat seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan buah-buahan cukup kok memenuhi semua kebutuhan tubuh. Bahkan bisa membantu Anda mendapatkan berat tubuh ideal. Dengan rajin makan sayur dan buah, otomatis tubuh kita mengonsumsi banyak serat. Dijamin, pencernaan akan lancar dan racun-racun di tubuh pun bisa keluar setiap hari.

5. Hemat
Kita tahu produk daging dan olahannya termasuk bahan makanan yang harganya mahal. Mengurangi konsumsi daging dan menggantinya dengan sayuran dan kacang-kacangan, artinya Anda telah menghemat pengeluaran belanja harian atau jatah uang makan siang. Coba bandingkan ketika Anda makan di warung makan dengan mengunakan daging sebagai lauk dan menggunakan tahu atau tempe sebagai lauk. Pengeluaran Anda pasti jauh beda.

6. Cegah Global Warming
Jangan kaget dulu, apalagi tertawa! Fakta yang diungkap FAO tahun 2006 menjelaskan bahwa daging merupakan komoditi penghasil emisi karbondioksida paling tinggi (20%). Ini bahkan melampaui jumlah emisi gabungan dari semua kendaraan di dunia. Kok bisa? Ternyata industri ternak telah menghasilkan 9% racun karbondioksida, 65% nitrooksida, dan 37% gas metana. Selain itu, industri ternak juga memerlukan banyak energi untuk mengubah ternak menjadi daging siap konsumsi. Untuk memproduksi 1 kg daging saja misalnya, dihasilkan emisi karbondioksida 36,4 kilo. Wah!

7. Save Energy
Saat ini krisis energi dan pangan merebak ke seantero muka bumi. Ingin hemat energi? Salah satunya dengan menjadi vegetarian atau setidaknya kurangi sumber makanan hewani. Seperti dijelaskan di atas, bahan makanan hewani membutuhkan lebih banyak konsumsi energi dalam produksi dan suplainya dibanding makanan nabati. Menurut U.S. Geological Survey, untuk membuat satu tangkup hamburger, misalnya membutuhkan setidaknya 1.300 galon air. Jadi, tidak heran jika produk pangan hewani dan junk food memerlukan lebih banyak energi dibanding dengan mengolah sayuran, buah dan beras.


Erma Dwi Kusumastuti

Filed under , having 6 comments  

Bohong, Matahari Terlihat 36 Jam

by kris joko

Informasi dari internet yang beredar di kalangan masyarakat akhir-akhir ini mengenai matahari akan terlihat atau menyinari selama 36 jam pada 17 Oktober 2008 di wilayah Indonesia merupakan kabar bohong. Matahari akan tetap bersinar selama rata-rata 12 jam di Indonesia.

Demikian dikemukakan peneliti utama bidang astronomi astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaludin, serta Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Mezak Arnold Ratag secara terpisah, Rabu (15/10) di Jakarta.

”Sistem rotasi Bumi sering disebut memiliki gerak gasing dengan kemiringan sumbu sebesar 23,5 derajat, tetapi tetap tidak memungkinkan wilayah ekuator mendapatkan sinar matahari sampai 36 jam dalam 2.400 tahun sekali seperti dinyatakan dalam kabar bohong itu,” kata Thomas Djamaludin.

Mezak menuturkan, penyinaran matahari di wilayah ekuator, termasuk Indonesia, yang memiliki batas koordinat 11 derajat Lintang Selatan (LS) sampai 6 derajat Lintang Utara (LU) rata- rata melihat sinar matahari hanya selama 12 jam plus atau minus 45 menit. Kemungkinan matahari dapat terlihat selama 36 jam sangat tidak mungkin.

Thomas menjelaskan, kabar bohong mengenai astronomi tidak hanya terjadi sekali ini. Ia mencontohkan, pada 27 Agustus 2004 juga pernah beredar informasi berupa purnama ganda. ”Ketika itu yang dimaksudkan purnama pada Bulan dan planet Mars secara bersamaan. Namun, tetap saja tidak dapat dikatakan purnama ganda karena keduanya terlihat dari Bumi tampak sama sekali berbeda ukurannya,” kata Thomas.

Filed under , having 1 comments  

Honda All-New Odyssey Lebih Ceper dan Sensual

by kris joko


Honda Motor Co, Jepang meluncurkan salah satu produk andalannya di segmen MPV yang juga sangat dikenal di Indonesia, yaitu All-New Odyssey. MPV Honda ini modelnya mengalami perubahan total. Ditambahkan, mulai besok (17/10), kendaraan ini dijual untuk konsumen Jepang

Fitur baru Odyssey adalah posturnya yang lebih ceper. Untuk ini Honda menurunkan tinggi lantai All-New Odyssey, termasuk atapnya. Meski begitu, ruang interior MPV ini lebih luas dibandingkan versi sebelumnya. Tinggi total MPV ini sekarang 1.545 mm.

Varian
Pada peluncuran ini, diperkenalkan tiga varian All-New Odyssey, yaitu M, L dan Li. Juga ditawarkan dua sistem penggerak, yaitu gerak roda depan dan 4 x 4 (4WD). Nantinya juga akan diluncurkan versi yang lebih mewah, yaitu Absolute dengan penampilan sporty dan mesin yang lebih galak.

Untuk interior, juga ada beberapa varian, antara lain, warna “gold” yang memberi kesain sporty dan dinamik, hitam dengan kesan elegan. Perlengkapan yang disertakan berbeda pada setiap varian

Penampilan
All-New Odyssey tampil lebih gaya, tegas, elegan dan sporty dibandingkan pendahulunya berkat, kontour dan sudut-sudut bodi yang bundar. Menurut Honda, konsep baru ini diaplikasikan dengan target mampu membangkitkan perasaan orang untuk melihat, menaikki dan mengemudinya. Lantas tentu saja menikmati mobil sebagai kendaraan keluarga moderen yang nyaman dan aman.

Postur kendaraan ini lebih ramping. Honda menyebutnya lebih sensual dan dinamis. Dari samping, kendaraan ini memang kelihatan seperti siluet cairan dengan satu garis gerakan dari kap depan sampai ke atap belakang (konsep inilah yang digunakan sebagai iklan teaser sebelum MPV ini diluncurkan).

Pengembangan lain yang dilakukan adalah memperbaiki mutu pilar-pilar pintu. Tujuan agar lebih kuat namun dimensi bisa diperkecil. Dengan ini, selain semakin aman, juga memberikan pandangan yang makin luas, baik bagi pengemudi maupun penumpang yang berada di dalamnya.

Teknologi Baru
MPV Honda ini dilengkapi teknologi pengaman baru, yaitu sistem kamera dari berbagai sudut. Untuk versi khusus, juga ada tambahan jok depan yang dapat disetel (naik-turun atau diputar) hanya dengan menekan tombol. Versi terakhir ini akan dipasarkan di Jepang 13 November 2008.

All-New Odyssey ini merupakan generasi keempat dari Odyssey yang mulai diperkenalkan pada 1994. Versi terbaru ini lebih mengedepan hubungan antara manusia dan mesin. Honda berharap, kendaraan ini bisa memberikan kebebasan kepada seluruh penumpangnya dan menciptakan suasana mobilitas yang berbeda.

Harapan konsumen yang ditawarkan Honda pada produk baru ini adalah konsumsi bahan bakar yang lebih irit dan lingkungan emisi makin rendah. Untuk itu, Honda memasang mesin 2,4 liter, DOHC, i-VTEC plus transmisi CVT yang bekerja torque converter (kombinasi otomatik konvensional dan CVT). Dijelaskan, selain target bahan bakar dan emisi bisa dicapai, performa kendaraan juga makin mantap dan memuaskan.

Berdasarkan hasil tes untuk versi standar, konsumsi bahan bakar 13,2 km/liter. Untuk itu, semua fitur kontrol menggunakan DBW atau “drive by wire”. Juga ada tambahan mode ECON untuk menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit, yaitu kombinasi pengontrolan CVT dan AC untuk mengurangi beban mesin.

Filed under having 0 comments  

Awas, Sakit Kulit akibat Pakai Ponsel

by kris joko


Isu radiasi bagi pengguna ponsel bukan hal yang baru. Namun penyakit kulit gara-gara ponsel? Nah ini berita baru. Dan itulah yang dikemukakan oleh asosiasi dermatologis Inggris (British Association of Dermatologists - BAD).

Asosiasi yang beralamat di bad.org.uk ini memperingatkan para dokter tentang apa yang disebut “dermatitis ponsel”. Penyakit ini adalah ruam yang berkembang di wajah atau jari-jemari akibat kontak berulang dengan ponsel yang mengilat.

Eh serius, ini bukan lelucon. Menurut BAD, setelah kontak yang agak lama, nickel alloy di handset dapat menyebabkan kulit memerah dan gatal. Biasanya, si pipi atau wilayah telinga si penderita menjadi merah, dan muncul ruam-ruam yang gatal setelah ia berlama-lama menggunakan ponsel (akibat handset bergesekan dengan wajah). Ruam-ruam itu bahkan dapat menyebar ke jari-jemari mereka yang getol ber-SMS.

Dalam rilis pers-nya, BAD menuduh handset yang harganya lebih mahal sebagai biang kerok. “Penyelidikan yang lebih teliti mengungkapkan bahwa reaksi itu disebabkan oleh nikel dalam handset ponsel, yang sering ditemuan pada casing atau tombol-tombol ponsel, khususnya di model yang paling cantik,” begitu tulis BAD.

Pada studi yang dirilis lebih dulu tahun ini, para dokter di AS melakukan pengujian terhadap nikel di 22 handset populer dari delapan produsen, dan mendapatkan 10 di antaranya memang mengandung nikel.

“Hampir setengah dari ponsel yang kami spot tested itu mengandung nikel bebas. Tombol-tombol menu, logo dekoratif di headset dan bingkai metalik di sekitar layar LCD adalah tempat (nikel) yang paling umum. Handset dengan desain yang lebih memikat seringkali memiliki akses metalik dan casing-nya lebih mungkin mengandung nikel bebas,” kata Dr Lionel Bercovitch (salah satu penulis studi dari Brown University, Rhode Island).
Sementara itu BAD mengatakan bahwa 30% penduduk Inggris menderita alergi terhadap nikel. Perempuan khususnya lebih mudah terjangkit dermatitis ponsel karena kulit mereka sudah sensitif terhadap nikel yang berasal dari perhiasan. BAD menyarankan mereka yang memiliki ruam di wajahnya untuk berkonsultasi dengan dokter.

WIEK

Filed under having 0 comments  

Memangku Laptop, Katanya Berbahaya

Saturday, October 11, 2008 by kris joko


Sebagai pengguna laptop, Anda pasti tahu bahwa setelah dipakai beberapa saat perangkat itu akan terasa sedikit hangat. Memang jika Anda meletakkan laptop itu di meja, hanya sedikit kehangatan itulah yang akan Anda rasakan. Namun jika Anda memangkunya, hmmm, Anda bisa membahayakan kesehatan Anda.

Benarkah memangku lapotp berbahaya? Bukti pasti tentang itu memang belum ada. Namun pada tahun 2002, sebuah surat ke jurnal kesehatan The Lancet mengisahkan bagaimana seorang ilmuwan Swedia yang berusia 50 tahun telah membuat bagian intim dari tubuhnya terbakar setelah ia menggunakan laptop di pangkuan selama satu jam, tentu saja dengan berpakaian lengkap. Serem ya?

Namun ada yang lebih mengerikan, khususnya bagi kaum adam. Sebuah riset menunjukkan hubungan kuat antara kenaikan temperatur di (maaf) biji kemaluan dan berkurangnya jumlah sperma. Salah satu studi menemukan bahwa meningkatkan suhu harian rata-rata (maaf) biji kemaluan satu derajat saja telah mengurangi konsentrasi jumlah sperma sampai 40%.

Bagi para lelaki muda, dampak dari laptop yang panas ini bisa jauh lebih lama. Studi yang dilakukan di State University of New York di Stony Brook mengukur suhu daerah intim dari 29 sukarelawan sehat ketika mereka merapatkan pahanya untuk memangku laptop. Setelah satu jam, suhu daerah itu meningkat rata-rata 2,1 derajat Celcius. Ketika eksperimen ini diulangi dengan benar-benar memangku laptop, kenaikan suhu bertambah 0,7 derajat C.

Dr Yefim R Sheynkin (Associate Professor of Urology di Stony Brook) mengatakan bahwa “peningkatan jangka pendek tak-berulang di temperatur (maaf) kantung kemaluan itu bersifat reversibel.” Tetapi ia juga mengingatkan bahwa paparan berulang yang sering tidak akan memberi fungsi (maaf) biji kemaluan kesempatan untuk pulih sepenuhnya, yang bisa menyebabkannya cacat permanen.

Panas, Panas …..
Tidak ada satu pun komponen dalam komputer yang dirancang khusus untuk menghasilkan panas, tetapi kebanyakan menghasilkan panas sebagai efek samping. Putaran jarum pada harddisk, prosesor dan chip grafis biasanya menghasilkan panas yang paling besar.

Pada PC desktop cukup mudah melakukan pendinginan (melalui kipas yang kuat dan juga luasnya kantung udara di dalam casing). Namun pada PC berfisik kecil yang dijinjing-jinjing ini, proses pendinginan memang menjadi sebuah tantangan tersendiri.
Pada umumnya laptop, panas dihalau dari prosesor melalui heatsink, yang kemudian didinginkan oleh sebuah kipas kecil.

Prosesor laptop masa kini bekerja pada sekitar 50 derajat C, dan suhu itu bisa meningkat sampai di atas 90 derajat C jika kinerjanya didongkrak. Jika suhu ini dibiarkan tidak terkontrol, prosesor bisa terbakar. Karena itulah chip masa kini punya sensor panas dan bisa menurunkan kecepatannya jika menjadi terlalu panas.

Mendinginkan laptop secara efektif bukanlah sekadar menjaga agar setiap komponen bekerja pada suhu operasi yang cocok. Panas harus mengalir ke luar. Jika tidak, panas akan menumpuk di bagian-bagian laptop yang bersentuhan dengan penggunanya, seperti bagian alas, keyboard, dan dudukan tangan (palmrest).

Laptop yang dirancang dengan baik menghalau panas dari lokasi-lokasi tersebut. Pada beberapa model, panas bahkan diteruskan melalui engsel layar dan tutup notebook, sehingga bisa tersalurkan ke luar.

Pakai Meja
Jadi apa yang dilakukan untuk menurunkan panas yang diantarkan laptop ke pangkuan Anda? Cara paling mudah adalah memperbesar jarak antara keduanya dengan selalu meletakkannya di meja kerja. Namun jika terpaksa memangkunya, gunakan ‘tatakan’, bantal, atau meja laptop khusus atau paling tidak, sebuah majalah yang tebal di antara laptop dan paha Anda.

Saat ini kebanyakan laptop juga menyertakan software yang dapat mendinginkan dirinya. Para manufaktur biasanya membundelkan program manajemen daya yang memungkinkan Anda mengatur kinerja berbagai komponen.

Ini tidak cuma menghemat daya batere dengan mengurangi kecepatan clock prosesor dan mematikan komponen-komponen seperti harddisk yang menganggur setelah beberapa lama, tetapi juga dapatmengurangi keluaran panas. Mengatur prosesor ke daya terkecilnya, membiarkan harddisk berhenti berputar setelah beberapa menit dan membiarkan kipas pendingin pada setelan medium atau tinggi bisa mengurangi suhu laptop Anda.

Seiring dengan kian cepat dan hebatnya komputer, para manufaktur pun dipaksa mempertimbangkan panas dari komponen-komponen yang dipakai agar bisa tetap dingin. Contoh, kecepatan bus memori yang meningkat berarti memori laptop SODIMM juga dapat menghasilkan panas yang cukup besar. Untuk mengatasinya, Intel mengembangkan modul memori dengan sensor thermal yang, seperti prosesor, bisa menurunkan kecepatan memori untuk menghemat daya dan mengurangi panas.

Walaupun pasti akan muncul beragam inovasi lain untuk membantu pendinginan laptop, mereka harus berpacu dengan prosesor, memori dan sistem grafis yang semakin hebat. Saat ini memang tidak ada studi pasti yang menghubungkan laptop yang panas dengan masalah kesuburan atau gangguan kesehatan, tetapi laptop yang dingin di luar pasti akan membuat penggunanya nyaman.

PERHATIAN: Titik Panas Laptop Anda

Sebuah laptop bisa menjadi sangat panas. Di mana saja titik-titik panas tersebut?

Biasanya bagian terpanas dari laptop (bisa mencapai 46,6 derajat C) terjadi di bagian atas keyboard dan bagian tengah dudukan pergelangan tangan ( wrist rest), karena di situlah letak prosesor dan juga komponen pendingin. Bagian bawah layar biasanya juga cukup hangat. Bagian ini menjadi tempat bagi elektronika pengontrol.

Yang juga merupakan titik panas adalah bagian bawah laptop. Di sini suhunya bahkan bisa mencapai 50 derajat C.

WIEK

Aah... Ooh... Gerakkan Kursor di Layar Komputer

by kris joko


Selama lebih dari 20 tahun, kehadiran mouse sangat membantu pengguna komputer karena dapat menggerakkan kursor ke segala arah. Puluhan tahun, mouse dikendalikan dengan tangan, namun ke depan mungkin lebih efektif cukup dengan suara.

Katakan aah... maka kursor di layar akan bergerak ke arah timur laut. Ooh... akan menggerakkan kursor ke arah tenggara. Mau lurus ke bawah (selatan) katakan saja ooo... sedangkan gerakan angka delapan dengan ucapan aww. Kecepatan gerakan kursor dapat diatur dengan mengubah volume suara. Untuk membuka link halaman web cukup katakan suara "klik".

Hal tersebut dapat dilakukan berkat bantuan software yang disebut Vocal Joystick. Software yang dikembangkan para peneliti di Universitas Washington, AS ini awalnya dimaksudkan untuk membantu para penyandang tuna daksa menggunakan komputer dengan lebih mudah. Selain untuk mengandalikan kursor, software ini juga dapat dipakai untuk mengendalikan saklar, lengan robotik, dan alat kontrol lainnya yang terhubung dengan komputer.

"Kebanyakan software pembantu tidak berguna karena terlalu kompleks. Namun, saya yakin mereka telah menciptakan sesuatu yang intutitif di sini," ujar Kurt L. Johnson, profesor dari Departemen Rehabilitasi Kedokteran di universitas tersebut. Ia mengatakan demikian karena software tersebut telah terbukti handal saat dicoba pada banyak orang dengan level kecacatan yang berbeda-beda.

Instalasinya juga mudah karena hanya dibutuhkan mikrofon dan sound card standar. Tim yang dipimpin Jeff Bilmes dari departemen teknik elektro berharap prototipenya dapat dipamerkan secara online bulan ini.

Filed under , having 1 comments  

Semakin Optimis, Otak Semakin Cerah

Tuesday, October 7, 2008 by kris joko


DAERAH yang jauh di belakang mata itu menjadi aktif ketika orang berpikir mengenai hal baik yang terjadi di masa depan. Semakin optimis seseorang, area itu semakin cerah. Itu tampak dalam pemindaian otak sebagaimana dilaporkan ilmuwan dalam studi kecil yang dipublikasi secara online di The Journal Nature.

Bagian sama dari otak yang disebut rostral anterior cingulate cortex (rACC) kelihatan mengalami gangguan ketika orang depresi, demikian kata Elizabeth Phelps dari New York University dan Tali Sharot of University College London yang ikut dalam penelitian itu.

Para ahli dalam penelitian itu melakukan pemindaian MRI (Magnetic Resonance Imaging) terhadap 15 orang ketika mereka sedang memikirkan kemungkinan di masa depan. Ketika partisipan memikirkan soal kejadian baik, baik rACC maupun amigdala yang terlibat dalam respon emosi dan ketakutan diaktifkan. Namun, korelasi dengan optimisme terbesar ada pada cingulate cortex.

“Studi yang sama juga menemukan bahwa orang cenderung berpikir bahwa kejadian bahagia sudah dekat dan terlihat lebih jelas dibandingkan kejadian jelek, bahkan ketika mereka tak punya alasan untuk mempercayainya,” sebut Phelps. Psikolog sudah lama menyebut itu sebagai bias optimisme, tetapi studi terbaru memberikan detail-detail baru.

Ketika para peneliti meminta subjek untuk berpikir mengenai 80 kejadian berbeda di masa depan yang mungkin baik, buruk atau netral, mereka kesulitan berpikir negatif atau bahkan netral mengenai masa depan.

“Contohnya, ketika diminta memikirkan potongan rambut di masa depan, orang membayangkan potongan rambut terbaik dalam hidup mereka, bukannya potongan rambut biasa,” kata Phelps.

“Studi itu dinilai masuk akal dan menarik bersama-sama bagian baru dan berbeda dari riset soal optimisme dan otak,” kata Dan Schacter, profesor psikologi dari Harvard University yang tak tergabung dalam penelitian itu.

Sebenarnya membiarkan otak untuk berpikir optimis itu merupakan hal baik. “Sebab jika Anda pesimis mengenai masa depan, Anda tak akan termotivasi melakukan tindakan,” kata Phelps.


DIY

Filed under having 2 comments  

Malware Mengancam Telepon Genggam

by kris joko


Para ahli keamanan memperingatkan kerentanan mulai mengincar para pengguna telepon genggam di seluruh dunia. Sejauh ini, mereka mengidentifikasi sebanyak 500 virus atau malware (malicious software) lainnya yang menyerang telepon genggam.

Telepon dinilai rentan terhadap jenis ancaman keamanan yang sama dari malware seperti yang dihadapi personal komputer. Malware adalah program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan tertentu dari penciptanya dan merupakan program yang mencari kelemahan dari software. Umumnya malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software, misalnya sistem operasi ponsel.

"Makin banyak telepon itu dapat melakukan fungsi yang sama dengan yang dilakukan komputer pribadi, makin besar peluang benda tersebut memiliki kerentanan serupa," demikian laporan tersebut. Virus penyerang telepon genggam yang paling terkenal ialah Commwarrior-A, malware yang diidentifikasi pada 2005 dan menyebar ke telepon yang menggunakan sistem operasi Symbian melalui teks pesan.

Banyak ahli mengatakan ada segala cara malware telepon genggam itu dapat membuat gangguan. Banyak ahli keamanan khawatir hacker segera dapat menggunakan GPS yang dibuat di dalam banyak telepon genggam untuk melacak lokasi pemiliknya.

Satu generasi baru jenis spyware yang diberi nama snoopware menyusup ke telepon gengam dan dapat menghidupkan mikrofon atau kamera. Dengan ini hacker dapat mendengarkan pembicaraan pemilik telefon atau melihat sekitar mereka.

Secara umum, ancaman malware di telepon genggam berkembang sejak smartphone tersebar makin luas. Perangkat tersebut terdiri atas satu segmen pasar telepon genggam yang berkembang paling cepat dan kini memiliki pangsa pasar 12 persen dari seluruh telepon yang dijual setiap tahun.(ANT)

Filed under , having 0 comments  

Pininfarina B0 Diproduksi Tahun Depan!

by kris joko


TEKAD berbagai perusahaan untuk memproduksi mobil listrik makin bergelora, Kalau perlu dengan kerja sama. Cara itulah yang ditempuh Pininfarina yang selama ini hanya merancang mobil untuk merek-merek terkenal, seperti Ferrari, Ford, Volvo, dan sebagainya. Akhir tahun depan dipastikan Pininfarina akan memproduksi mobil listrik yang saat ini dipamerkan di Paris Motor Show, yaitu B0 (B Zero). Padahal, menjelang akhir September lalu Pininfarina menjadwalkan kembali beberapa proyek pembuatan mobil berkenaan dengan ekonomi global yang tidak menentu.

Dari segi desain, mobil listrik yang ditampilkan Pininfarina ini ibarat gadis seksi. Orang tak cukup memandangnya sekilas. Kalau ada kesempatan dipelototi, diraba, dikagumi, lantas diimpikan. “Suatu saat harus memilikinya!”

Untuk mewujudkan hal tersebut, rumah desain yang bermarkas di Torino itu bergandengan dengan kelompok usaha dari Italia, Bolloré, memproduksi B0 secara massal. Rencana yang lebih dahsyat, B0 akan dipamerkan di Geneva tahun depan, dan tampil dengan versi produksinya!

Andrea Pininfarina
Bagi Pininfarina, B0 sekaligus dipersembahkan kepada CEO mereka yang meninggal Agustus lalu, Andrea Pininfarina. Karena itu pula, pada rilisnya, pemikiran Andrea dijadikan penggantar.

“Untuk memikirkan, menggambar, merancang, dan membuat mobil tak cukup dengan proses mental yang hebat. Juga tidak menyederhanakan pilihan bisnis. Juga, tanggung tanggung jawab sosial adalah segala-galanya,” ungkap Andrea Pininfarina ketika bertekad mewujudkan B0 berapa bulan sebelum meninggal.

Sampai 250 km
Di Paris Motor Show yang masih berlangsung saat ini, BO kebetulan berada dekat stan Honda. Perusahan Jepang ini gencar mempromosikan Insight, mobil hibrida yang ditawarkan dengan harga kompetitif. Meski begitu, daya tarik B0 tetap tinggi dan diulas banyak media otomotif. Inilah yang membuktikan, BO bukan sekadar estalase, tetapi dambaan yang akan menjadi kenyataan.

Mobil empat pintu, hatchback, empat penumpang ini diproduk bersama antara Pininfarina dan Bolloré. Cukup menarik, kedua perusahaan mengatakan segera meningkatkan produksi baterai yang digunakan pada B0. Pasalnya, baterai yang dibuat sendiri oleh Bolloré yang punya pengalaman memproduksi komponen kapasitor selama 30 tahun.

Baterai B0 berukuran tipis, bisa untuk menempuh jarak 250 km sekali charge (jarak Jakarta-Bandung). Kecepatan tertinggi yang bisa dicapai, dibatasi secara elektronik, 130 km. Namun yang pasti, akselerasinya termasuk ok! Saat ini, untuk 0-60 km per jam dibutuhkan waktu 6,3 detik, dan diperkirakan 0-100 km per jam di atas dua digit.

Sumber energi B0 adalah gabungan baterai dan superkapasitor yang dibuat pabrik Bolloré di Quimper, Perancis, dan Montreal, Kanada. Baterai ditempatkan di ruang khusus di kolong mobil, yaitu antara as roda depan dan belakang. Pemilihan penempatan ini bertujuan untuk memperoleh pengendalian yang mantap. Pasalnya, titik berat mobil jadi rendah. Untuk ini, B0 dilengkapi dengan transmisi otomatik sehingga pengemudi tak pusing lagi menghadapi lalu lintas yang makin padat.

Baterai dibuat dari lithium-polymer atau disebut LMP yang bisa diisi ulang dalam beberapa jam saja. Kelebihannya tidak memerlukan perawatan khusus. Umur pakainya diperkirakan mencapai 200.000 km. Cukup diisi ulang dalam beberapa jam melalui stekker dan stop kontak standar di rumah-rumah.

Superkapasitor yang digunakan pada BO dikembangkan secara khusus oleh Bolloré . Fungsinya, untuk mengambil dan menyimpan energi saat mobil direm. Lantas digunakan saat mobil dijalankan lagi. Dengan kombinasi tersebut, Bolloré dan Pininfarina mengatakan, akselerasi BO lebih mumpuni, umur pakai dan daya tahan baterai jauh lebih baik.

Panel Surya
Selain itu, juga ada tambahan energi dari panel sel surya yang berfungsi sebagai atap dan sebagian kap depan. Energi dari sel surya nantinya disimpan di dalam baterai dan bisa digunakan untuk mengaktifkan perlengkapan di mobil atau membantu menjalankan mobil.

Dengan fitur tersebut, mobil ini cocok dipasarkan di Indonesia. Pemiliknya tak perlu repot parkir di tempat yang terlindung. Parkir di bawah langit terbuka, saat matahari terik, malah untung, karena mendapat energi gratis tanpa polusi. Bahkan saat berjalan di lalu lintas yang macet dan matahari terik, mobil akan mendapatkan energi barunya!

Pada kondisi harga bahan bakar yang masih mahal saat ini, BO menarik perhatian banyak orang. Hebatnya lagi, karena mengandalkan tenaga listrik saja, berarti mobil ini tidak akan menimbulkan suara bising dan tentu saja bisa mengurangi “stress” di jalanan. Sayangnya, sampai saat ini Pininfarina dan Bolloré belum bisa memperkirakan harganya.

Bagi konsumen Indonesia, lambat atau cepat mobil listrik dipastikan akan sampai di sini. Ini artinya, tercipta ladang baru bagi PLN. Kita berharap, dari sekarang PLN sudah memikirkan akan mendapatkan tambahan konsumen baru, yaitu mobil-mobil bertenaga listrik. Harapan yang lebih tinggi, untuk mengisi baterai mobil tersebut, PLN jangan lagi menggunakan pembangkit yang harus membakar BBM. Sumber daya alam yang cukup kaya di Indonesia, seperti panas bumi, sudah saatnya ditingkatkan! Dengan demikian, kalau ada gejolak harga minyak, konsumen mobil listrik tenang-tenang saja.

Juga ada harapan, agar mobil listrik cepat sampai ke Tanah Air, pemerintah membuat kebijakan khusus, memberi insentif atau pengurangan pajak pada mobil yang tidak menimbulkan polusi ini.

Filed under having 0 comments  

Audi A1 Sportback: Mengawinkan TFSI dengan Motor Listrik

by kris joko


Mobil sport hibrida, bukan lagi hal baru dalam kancah dunia otomotif. Bahkan kini sudah ada yang diturunkan di arena adu balap. Namun mobil sport hibrida yang mengawinkan teknologi sistem injeksi langsung bensin plus turbo dengan motor listrik, sampai saat ini baru dikembangkan oleh Audi.

Karena teknologinya yang berbeda itulah, Audi membanggakan dan menjadikan A1 Sportback - meski masih sebatas konsep – sebagai primodanya di Paris Motor Show 2008 yang berlangsung di Prancis saat ini.

Sebenarnya, konsep A1 Sportback sudah pernah diperkenalkan tahun lalu di Tokyo Motor Show. Namun di Paris, Audi AG menampilkan model yang berbeda. Bila sebelumnya A1 Sportback tampil dengan model tiga pintu dan warna yang memancing “gairah” – merah – kali ini lebih berwibawa, lima pintu dengan kelir abu- abu Daytona.

Sub-kompak Premium
A1 digolongkan Audi sebagai mobil sub-kompak karena panjangnya 4 m, lebar 1,75 m, tinggi 1,40 m dan jarak sumbu roda 2,4 m (overhang jadi lebih pendek). Atau sama dengan Honda Jazz dan Toyota Yaris dan sedikit lebih pendek dari Suzuki SX-4. Fitur dan teknologi yang diandalkan Audi pada A1 adalah penampilan, desain interior yang menggabungkan gaya klasik dan sporty plus mesin bensin injeksi langsung yang dilengkapi turbocharger. Audi pun memposisikan A1 Sportback sebagai sub-kompak premium.

Eksterior
Desain A1 Sportback versi baru sangat berbeda dibandingkan pendahulunya, terutama detail baik bodi samping maupun depan dan belakang. Menurut Audi, versi terakhir lebih maskulin.

Meski begitu, Audi masih tetap mempertahankan desain gril tunggal berukuran besar yang kini menjadi tren. Desain bumper depan A1 baru juga berbeda dibandingkan dengan yang pedahulunya. Pada versi terbaru, Audi menambahkan garis-garis vertikal dengan dasar motif kotak.

Untuk lampu depan, dasar desainnya sama, tetapi jenis lampunya diganti dengan LED. Untuk itu pula desain di dalam rumah lampu berubah. Untuk belakang, desain dua knalpot dipertahankan namun bentuk dan ukurannya berubah. Sedangkan, juga mengalami perubahan cukup berarti.

Penampilan A1 semakin mantap dan mengundang hasrat untuk mendekatinyakarena dipasangi pelek dan ban 225/35R18. Perlengkapan lainnya adalah ESP yang mengontrol kerja diferensial depan.

Interior
Interior A1 Sportback dirancang Audi dengan menampilkan nuansa klasik dan sporty. Kesan sporty diperlihatkan pada empat jok individual dengan desain plus yang disertai penahan kepala. Unsur klasik diperlihatkan melalui beberapa bagian dashboard yang berbentuk bulat antara lain ventilasi yang berbentuk turbin, instrumen dan tombol-tombol AC. Dashboard dan konsol dirancang mengeliling ruang pengemudi.

Konsol tengah diakomodasikan untuk tuas pemindah gigi, tombol start/stop untuk mesin dan switch untuk memilih mode “drive” dan tempat HP.

Mesin
Sumber pemacu A1 ini terdiri dari dua motor. Pertama mesin khas Audi, yaitu TFSI (Turbo Fuel Stratified Gasoline Direct Injection) 1,4 liter yang mampu menghasilkan tenaga 110 kW(150 PS). Tenaga dari mesin dipindahkan ke roda depan melalui transmisi S-tronic dengan kopling ganda. Karakteristik yang menarik dari mesin ini, torsi diperoleh puda putaran “flat” 240 Nm dari 1.600 sampai 4.000 rpm.

Sumber kedua adalah motor listrik yang mampu mengerahkan tenaga 20 kW(27 PS) dan ditanam pada transmisi. Motor listrik mampu mampu meningkatkan torsi sampai 150 Nm ketika mobil digenjot buat berakselerasi.

Saat mobil dikebut, mesin TFSI dan motor listrik bekerja secara bersamaan. Gabungan kedua sumber tenaga itu menghasikkan tenaga yang impresif. Pengerahan tenaga ke roda benar-benar efektif karena Audi melengkapi mobil ini dengan peranti tambahan lain, seperti ESP (electroni stability program) yang dikombinasikan dengan “differential lock” aktif yang dipasang di as roda depan.

Motor listrik bisa menjalankan kendaraan ketika mesin utama dimatikan. Dengan kondisi seperti ini, emisi yang dihasilkan benar-benar nol. Menurut Audi, motor listrik lebih pas digunakan saat mobil melintas jalan di perumahan. Alasanya mereka, selain tidak menimbulkan suara berisik, emisinya juga nol. Untuk itu disediakan steker buat mengisi baterai saat berada di rumah (plug-in). Dengan cara tersebut, biaya operasional jadi lebih murah.

Untuk baterai, menggunakan yaitu lithium-ion. Menurut Audi, sekali isi peniuh, baterai bisa digunakannya buat menempuh jarak 50 km. Di samping itu juga ada fasilitas start/stop yang bekerja secara otomatis. Sistem pemulihan energi bekerja cukup efektif.

Ditambahkan, cara mengambil energi listrik terbuang dilakukan dengan membuat dinamo yang menghasilkan listrik di transmisi. Hasilnya, dengan penggerak hibrida, A1 mampu menghasilkan pengiritan konsumsi bahan bakar hampir 30%, dibandingkan bila mengandalkan mesin bensin saja.

Karakter sport diperlihatkan dari kemampuannya dikebut dari 0 – 100 km/jam, hanya membutuhkan wkatu 7,9 detik, kecepatan maksimum 200 km/jam. Konsumsi bahan bakarnya, 3,9 liter bensin untuk jarak 100 km atau 25,6 km/liter dengan emisi CO2, 92 g/km.

Suspensi "Magnetic Ride"
Untuk suspensi, Audi menggunakan McPherson strut di depan dan independen empat-link di belakang. Teknoligi khusus suspensi adalah sokbreker dengan teknologi “magnetic ride” yang sebelumnya juga digunakan pada Audi R8.

Pada sokbreker ini, untuk meredam goncangan tidak lagi menggunakan cairan seperti oli. Penggantinya adalah cairan yang disebut “magneto-rheoligical”. Pengontrolan kualitas cairan ditentukan berdasarkan kuatnya medan magnet yang dikontrol secara elektronik.

Dengan teknologi tersebut, karakteristik peredaman, kenyamanan dan stabilitas tetap oke pada berbagai kondisi kecepatan dan permukaan jalan. Audi juga melengkapi mobil ini dengan sistem informasi yang memungkinkan pemilik mengetahui, apakah pintu atau kaca mobil terbuka atau belum terkunci dari jarak jauh.

Filed under having 0 comments