When this life becomes more difficult, I hope my starlight will stay to give me little hopeness in this black holes darkness sky

krisjoko

Manisnya Diremehkan

Thursday, November 20, 2008 by kris joko

DALAM perjalanan hidup manusia, siapakah yang belum pernah diremehkan oleh orang lain? Begitu pula sebaliknya, siapakah yang belum pernah meremehkan orang lain? Kita semua pasti pernah mengalami keduanya, meremehkan dan diremehkan.

Ketika kita meremehkan orang lain, ada perasaan puas dalam diri kita. Kepuasan itu muncul karena kita bisa membuat orang lain menderita. Kita merasa di atas angin. “Inilah aku!” “Kamu bukan apa-apa dibandingkan aku!”

Sebaliknya, ketika kita dalam posisi diremehkan, spotan kita bisa jengkel, marah, benci, frustasi, bahkan apabila proses peremehan tersebut terus berlanjut menimpa seseorang maka orang tersebut bisa mengalami depresi.

Bagi seseorang, diremehkan bisa sangat menyakitkan bahkan membuat seseorang bisa menderita dan tidak berdaya. Sumber peremehan pun bisa bermacam-macam, misal asal daerah (Wong Deso), bentuk fisik (anak hitam kecil lagi), kemampuan intlektual (Anak Goblok), status sosial-ekonomi (Dasar Miskin), dan sebagainya.

Lalu apa manisnya diremehkan? Spontan kita akan menjawab, tidak akan pernah ada manisnya diremehkan! Dalam realitas kehidupan kita, ada banyak peristiwa yang merupakan representasi dari sebuah proses peremehan, sebagaimana dinarasikan dalam kasus misalnya seorang anak lelaki berasal dari desa, tubuhnya relatif hitam, tampangnya juga pas-pasan.

Sewaktu lulus Sekolah Dasar orang tuanya menyekolahkan anaknya di sebuah sekolah favorit di kota. Teman-teman barunya memiliki tampilan yang jauh lebih menawan dari dirinya. Setiap hari di sekolah, si anak desa itu selalu mendapatkan peremehan. Teman-temannya sering mengatakan “Cah ndeso gaweane mangan telo, opo iso nggarap!” (anak desa kerjaannya makan ketela, apa bisa mengerjakan tugas-tugas”) ditambah lagi “Cah cilik cacingen maneh, kok bercita-cita jadi pilot!” (”anak kecil cacingan lagi, kok bercita-cita jadi pilot”).

Diremehkan seperti itu membuat si anak tidak tahan. Oleh karena itu, si anak minta pada orang tuanya untuk keluar dan pindah ke sekolah yang ada di desanya saja.Tentu saja, orang tua si anak, kalang kabut mendengar keinginan anaknya keluar dari sekolah favorit yang menjadi idaman orang tuanya.

Menghadapi realitas seperti ini, respons orang tua pada umumnya biasanya marah. Setelah itu, menasihati anak dengan penjelasan dari A sampai Z, tanpa mereka bersedia memahaminya. Anak pun makin menderita dan tertekan.

Saat ini, anak tersebut sudah dewasa, bergelar master dalam bidang teknik elektro, dan hidupnya pun berkelimpahan.

Kasus yang lain digambarkan oleh pasangan Wono dan Weny. Wono baru menikah satu tahun yang lalu dengan Weny. Mereka merasa sakit hati kepada kakaknya. Ini terjadi akibat setiap saat sang kakak selalu meremehkan dengan kata-kata ”Ah sopir saja kok akan buat rumah, kapan jadinya?”

Peremehan ini membuat Wono dan Weny prihatin. Setiap malam mereka berdua selalu berdoa memohon kepada Tuhan atas anugerah pada dirinya. Pasutri tersebut sangat kompak dan begitu bersemangat dalam bekerja. Ia sekarang sudah mempunyai rumah. Mereka berdua hidup bahagia di lereng pegunungan yang indah.

Kasus-kasus seperti ini dengan segala variasinya, bisa menimpa siapa saja. Ketika diremehkan, secara emosional kita pasti memberikan reaksi entah secara sadar atau tidak. Reaksi pun bisa jadi kelihatan, bisa juga tidak. Ketika diremehkan, hati pasti terusik meningkatkan kadar adrenalin tubuh.

Proses Refleksi
Manusia sebenarnya memiliki kemampuan untuk mengolah seluruh peristiwa yang masuk ke dalam dirinya. Kemampuan mengolah ini pun sangat unik dan dipenuhi oleh misteri. Oleh karena itu, kita bisa menyaksikan orang-orang yang diremehkan terhimpit oleh keadaan dan sangat menderita. Mereka bisa mengalami stres luar biasa. Di sisi lain, kita juga bisa melihat banyak orang yang diremehkan oleh orang lain, namun orang tersebut bisa mengambil energi emosi yang muncul dalam dirinya untuk tujuan positif.

Pengolahan inilah yang disebut proses refleksi, sebuah proses olah batin yang bila kita latih akan memberikan kemampuan tambahan dalam diri kita. Kemampuan yang dapat dipergunakan untuk semakin mengenali diri, lingkungan, dan beragam peristiwa yang menimpa diri kita. Sekaligus bisa menjadi sarana untuk menemukan cara-cara mereaksi atas segala peremehan yang menimpa kita dengan cara lebih positif.

Bila direflesikan secara matang, maka peremehan justru dapat membuat kita makin tahan mental. Sekaligus membuka peluang untuk membuktikan bahwa diriku bukan seperti yang dikatakan orang lain tersebut. Bila dilihat dari perspektif spiritual peremehan bisa ditafsirkan sebagai cara Allah membuka potensi kita.

Peremehan tidak akan membuat hati seseorang terluka, apabila orang tersebut tidak mengizinkan hatinya dilukai. Apabila kita bisa memandang setiap peremehan yang menimpa kita dari sisi positif maka kita bisa mengatakan: “Silahkan Anda meremehkan saya.”

Peremehan akan memunculkan energi baru dari dalam diriku. Dengan energi baru tersebut aku akan makin mampu menggapai cita-cita, yang berbeda dengan label negatif yang diberikan kepada ku.

Apabila kita sudah mampu sampai pada tingkat ini maka kita bisa menikmati betapa manisnya diremehkan! Silahkah Anda meremehkan, aku akan menikmati hasilnya dalam wujud prestasi-prestasi nyata sebagai buah peremehan! Bagi yang suka meremehkan orang lain, hati-hatilah karena manusia pada dasarnya sulit untuk diperkirakan, “Jalma tan keno kiniro.”

DR. T. Priyo Widiyanto, M.Si, Dosen pada Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma

Filed under , having 3 comments  

Ini Dia, Prosesor Tercepat di Bumi

by kris joko


Intel Corporation mengklaim Intel Core i7 yang baru diluncurkan di Blitz Megaplex Pacific Place Jakarta, hari ini, Kamis (20/11), sebagai the fastest processor in the planet. Dengan teknologi Turbo Boost dan Hyper-threading, prosesor ini mempercepat proses komputasi hingga 40 persen tanpa meningkatkan konsumsi energi.

Country Manager Intel Indonesia Budi Wahyu Jati mengatakan diluncurkannya anggota pertama dari keluarga prosesor Nehalem ini merupakan kabar baik bagi industri film dan musik serta para gamers. "Mengedit film atau video dalam satu hari bukan tidak mungkin lagi," ujar Budi dalam peluncuran Intel Core i7.

Teknologi Turbo Boost membuat kinerja komputer lebih cepat untk memenuhi kebutuhan dan beban kerja pengguna. Melalui unit on-die power control yang canggih dan menggunakan transistor power gate berbasis teknologi proses manufaktur 45 nanometer.

Turbo Boost secara otomatis akan menyesuaikan clock speed dari satu atau lebih serta dari empat invidual processing cores untuk aplikasi single dan multi-threaded untuk meningkatkan kinerja tanpa menambah penggunaan energi. Teknologi ini juga membantu mengendalikan overheating, meski suhu rata-rata pada saat maksimal sebesar 60 derajat.

Intel Core i7 juga mempunyai teknologi power saving yang memungkinkan desktop berhibernasi. Sebelumnya teknologi ini hanya dimiliki oleh notebook berbasis Intel. Sementara itu, teknologi Hyper-threading memungkinkan komputer bekerja secara simultan. Hasil akhirnya, prosesor ini memberikan kinerja 8-threaded.

David Cahyadi dari Intel Indonesia dalam acara yang sama menunjukkan perbedaan komputer berbasis prosesor Intel Core i7 dan komputer berbasis Intel Duo Core-2 yang sebelumnya diklaim sebagai yang tercanggih dengan menggunakan aplikasi Power Director. Hasilnya, sementara komputer berbasis Intel Duo Core-2 masih menjalani 10 persen loading, komputer berbasis prosesor Intel Core i7 sudah menyelesaikan proses rendering.

Selain itu, pekerjaan prosesor memiliki peranan penting bersama dengan grafis untuk memperlihatkan games terlihat lebih nyata, terutama untuk game 3D. Ritter, seorang gamers jawara Warcraft Defense of The Ancients (DOTA) yang telah diijinkan mencoba terlebih dahulu komputer dengan teknologi ini menyambut baik kedatangan Intel Core i7. "Pas gunain, wah banget. Karena kalau dulu pas main, sebelumnya gerakan patah-patah, sekarang gerakannya jadi smooth. Kalau prosesornya bagus ya mendukung," ujar Ritter.

Meski sudah diluncurkan, produk Intel Core i7 baru akan tiba sekitr dua hingga tiga minggu mendatang di Indonesia. Harga Intel Core i7 tipe 920 sekitar 300 dollar dollar AS.

LIN

Filed under , having 0 comments  

I Love Facebook, Epidemi Skizofrenia

Tuesday, November 18, 2008 by kris joko


Teman saya keranjingan Facebook. Hari pertama menggauli mesin virtual ini ia bertemu dengan kawan lamanya yang nyaris tak dikenalinya. Ia begitu takjub akan keajaiban Facebook. Malam itu ia baru meninggalkan ruang kerjanya saat lampu kantor dipadamkan.

Bukan cuma teman saya yang tergila-gila, saya pun tengah gandrung dengan mainan baru ini. Facebook menghubungkan saya dengan sejumlah orang yang tak dapat saya jumpai di dunia nyata. Teman-teman sekolah saya yang tak tahu di mana rimbanya saya temui kembali di sini. Tidak hanya teman sekolah, banyak orang juga bisa berkawan dengan sejumlah orang yang sosoknya terasa jauh di alam nyata. Ada artis, ada politisi, budayawan, dan sejumlah orang beken. Keajaiban Facebook. Lupakan jarak dan waktu serta batas sosial. Ketiganya hanya ada di dunia nyata.

Siapa yang belum punya account Facebook? Hari geneee belum punya Facebook?! Orang-orang di seluruh dunia tengah gandrung dengan mesin ajaib ini. Cobalah lihat data di Alexa. Facebook adalah mesin jejaring sosial nomor satu. Sementara, untuk keseluruhan situs di dunia, Facebook menempati rangking ke-5 setelah Yahoo, Google, YouTube, dan Windows Live. Data ComScore Mei 2008 menyebutkan, situs ini dikunjungi 123,9 juta orang sekolong langit.

Semua prestasi Facebook dicapai hanya dalam waktu empat tahun. Mark Zuckerberg meluncurkan situs ini pada 4 Februari 2004. Awalnya, keanggotaan Facebook dibatasi hanya untuk siswa Harvard College. Selanjutnya, diperluas ke kampus-kampus lain dan akhirnya meluas ke seluruh dunia. Di Indonesia Facebook masih kalah populer dibanding Friendster. Data alexa, Friendster nangkring di posisi 3, sementara Facebook 7.

Inilah zaman baru. Zaman yang merevolusi cara orang berkomunikasi dan berjejaring. Teknologi telah menisbikan ruang, waktu, dan batas sosial. Komunikasi terjalin sedemikian intens dalam kesunyian, tanpa kata-kata. Tidak ada suara. Keriuhan komunikasi jutaan orang di dunia berlangsung riuh dalam aneka simbol. Kalau pun ada keriuhan itu terjadi hanya di dalam benak mereka yang termangu di depan komputer. Zaman yang aneh karena kode-kode berupa huruf dan angka mampu mencipta realitas lain di dunia yang maya.

Melalui bahasa program, apakah itu html, xml, java, dan lainnya, alfabet yang jumlahnya hanya 26 dan angka yang hanya berjumlah 10 plus belasan tanda baca lainnya mampu menciptakan sebuah dunia baru, dunia cyber, yang meluluhlantakan dimensi ruang dan waktu yang selama berabad-abad membatasi manusia. Dahsyatnya lagi miliaran aktivitas kode itu berjalan di sebuah kabel serat optik yang sedemikian tipisnya, setipis rambut manusia.

Realitas baru ini terepresentasikan sedemikian utuhnya meski hanya berupa simbol, mulai dari sekadar mengirim secangkir kopi hingga memeluk dan mencium mesra. Meski hanya berupa kode interaktivitas ini mampu membuat enzim kimiawi pembawa emosi di dalam tubuh kita bergejolak juga. Di dunia maya itu terbit rasa senang, sedih, bahagia, cemburu, kesal, semuanya.

Realitas maya itu telah jauh melebihi realitas itu sendiri. Seperti kisah kawan saya di atas. Realitasnya ia tidak tahu di mana temannya berada. Namun di dunia serat optik ia bertemu dengan temannya. Ia tidak lagi perlu tahu temannya yang di Swedia sono alamatnya di mana. tapi, ketidaktahuan teritorial di alam nyata bukanlah hambatan untuk berkomunikasi. Lucunya, semua dari kita percaya saja bahwa teman-teman kita di Facebook adalah benar teman kita yang kita kenal di dunia nyata.

Ada sebuah karikatur lucu yang pernah saya temukan di internet. Dua ekor kucing terlihat asyik di depan komputer, berselancar di internet. Kucing yang satu tampak gelisah dan bertanya kepada temannya, dan bertanya,
“Eh, nanti kalau ketahuan gimana nih?”
“Udah, tenang aja, percaya deh, mereka enggak tahu kalau kita kucing,” jawan temannya.

Zaman yang mengagumkan. Dunia kode melebur dan menjadi realitas baru. Makin lama makin sulit saja membedakan mana yang nyata dan tidak nyata. Dalam ilmu psikologi ketidakmampuan membedakan mana yang nyata dan tidak nyata adalah gejala penyakit neurotik skizofrenia.

Penyakit ini nampaknya tengah meluas menjangkiti banyak orang di seluruh dunia. Telah terjadi epidemi skizoferenia. Demikian masifnya epidemi ini sehingga tidak lagi dianggap sebagai penyakit. Orang disebut gila jika ia hidup sebagai minoritas yang sangat minoritas di tengah mayoritas orang waras. Sebaliknya jika minoritas orang waras yang sangat minoritas hidup di tengah masifitas orang gila orang waras itulah yang disebut gila. Ketika menulis inipun saya sangat bingung menemukan batas kewarasan dan kegilaan.

Ah, enggak penting ya...

Heru Margianto

Filed under having 2 comments  

Opera Mini, Browser Hebat untuk Ponsel Java

by kris joko


Kalau menggunakan komputer, semua fitur yang ada di Internet dapat diakses secara lengkap. Namun tidak demikian halnya dengan akses via ponsel. Banyak browser ponsel yang hanya bisa digunakan untuk mengakses WAP, tanpa dukungan terhadap HTML. Alhasil pengguna tidak bisa mengakses situs Internet dengan fitur sekaya akses melalui komputer. Di ponsel WAP, situs yang bagus hanya terlihat berupa deretan teks dan gambar sangat sederhana.

Di beberapa ponsel masa kini, kelemahan ini mulai diperbaiki. Beberapa vendor ponsel berusaha mengakali agar ponsel bisa menampilkan situs web layaknya di komputer. Tapi tetap saja fasilitas pada browser-nya belum bisa menandingi fitur browser di PC.

Sebagai vendor yang berpengalaman membuat browser di PC, Opera Software berusaha menjembatani permasalahan ini. Browser dengan pengguna terbanyak ketiga di dunia ini menciptakan Opera Mini yang dapat dioperasikan di ponsel-ponsel “biasa” yang mendukung Java.

Fitur-fitur Hebat
Opera Mini memiliki beberapa fitur hebat yang jarang dimiliki browser lain. Mau buktinya? Lihatlah beberapa fitur berikut. Fitur Opera Link, berfungsi untuk mensinkronisasi bookmark Opera Mini 4 Anda dengan Opera 9.5 yang ada di PC. Untuk menggunakan fasilitas ini Anda cukup memilih menu Synchronize Opera dari Opera Mini.

Untuk menyiasati tampilan layar ponsel yang berformat portrait, tekan bintang pagar (* #). Lalu putar layar ponsel 45 derajat. Tampilan browser Anda akan berformat lanskap (horisontal) yang sama seperti di komputer.

Tak hanya sampai di situ, agar browser ponsel semakin mirip dengan komputer, disediakan virtual mouse. Virtual mouse ini bisa bergerak bebas ke arah layar manapun yang Anda inginkan. Untuk menggulung layar lebih cepat, Anda juga bisa menggunakan shortcut angka 2, 4, 6, 8, dan 5 untuk bergerak ke atas, kiri, kanan, bawah dan zoom.

Seperti browser-browser terbaru di komputer, Opera Mini juga memiliki fasilitas yang menghubungkan Anda ke mesin pencari favorit. Fasilitas ini memudahkan Anda untuk mencari berbagai macam topik di Internet.

Dengan modifikasi, fasilitas semacam tab juga bisa dihadirkan. Namun karena terbatasnya area layar ponsel, tidak ada tempat di layar untuk menampilkan tab. Sebagai gantinya, disediakan menu Window. Fungsinya sih sama saja. Hanya saja karena formatnya lebih mirip “jendela” daripada “label”, maka diberilah nama Window.


Dukungan terhadap CSS menjadi kunci, yang membuat tampilan situs web di ponsel tetap tampil bagus seperti tampilan di layar komputer. Kehebatan ini diperlengkap dengan kemampuan untuk menyimpan halaman web yang terbuka, ke memori ponsel berikut pengelola download dan upload.

Satu hal lagi yang menjadi kehebatan Opera Mini yakni kemampuannya untuk memroses dan mengelola akses ke situs. Sebagai contoh jika Anda ingin membuka suatu alamat Internet, maka permintaan tersebut tidak dikirimkan mentah-mentah ke server yang dituju dan menampilkan “balasannya” begitu saja.

Suatu permintaan akses ke situs dikirimkan ke server Opera yang disediakan khusus untuk kepentingan ini. Server tersebut kemudian meneruskan permintaan Anda ke alamat yang ingin Anda akses. Balasannya akan diproses sedemikian rupa dan dikompresi untuk mengurangi ukurannya. Dengan cara ini, kecepatan akses ke suatu situs akan berlangsung lebih cepat, karena data yang ditransfer lebih kecil. Otomatis, biaya GPRS/3G yang dikenakan untuk aksespun lebih murah.

Untuk urusan sekuriti, Opera Mini tidak mengabaikannya. Di rilis yang ke-4 ini ada perbaikan sekuriti. Dulu, koneksi antara ponsel Anda dengan Access Point operator hanya dilindungi oleh enkripsi GSM, AMPS, TDMA atau CDMA. Koneksi antara access point dengan gateway Internet dalam jaringan lokal bisa jadi tidak terenkripsi. Koneksi dari operator ke server Opera sama sekali tidak ada pengamanan. Koneksi enkripsi SSL hanya terjadi antara server Opera dengan server yang dituju.

Hal yang demikian tidak terjadi di Opera Mini 4. Dengan Opera Mini 4, semua koneksi antara ponsel sampai server yang dituju berlangsung aman. Anda dapat melakukan koneksi SSL 256 bit RC4 dengan kunci 1280 bit RSA.

Untuk menjaga privasi, server Opera tidak menyimpan data pribadi Anda. Jejak Anda mungkin masih ada karena data pribadi Anda tersimpan di cookie ponsel. Namun jangan kuatir. Anda dapat membersihkannya dengan cara mengakses menu Tools > Settings > Clear cookies. Sementara untuk membersihkan jejak browsing Anda, akseslah ke menu Tools > History > Clear.

Unduh dan Pasang
Opera menawarkan tiga metode instalasi program ke ponsel. Pertama, dengan cara SMS. Untuk menggunakan cara ini, Anda harus membuka http://www.operamini.com/download/sms dan memasukkan nomor ponsel Anda di situs tersebut. Sesaat kemudian Anda akan mendapatkan link download langsung di ponsel.

Metode kedua, Anda bisa mengunjungi operamini.com langsung dari browser WAP ponsel Anda. Dari halaman yang terbuka, pilih menu Download Opera Mini. Dari sini, file instalasi Opera bisa langsung diunduh (download) ke ponsel Anda.

Cara yang terakhir yaitu dengan mengunjungi alamat http://www.operamini.com/download/pc melalui browser PC. Di halaman yang terbuka, Anda dapat memilih merk dan tipe ponsel Anda, untuk diunduh ke hard disk. Agar dapat diinstalasikan ke ponsel, Anda harus memintahkan file opera-mini-advanced.jar yang telah di unduh ke ponsel. Pemindahan bisa dilakukan melalui kabel data ataupun Bluetooth. Untuk selanjutnya, Anda tinggal menjalankan file opera-mini-advanced.jar untuk memulai proses instalasi.

TIP & TRIK
Meski sudah dilengkapi berbagai fitur mutakhir, beberapa seting Opera juga masih menggelitik untuk ditilik. Misalnya Anda ingin lebih menghemat bandwith untuk meringankan biaya. bisa masuk ke menu Menu > Tools > Settings, lalu hilangkan tanda cek di depan opsi Load images. Sebaliknya, jika ingin menampilkan gambar dengan kualitas tinggi, Anda bisa mengubah setting Image Quality menjadi High.

Khusus bagi Anda yang menggunakan ponsel beresolusi layar rendah, berikan tanda cek di depan opsi Full screen mode. Dengan begini berbagai asesoris dan taskbar yang muncul dilayar akan disingkirkan. Tampilan layar sepenuhnya digunakan untuk menampilkan halaman web. Untuk mengurangi beban ponsel sekaligus menghemat baterai, Anda juga bisa menghilangkan efek animasi yang muncul tiap mengakses menu dengan menghilangkan tanda cek di depan opsi Visual effects.

Tip yang terakhir, coba Anda buka suatu situs web dengan tampilan kompleks seperti situs detikcom atau kompas.co.id. Halaman tidak akan langsung tampil dalam ukuran font yang terbaca, melainkan tampil dalam mode overview yang menggambarkan keseluruhan halaman situs. Selanjutnya Anda bisa melakukan zoom dengan menggunakan kursor.

Nah, agar Anda bisa mengakses halaman web secara “langsung” tanpa menampilkan overview terlebih dahulu Anda bisa mengakses menu Menu > Tools > Settings dan hilangkan tanda cek di depan opsi Show overview.

Langkah terakhir, tekan Save untuk menyimpan perubahan. Happy browsing!

Sumber: Sinyal

Filed under , having 0 comments  

Pedal Gas Pintar Mencegah Tabrakan

by kris joko

Pedal gas, kini bukan hanya sebagai alat yang digunakan untuk mengatur putaran mesin dan kecepatan mobil. Alat yang paling sering diinjak pengemudi ini, juga dikembangkan untuk mencegah terjadinya tabrakan. Namanya pedal gas pintar (smart accelerator pedal) atau accelerator force feedback (AFFP).

Dengan pedal gas model ini, begitu sebuah mobil sudah dekat dengan belakang kendaraan yang di depannya, pedal memberi tahu pengemudi jangan lagi menginjak gas lebih dalam. Caranya, pedal gas bergetar. Metode lain, pedal semakin berat ditekan alias ogah ditekan makin dalam.

Teknologi ini dikembangkan oleh salah satu divisi Continental Corporation yang yang dulunya adalah Siemens AG atau Siemens VDO. Menurut Continental, dengan alat ini, tingkat kecelakaan, terutama menubruk dari belakang bisa dikurangi.

Munculnya ide untuk membuat alat tersebut karena hampir setiap kecelakaan yang terjadi di Jerman adalah tabrakan dari belakang. Pada 2006, ADAC mencatat, 100.000 kecelakaan adalah tabrakan belakang yang terjadi di berbagai jalan, yaitu dalam kota, tol dan luar kota.

Pada 2007, Kantor Statistik Jerman melaporkan, 104.248 tabrakan terjadi karena pengemudi tidak melihat ke depan, sedang berhenti di lampu merah, melaju atau saat menunggu. Dari semua kecelakaan itu mengakibatkan 384 orang meninggal dan 103.864 luka-luka. 85 persen dari kecelakaan itu, karena kelalaian manusia.

“Drive by Wire”
Pedal gas bisa dibuat “pintar” karena tidak lagi bekerja secara mekanis. Alat penggantur kecepatan ini hanya menggunakan kabel kecil yang “lemas” untuk mengalirkan listrik ke ”throttle body” atau katup gas di mesin. Selanjutnya, katup gas ini digerakkan oleh stepper motor yang bekerja untuk membuka dan menutup aliran udara ke dalam mesin. Istilah sekarang, teknologi ini disebut “drive by wire”.

Selain motor listrik di pedal, komponen lain yang juga penting pada sistem ini adalah sensor jarak. Sensor ini dipasang di kanan dan kiri di depan mobil. Komponen ini bekerja secara akurat untuk mengukur jarak dengan kendaraan yang berada di depannya.

Jika jarak antara mobil dengan yang di depan tidak aman, sensor mengirimkan data ke komputer, selanjutnya mengaktifkan pedal gas. Pedal gas akan bergetar! Ini merupakan tanda atau peringatan bagi pengemudi bahwa jarak mobilnya dengan yang di depan dalam situasi berbahaya.

Selain getaran, fitur lain yang ditambahkan adalah gerakan pedal gas menjadi berat. Ini bisa dilakukan karena motor menahan gerakan pedal gas. Dengan kemampuan seperti itu, Continental menyebut teknologinya sebagai pengaman aktif. Kecepatan kerja motor listrik untuk mengubah posisi pedal hanya 0,1 detik.

Dengan peringatan dari pedal gas itu, pengemudi bersiap menginjak pedal rem. Ditambahkan, teknologi ini merupakan pengembangan dari sistem keamanan Continental ContiGuard dan diharapkan bisa mengurangi kecelakaan di jalan raya, terutama tabrakan dari belakang.

Teknologi ini juga dapat membantu pengemudi melaju pada kecepatan rata-rata. Hasilnya, bisa mengirit konsumsi bahan bakar dan mengurangi emisi karbon dioksida.

Pengemudi Ngobrol
Meski teknologi ini cukup menjanjikan, ternyata menyisakan pertanyaan bagi para ahli yang mengembangkannya, yaitu bagaimana membuat alat ini bisa bekerja secara efektif? Di samping itu, juga terus diupayakan untuk memperingatkan pengemudi pada situasi bahaya dan memberikan perhatian penuh setelah mendapatkan peringatan.

“Problem dasar sinyal optik dan akustik adalah perhatian pengemudi yang tidak fokus. Misalnya sedang menelpon atau ngobrol dengan penumpang. Pada kondisi tersebut, pengemudi bisa saja tidak peduli dengan peringatan tersebut,” jelas Bernd Gebhart, Kepala Unit Elektronik Sasis.

Continental juga menggunakan peringatan sensor yang sama, untuk membantu mobil berpindah jalur dengan aman. AFFP bergetar jika Adaptive Cruise Control (ACC) mengetahui bahwa kendaraan terlalu dekat dengan mobil di depannya. Pada situasi berbahaya, sistem langsung membuat gerakan pedal gas semakin berat.

Kendati demikian, pengemudi masih tetap bisa mengontrol dan dapat mempercepat laju kendaraannya jika diperlukan pada situasi lalu lintas khusus. Caranya dengan menyatukan AFFP ke sistem kendaraan masa depan. Dengan ini, pedal akselerator aktif akan dapat meningkatkan keamanan kendaraan pada berbagai situasi berbahaya.

ZBJ

Filed under , having 0 comments  

Mengoptimalkan Windows Vista

Saturday, November 8, 2008 by kris joko


Windows Vista datang dengan segudang fitur. Beberapa fitur membuat tampilan Vista sangat menarik, beberapa fitur bisa membantu orang kantoran, beberapa fitur harus berjalan agar Vista berfungsi.

Sayang, sekian dari beberapa fitur itu bisa membikin kerja komputer menurun. Fitur yang mempercantik tampilan Vista ternyata menjadi beban bagi kerja kartu grafis. Fitur buat orang kantoran yang tidak dipakai orang rumahan membebani memori. Fitur-fitur yang kurang terpakai itu baiknya dimatikan saja agar kerja komputer lebih cepat.

Tepatnya, fitur apa saja yang harus dimatikan? Apa semua fitur yang PCplus beritahu di artikel ini? Tidak ada jawaban yang pasti, tergantung pada bagaimana komputer digunakan dan selera sang empunya komputer. Pada laptop milik PCplus, hanya sebagian fitur yang dimatikan.

Sebelum mengutak-atik fitur Vista, sebaiknya bikin dulu “restore point”. Jadi, kalau ada apa-apa setelah sebuah fitur dimatikan, tinggal kembali lagi ke “restore point” itu.

Sidebar
Sidebar berisi aplikasi-aplikasi kecil, seperti jam, slide show foto, serta RSS. Pengguna PC harus membayar dengan menurunnya kerja komputer untuk hal-hal kecil itu. Kalau dimatikan, kerja PC bisa lebih cepat. Cepatnya itu terasa saat Windows dinyalakan (boot).

Cara mematikannya seperti ini.
1. Klik kanan di Sidebar (di area mana pun), lalu klik [Close Sidebar].
2. Hilangkan tanda centang pada [Uncheck Start Sidebar when Windows starts].
3. Klik [OK].

Aero
Vista punya Aero yang merupakan suatu paket yang mempercantik tampilan Vista. Kalau diaktifkan, Vista akan punya berbagai efek yang harus diakui memang cukup mengagumkan.

Salah satu efek yang dibanggakan Microsoft adalah Flip 3D. Fungsinya untuk berpindah aplikasi, tetapi dengan efek 3D. Flip 3D mempercantik fungsi pindah aplikasi yang diakses dengan tombol [Alt] + [Tab]. Flip 3D sendiri diakses dengan tombol [Windows] + [Tab].
Sayangnya, pada komputer yang spesifikasi perangkat kerasnya pas-pasan, Aero menjadi beban. Begitu juga pada komputer yang isinya sudah kelewat banyak.

Berikut cara mematikan Aero.
1. Klik kanan pada desktop, lalu klik [Personalize].
2. Klik [Windows Color and Appearance].
3. Pada kotak yang muncul, klik [Open classic appearances properties for more color options]. Enggak menemukan opsi itu? Berarti, Aero memang sudah tidak aktif. Ketika spesifikasi perangkat keras tidak memenuhi syarat, Aero memang otomatis mati.
4. Pilih [Windows Vista Basic].
5. Klik [OK].

Tidak semua efek yang cantik berasal dari Aero. Ada beberapa efek yang memang sudah ada di Windows, misalnya efek bergeser dari jendela yang di-minimize atau efek munculnya petunjuk (tooltip).

Efek-efek itu bisa juga dimatikan. Caranya begini.
1. Klik [Start], klik kanan pada [Computer] lalu klik [Properties].
2. Klik [Advanced System Properties].
3. Pada kotak yang muncul, klik tab [Advanced].
4. Klik [Settings] yang ada di kotak “Performance”.
5. Lihatlah pilihan-pilihan efek yang muncul. Gampangnya, matikan saja semua. Tapi, bisa saja sebagian yang dimatikan. Hilangkan tanda centang pada efek yang hendak dimatikan.

Internet Printing Client
Ada loh layanan cetak online. Orang bisa mengirim foto ke penyedia layanan, foto dicetak, lalu dikirim ke suatu alamat. Kalau layanan seperti ini tidak pernah digunakan, matikan saja fitur “Internet Printing Client”.

Caranya:
1. Buka Control Panel, lalu klik [Programs and Features].
2. Klik [Turn Windows features on or off] yang ada di sebelah kiri.
3. Di kotak “Windows Features”, klik [Print Services].
4. Hilangkan tanda centang pada [Internet Printing Client].
5. Klik [OK].
6. Restart komputer setelah diminta.

Windows Meeting Space
Meeting Space adalah sebuah fitur yang memungkinkan seorang pengguna komputer berbagi file dengan kawannya yang berada dalam 1 jaringan komputer. File itu bukan cuma dibagi, tapi bisa diedit berbarengan. Kalau fitur ini tidak pernah dipakai, dimatikan saja yah.

Ini caranya:
1. Buka Control Panel, lalu klik [Programs and Features].
2. Klik [Turn Windows features on or off] yang ada di sebelah kiri.
3. Hilangkan tanda centang pada “Windows Meeting Space”.
4. Klik [OK].

Fitur-Fitur Tablet PC
Vista dilengkapi dengan fitur untuk Tablet PC. Kalau saja Vista tidak di-install di Tablet PC, buat apa fiturnya diaktifkan. Toh, tidak akan digunakan.

Cara mematikannya:
1. Buka Control Panel, lalu klik [Programs and Features].
2. Klik [Turn Windows features on or off] yang ada di sebelah kiri.
3. Di kotak “Windows Features”, hilangkan tanda centang pada [Tablet PC Optional Components].
4. Klik [Start], ketikan “services” di kotak pencarian. Ketika muncul [Services] di hasil pencarian, klik di situ.
5. Cari [Tablet PC Input Services]. Kalau sudah ketemu, klik ganda di situ.
6. Pada menu drop-down “Startup type”, pilih [Disabled].
7. Klik [OK].

ReadyBoost
ReadyBoost sedianya mempercepat Vista. Tapi, apa peningkatan kecepatannya sangat terasa? Pada beberapa kasus, penggunaan ReadyBoost justru memperlambat komputer.

ReadyBoost bisa dimatikan di bagian Services dengan cara:
1. Klik [Start], ketikan “services” di kotak pencarian. Klik [Services] pada hasil pencarian.
2. Klik ganda pada [ReadyBoost].
3. Pada menu drop-down “Startup type”, pilih [Disabled].
4. Klik [OK].

Laporan Kesalahan
Kalau suatu program mendadak berhenti bekerja—entah program punya Windows, entah program lain—Vista akan menawarkan apakah pengguna ingin melaporkan kesalahan itu ke Microsoft. Idealnya, Microsoft akan mencari tahu apa yang menyebabkan kesalahan itu. Yah, kalau PCplus sih jarang mengirimkan laporan. Jadi, fitur laporan kesalahan itu PCplus matikan.

Begini cara mematikannya.
1. Klik [Start], ketikan “services” di kotak pencarian. Klik [Services] pada hasil pencarian.
2. Klik ganda pada [Windows Error Reporting Service].
3. Pada menu drop-down “Startup type”, pilih [Disabled].
4. Klik [OK].

Indeks Pencarian
PCplus perlu berpikir berulang kali untuk mematikan fitur ini. Soalnya, fitur ini sangat berguna untuk mencari file, program, atau e-mail dengan cepat. Kalau fitur ini dimatikan, pencarian file dan lain-lain yang seharusnya ketemu dalam hitungan detik, bisa baru ketemu setelah beberapa menit pencarian.

Tapi, kalau fitur ini dihidupkan, Vista akan terus menerus membuat indeks selama isi harddisk berubah. Beberapa orang yang spesifikasi komputernya pas-pasan, bolehlah mematikan fitur ini.

Cara mematikannya:
1. Klik [Start], ketikan “services” di kotak pencarian. Klik [Services] pada hasil pencarian.
2. Klik ganda pada [Windows Search].
3. Pilih [Disabled] pada menu drop-down [Startup type].
4. Klik [OK].

Sumber: PCplus

Lima Blogger Asing Terkemuka Keliling Indonesia

Wednesday, November 5, 2008 by kris joko

Pesta Blogger yang menjadi ajang tahunan berkumpulnya blogger di Indonesia tahun ini akan lebih semarak dengan hadirnya sejumlah blogger terkemuka negara lain. Lima blogger asing akan berkeliling Indonesia dalam wisata blogger atau "blogging trip" ke Bali, Yogyakarta, dan Jakarta, sebagai rangkaian acara Pesta Blogger 2008.

"Kami memiliki jajaran blogger asing terkemuka dengan ketertarikan yang berbeda-beda, yang akan turut serta dalam 'blogging trip' dan berpartisipasi dalam Pesta Blogger untuk mendiskusikan kesan-kesan mereka terhadap komunitas blogger lokal di Indonesia," kata Ketua Panitia Pesta Blogger 2008, Wicaksono dalam siaran persnya.

Dia mengatakan kedatangan empat blogger asing tersebut akan bermanfaat kepada blogger Indonesia karena nantinya akan terjadi pertukaran ide antara blogger asing dan blogger di Indonesia. Blogger dari Malaysia, Singapura, Amerika Serikat, dan Australia akan tiba di Indonesia pada 17 November mendatang.

Seluruh biaya perjalanan mereka untuk mengikuti blogging trip ini telah ditanggung oleh Depbudpar (Departemen Kebudayaan dan Pariwisata) sebagai bagian dari promosi pariwisata Indonesia. Selama mengikuti blogging trip di tiga kota tersebut, mereka akan bertemu serta berinteraksi langsung dengan komunitas blogger lokal, dan melihat-lihat berbagai tujuan wisata kultural/historis serta kekayaan potensi pariwisata di Indonesia.

Salah satu blogger asing paling terkemuka dalam blogging trip yang didukung penuh oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata ini adalah Jeff Ooi dengan blog-nya Screenshots (www.jeffooi.com). Jeff Ooi merupakan salah seorang news-blogger paling terkemuka di Malaysia, status yang didapatkannya karena ia menjadi alah satu blogger pertama yang mulai menggunakan kekuatan blog untuk mendobrak kekangan pemerintah Malaysia terhadap surat kabar dan media tradisional lainnya.

Jeff juga mencetak sejarah sebagai salah satu individu yang meniti jenjang karir politiknya melalui blog. Tergabung dalam partai oposisi DAP, Jeff Ooi berhasil memenangkan kursi parlemen pada Pemilihan Umum di Malaysia, Maret 2008 lalu. Blog-nya, Screenshots, dikunjungi hampir 200,000 orang dan meraih hampir seperempat juta page views per bulannya, dan pernah memenangkan penghargaan "Reporters sans Frontieres" Freedom Blog Award for Asia. Ia juga pernah diundang sebagai pembicara di Harvard University dan the World Summit on the Information Society (WSIS).

"Saya juga berpikir bahwa banyak blogger yang akan tertarik mendengarkan pengalaman Jeff Ooi, bagaimana ia bisa bertransformasi dari seorang blogger menjadi politisi nasional," kata Wicaksono.

Blogger dari Singapura, Lee Kin Mun, lebih dikenal dengan nama blog-nya, Mr. Brown (www.mrbrown.com), sering disebut-sebut sebagai Bapak Blogger Singapura. Lee menggunakan perpaduan antara kecerdasan dan komedi untuk melontarkan pendapatnya mengenai politik, serta Singapura yang kaku dan sangat terkendali.

Berkebalikan dengan itu, Mark Tafoya dari Amerika Serikat justru tidak menulis mengenai politik, tetapi menulis mengenai makanan dalam jaringan blog-nya, Culinary Media Network (www.culinarymedianetwork.com). Chef dari New York ini juga merupakan produser eksekutif dari blog kuliner yang menampilkan videocasts mengenai berbagai jenis makanan dari berbagai penjuru dunia. Mark mengatakan bahwa ia akan memperkenalkan budaya Indonesia lewat tradisi kulinernya, karena makanan adalah bagian penting dari budaya.

Sedangkan blogger dari Australia, Anthony Bianco merpakan penulis pariwisata dan travelling (www.nickbowditchtravel.com). Ia adalah penjelajah sejati yang sudah bepergian ke hampir 40 negara di 6 benua dan suka mengeksplorasi cara hidup yang berbeda, mencicipi berbagai jenis makanan, dan bertemu dengan penduduk lokal di negara yang dikunjungi, dan semua catatan perjalanannya itu ia rangkum dalam blog-nya.

Direncanakan satu lagi blogger asing asal Cina atau HongKong akan berpartisipasi dalam "blogging trip" ini, sehingga total blogger asing yang akan turut serta menjadi lima orang. Pesta Blogger 2008 tahun ini, selain mendapatkan dukungan penuh dari Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Departemen Komunikasi dan Informatika, serta Kementerian Negara Riset dan Teknologi Republik Indonesia, dan Kedutaan Amerika Serikat di Indonesia sebagai sponsor utama.

WAH

Filed under , having 0 comments  

Pengguna Adobe Reader dan Acrobat 8, Hati-hatilah!

by kris joko


Siapa yang tidak pernah menggunakan Adobe Reader? Rasanya tidak ada bukan? Nah, ada berita penting dirilis Adobe, khusus bagi pengguna Adobe Acrobat 8 dan Reader 8 PDF viewer.

Telah ditemukan lubang keamanan di kedua aplikasi tersebut yang memungkinkan penyerang menggoda Anda untuk membuka file PDF yang dibuat khusus, biasanya dikirim sebagai lampiran e-mail. Menurut Core Security, masalah ini bisa menyebabkan stack buffer kebanjiran (overflow) saat mem-parsing file-file PDF yang jahat.

Kelemahan yang tercuat di Acrobat versi 8 ini memungkinkan seorang penyerang mengakses sistem komputer yang menjalankan Adobe Acrobat Reader 8. Agar tidak dibobol, jangan membuka lampiran e-mail berupa file PDF yang ditengarai berniat jahat. Ini jelas sulit dilakukan bukan?

Untunglah Adobe segera meluncurkan solusi (patch) dari masalah yang sejauh ini hanya ditemukan pada Adobe Reader 8.1.2 dan Adobe Acrobat 8.1.2. Aplikasi tersebut akan meminta Anda untuk meng-update aplikasi saat startup. Proses update manual itu dilakukan melalui menu Update*Help/Check.

WIEK

Olah Raga Jari dan Tangan

Saturday, November 1, 2008 by kris joko

Olahraga ini cocok buat yang biasa berlama-lama di depan komputer ,bisa di lakukan sambil tetap melakukan rutinitas kerja,apalagi bagi yang ga punya waktu buat berolahraga.berikut uraiannya:
jumlah gerakan ada 10 macam,tiap gerakan dilakukan dengan hitungan 9x4=36 kali
lakukan gerakan- gerakan sebagai berikut:

1. Jempol di sembunyikan dalam genggaman ,buat kepalan sejajar ,kemudian kedua tangan dibentur-benturkan sewajarnya 36 kali
manfaat: mengobati/mencegah penyakit pada muka ,mulut dan gigi ,penglihatan serta infeksi pada hidung /flu

2. Telapak tangan di hadapkan keatas ,tekuk sedikit ,seperti posisi menengadahkan kedua tangan dengan posisi jari kelingking kedua tangan menempel dan kemudian dibentur-benturkan 36 kali
manfaat: untuk mengobati leher kaku dan mencegah kerapuhan tulang

3. Telapak tangan di hadapkan keatas ,jari saling berlawanan ,kemudian pada bagian pergelangan tangan di bentur-benturkan 36 kali
manfaat:untuk mengurangi stress,dan mencegah sakit di dada dan jantung

4. Kedua telapak tangan di buka ,dihadapkan kebawah,jari telunjuk dan jempol di rentangkan dengan sudut 90 derajat ,keduanya saling dibenturkan pada bagian yang terbuka 36 kali
manfaat:untuk mencegah kekakuan pada tangan dan kaki ,serta menghilangkan sakit kepala.

5. Kedua telapak tangan dengan jari di buka lebar-lebar kemudian disilangkan dan dibentur-bentur 36 kali
manfaat:untuk menghilangkan kekakuan di tangan dan kaki

6. Tangan kiri di genggam erat,telapak tangan kanan dibuka lebar dan dibenturkan pada genggaman tangan kiri 36 kali
manfaat:mengurangi kelelahan serta menambah semangat

7. Demikian sebaliknya tangan kanan di genggam erat kemudian telapak tangan kiri dibuka lebar dan di benturkan ketangan kanan 36 kali.
manfaat:mengurangi kelelahan dan menambah semangat

8. Telapak tangan kanan menghadap keatas dan telapak tangan kiri menghadap kebawah kemudian benturkan punggung tangan kiri dan kanan 36 kali
manfaat:mengobati kencing manis dan usus

9. Kedua jempol dan telunjuk secara simultan mengurut daun telinga dari atas kebawah
manfaat:memperlancar metabilisme ,mukaotak dan mata.

10. Kedua telapak tangan di gosok-gosokkan sampai merasa hangat kemudian secara perlahan di gosokan kemata
manfaat;untuk mengobati sakit pada mata
ulangi lagi gosokan kedua telapak tangan dan gosokan kebagian badan yang sakit untuk memperlancar peredaran darah.

semoga bermanfaat......
__________________


The only real valuable thing is intuition.


-Albert Einstein-

Filed under , having 4 comments