When this life becomes more difficult, I hope my starlight will stay to give me little hopeness in this black holes darkness sky

krisjoko

The Art of Forgiving

Thursday, March 12, 2009 by kris joko

Anda mungkin masih belum dapat memaafkan seseorang yang pernah sangat dekat dengan Anda. Padahal, kejadiannya sudah berlalu bertahun-tahun lalu. Namun, Anda juga masih belum bisa melupakan orang tersebut beserta kenangan-kenangannya. Pertanyaannya: Apakah kita sebaiknya perlu melupakan (forget) terlebih dahulu untuk bisa akhirnya memaafkan (forgive)? Ataukah justru sebaliknya?

Sebenarnya, berbicara soal memaafkan tidak bisa lepas dari konsep "forgiveness" itu sendiri. Forgiveness dapat berarti dua hal: meminta maaf dan memaafkan. Untuk melakukan dua tindakan tersebut, ada beberapa elemen yang dilibatkan, seperti korban, pelaku, dan berbagai jenis serta tingkat trauma, luka, atau ketidakadilan.

Pernyataan tersebut dikemukakan oleh Leonard Horwitz, seorang ahli psikoanalisa dari Greater Kansas City Psychoanalitic Institute. Sedangkan Enright and Human Development Study Group (1996) menyebutkan bahwa tindakan forgiveness selalu berkaitan dengan tiga aspek. Yang pertama memaafkan orang lain, lalu menerima permintaan maaf dari orang lain, dan terakhir memaafkan diri sendiri. Untuk mencapai tataran forgiveness seutuhnya, ketiga aspek tersebut harus tercapai semua. Sayangnya, kita tidak dapat selalu mendapatkan ketiga aspek tersebut di dalam kehidupan sehari-hari.

Forgiveness memiliki berbagai manfaat, baik secara psikologis maupun kesehatan. Di antaranya adalah memperbaiki hubungan yang renggang antarindividu, menyembuhkan luka batin yang dalam, pemulihan bagi korban maupun pelaku, serta sebagai sarana untuk pengembangan diri ke arah yang lebih baik. Orang yang sulit untuk memaafkan atau meminta maaf ternyata lebih rentan terhadap berbagai gangguan psikologis. Selain itu, mereka juga sulit untuk bisa mempertahankan tingkat kesehatan mental di hari tuanya.

Jangan pelit memaafkan

Mengampuni seseorang tidak langsung terjadi saat kita telah mengucapkan, "Ya, saya maafkan." Setidaknya, forgiveness bekerja melalui dua cara:

1. Kurangi stres yang muncul akibat dari keputusan untuk tidak memaafkan yang selalu diliputi oleh berbagai emosi, seperti sakit hati, kemarahan, agresivitas, kebencian, penolakan, dan ketakutan akan disakiti atau dipermalukan kembali. Jika emosi-emosi tersebut tidak diredakan, akan muncul gangguan-gangguan yang bersifat fisiologis. Misalnya meningkatnya tekanan darah dan perubahan struktur hormonal yang berhubungan erat dengan gangguan fungsi jantung, gangguan kekebalan tubuh, dan gangguan fungsi saraf dan ingatan.

2. Mencoba memaafkan. Di sinilah kita mungkin akan mengalami masalah, jika kita tipe orang yang sulit memaafkan orang lain. Seseorang yang pendendam dan pelit memaafkan biasanya sulit untuk membina hubungan jangka panjang dengan orang lain. Sebab hubungan yang telah terbina dapat rusak akibat kesalahan kecil. Setelahnya, orang lain pun akan sulit untuk mendekati dirinya karena telah melihat betapa buruknya caranya berelasi dengan orang lain. Lebih lanjut, orang yang sulit memaafkan atau meminta maaf, dan memiliki kebiasaan gemar mengungkit-ungkit kesalahan orang lain, berpeluang lebih besar mengalami masalah kesehatan fisik dan juga mental.

Memaafkan butuh proses

Ahli teologi bernama Doris Deonneley mengatakan bahwa proses forgiveness membutuhkan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Menerima dan menyadari dampak menyeluruh dari peristiwa yang menyakitkan.

2. Memutuskan untuk memaafkan.

3. Menyadari bahwa memaafkan itu sulit untuk dilakukan dan selalu melibatkan suatu proses yang tidak menyenangkan bagi semua pihak yang terlibat di dalamnya.

4. Memaafkan diri sendiri. Kebanyakan orang mampu memaafkan orang lain tetapi sulit untuk memaafkan diri sendiri untuk perbuatan yang sama.

5. Mempertimbangkan akibat-akibat yang mungkin muncul jika kita belum dapat atau tidak mau memaafkan.

Hal terpenting yang perlu diingat: forgiveness bukanlah kejadian sesaat, melainkan sebuah proses. Forgiveness adalah suatu proses yang harus ditumbuhkan dan dipelihara karena berlawanan dengan kecenderungan alamiah manusia untuk membalas dendam dan menentang ketidakadilan. Memaafkan secara tulus memang sulit, namun kita semua pasti bisa melakukannya.

Sumber : Preventiona

Filed under , having 1 comments  

Membuka Dokumen Corrupt

by kris joko

Saat bekerja dengan Microsoft Word mungkin Anda pernah mengalami hal ini. Dokumen yang ingin Anda akses tiba-tiba rusak dan tak bisa dibuka. Dengan kondisi begini pasti Anda akan panik. Apalagi jika file tersebut adalah file penting, dan tidak ada file back up-nya.

Jangan berkecil hati dahulu! File yang rusak tersebut mungkin saja masih dapat diperbaiki dan diperbaiki dengan Text Recovery Converter. Caranya menggunakannya sebagai berikut:
1. Buka program Microsoft Word, lalu klik [File] > [Open].
2. Pilih file dokumen yang rusak tersebut.
3. Klik panah kecil yang ada di sisi kanan tombol [Open].
4. Pada menu drop down yang terbuka, pilih [Open and Repair].
5. File Anda yang rusak akan terbuka kembali. Tapi perlu diketahui, tingkat keberhasilan perbaikan ini tergantung dari seberapa besar kerusakan file Anda.

sumber: PCplus

Hati-hati, Gendam di Yahoo Messenger

by kris joko

JANGAN lengah kalau tidak mau account Yahoo Anda "digendam" orang lain. Teknik perampasan account yang sedang marak saat ini adalah melalui phising yang disebar lewat Yahoo Messenger.

Phising pada dasarnya pesan biasa namun pada intinya rayuan kepada korban untuk meng-klik alamat situs tertentu. Paling sering adalah pesan bahwa teman Anda baru mengunggah foto-fotonya. Beberapa alamat yang saat ini paing sering dipakai antara lain www.holiday-picz.com atau summer-picz.com. Namun, penyebar spam bisa membuat alamat baru kapan saja dan menyebarkannya.

Alamat-alamat tersebut sudah disiapkan pelaku untuk menjerat korban sehingga dengan sukarela dan tanpa sadar menyerahkan hartanya dalam hal ini account Yahoo berikut passwordnya. Jangan sekali-kali anda masukkan Yahoo Email dan Password anda karena account YM anda akan langsung diketahui.

Sekali Account Yahoo anda diketahui, secara teknis banyak sekali hal-hal berbahaya yang dapat dilakukan tanpa sepengetahuan anda. Seperti mengirimkan phishing, SPAM, email fitnah sampai mengubah data pemilik Account. Terlebih jika anda memiliki akses berharga pada Account YM anda seperti administrator mailinglist dengan jumlah anggota yang besar, account produk-produk Yahoo dan lainnya.

Sejumlah situs jebakan atau forgery ini sebenarnya mudah diidentifikasi dan bukan hal baru. Bahkan browser Firefox telah menyediakan fitur peringatan untuk situs-situs forgery dengan warna merah dan ikon polisi. Sayangnya Internet Explorer dan Safari tidak memiliki fitur ini. Jadi, satu-satunya cara menghindar jangan terkena rayuan memasukkan password account Yahoo ke situs lain.

Rekayasa sosial

Layaknya gendam, semua orang berisiko tertipu untuk masuk ke jerat tersebut. Bisa karena kurang teliti karena mengira situs yang dikunjungi adalah situs milik Yahoo. Namun, alasan utama yang sering menjerumuskan adalah karena penerima mengira pesan tersebut dikirim kontak anda yang ada di Yahoo Messenger.

Tentunya Anda percaya bahwa teman anda tidak mungkin mencelakakan anda dengan menjebak anda ke situs phishing. Jadi, kalau Anda menerima pesan seperti di atas, jangan mengamuk dulu kepada teman Anda. Inilah rekayasa social yang dimanfaatkan pelaku.
Masalahnya, pesan YM tersebut rupanya tidak dikirimkan oleh teman Anda, melainkan karena Account Yahoonya telah diketahui dan digunakan untuk mengirimkan pesan yang menggiring semua kontak untuk mengklik link yang membuka halaman web yang meminta Yahoo Mail dan password.

Satu-satunya cara menghilangan pengaruh "gendam" ini adalah segera minta teman anda untuk mengganti Password Yahoo. Tanpa diganti, pesan spam akan terus terkirim ke mana-mana. Penting juga memeriksa dengan teliti apakah data pendukung account Yahoonya masih sesuai dengan dirinya. Kalau masih sesuai, mungkin account Yahoo tersebut masih aman digunakan.

Tetapi kalau anda was-was, ganti rekening Yahoo anda dengan yang baru dan jangan lupa lengkapi login Yahoo anda dengan "Sign in Seal" dan selalu perhatikan alamat situs Yahoo setiap kali memasukkan username dan password.

Legal namun licik

Tahukah Anda pengambilalihan account Yahoo tersebut ternyata legal, pelakunya pun perusahaan yang sah yang berdomisili di Panama. Artinya secara hukum pemilik account Yahoo yang dijebak phising tak dapat menggugat.

Rupanya TP Ltd, perusahaan yang menjadi dalang dari semua ini, licik dengan memanfaatkan kelemahan sosial para pengguna Internet. Pembuat situs tersebut menjelaskan Terms and Conditions yang menyatakan bahwa pemberi account Yahoo membolehkan perusahaan tersebut menggunakan account untuk mengirim iklan baik lewat email maupun lewat instant messenger.

Yang tidak kalah menarik, ada perusahaan game online internet yang populer di Indonesia dengan anggota ratusan ribu pengguna ternyata menggunakan jasa TP Ltd. Perusahaan tersebut memanfaatkan jasa untuk menyebarkan iklan gamenya.

Filed under , having 1 comments  

Jangan Lupa Matikan Lampu 28 Maret, Cukup Sejam Saja!

by kris joko

JAKARTA, SABTU - Kampanye global untuk menekan pemanasan global akan dilakukan dalam bentuk gerakan mematikan lampu sejagat. Tahun ini, kampanye yang diberi nama Earth Hour 2009 ini akan dilakukan serentak Sabtu 28 Maret.

Seluruh penduduk dunia diimbau untuk mematikan lampu di rumah. Tidak perlu sehari tapi cukup satu jam saja dari pukul 20.30 hingga 21.30. Pastikan semua alat elektronik yang tidak terpakai dalam kondisi power off bukan stand by.

"Sasaran kami mencapai satu milyar orang, lebih dari 1000 kota, semua bersatu untuk bersama-sama dalam upaya global untuk memperlihatkan bahwa mungkinlah untuk mengambil tindakan pada pemanasan global," demikian pesan yang ditulis dalam situs resmi Earth Hour yang dimotori WWF (Eorld Wildlife Fund). Jakarta termasuk salah satu kota yang telah memastikan akan berpartisipasi. Sejauh ini sudah 680 kota di 77 negara yang telah mendaftar dan akan terus bertambah.

WWF Indonesia memperkirakan, jika seluruh penduduk Jakarta mematikan lampu satu jam, cukup untuk mengistirahatkan kebutuhan listrik sebesar 300 MW. Ini juga akan mengurangi beban biaya listrik Jakarta sekitar Rp 200 juta dan mengurangi emisi karbon dioksida sekitar 284 ton.

Inisiatif ini telah dimulai pada tahun 2007 di Sydney, Australia dan berhasil melibatkan 2,2 juta rumah hunian dan bisnis termasuk Gedung Opera Sydney. Penjuru global, seperti Golden Gate Bridge di San Francisco, Colosseum di Roma dan papan reklame Coca Cola di Times Square, semuanya membisu dalam kegelapan, sebagai lambang-lambang harapan untuk suatu maksud mulia yang setiap jam semakin mendesak.

Apakah Anda akan melewatkan kesempatan ini saat semua orang bahu-membahu memberikan perhatian sejank kepada Bumi. Lagipula, menyelamatkan Bumi juga bisa dilakukan dengan langkah kecil seperti ini. Kalau kita bisa kenapa tidak?