When this life becomes more difficult, I hope my starlight will stay to give me little hopeness in this black holes darkness sky

krisjoko

BlackBerry Onyx Revisi Penampilan Bold

Wednesday, October 21, 2009 by kris joko

Belum lama merilis BlackBerry Storm2, Research In Motion (RIM) kembali merilis model BlackBerry baru yang diberi nama Onyx. Smartphone dengan nama resmi BlackBerry Bold 9700 ini bisa dibilang versi revisi pendahulunya, Bold 9000, yang kelhatan gemuk dan masih kaku.

Kenapa? Karena secara umum fitur-fitur yang diusungnya tak jauh berbeda dengan Bold generasi pertama. Yang paling membedakan adalah desainnya yang lebih kecil, lebih tipis, dan terlihat lebih elegan dibandingkan Bold sebelumnya. Selain itu, Onyx menggunakan navigasi optical trackpad bukan lagi trackball. Kemampuan kamera juga dinaikkan begitu pula memorinya.

"BlackBerry Bold 9700 dibangun di atas kesukseskan BlackBerry Bold pendahulunya namun dengan fitur-fitur baru dan terbaik dan ukuran lebih kecil, lebih ringan, dan desain yang sangat pas sehingga terlihat, terasa, dan bekerja dengan sangat baik," ujar Mike Lazaridis, Presiden dan CEO RIM dalam situs resmi RIM.

Perbedaan lainnya adalah peningkatan daya tahan baterai. Jika Bold pertama hanya sanggup bertahan hingga 4 jam waktu bicara dan 10 hari standby, Onyx sanggup hingga 6 jam waktu bicara dan 15 hari jika digunakan dalam mode standby di jaringan 3G karena menggunakan baterai 1500 mAh.

Onyx juga sudah menggunakan sistem operasi terbaru BlackBerry 5.0 dan mendukung Desktop Manager untuk PC dan Mac. Fitur-fitur lain yang diusung Onyx antara lain kamera 3,2 megapiksel dengan flash, WiFi, serta memori internal 256 MB yang dapat ditambah dengan kartu memori microSD.

Di antara jajaran perangkat BlackBerry, seri Bold bisa dibilang paling mumpuni dengan kelengkapan fitur yang dukungan konektifitas. Onyx memang didesain untuk bisa memenuhi kebutuhan komunikasi enterprise karena mendukung penuh layanan BlackBerry Enterprise Server maupun layanan standar BlackBerry Internet Server. Dari sisi konektivitas, Onyx juga sudah mendukung akses data hingga HSDPA.

Namun, kelihatannya Onyx hanya akan disediakan untuk pengguna jaringan GSM karena tidak tersedia versi CDMA. Harga dan ketersediaan sampai saat ini baru di AS.
WAH

Filed under having 0 comments  

Internet Tingkatkan Kemampuan Otak

by kris joko

Berselancar di dunia maya (internet) ternyata bisa meningkatkan fungsi otak dan memperkecil kemungkinan kehilangan memori ingatan. Setidaknya ini terbukti pada orang dewasa berusia sekitar 50 tahun ke atas. Hasil penelitian terbaru tim peneliti psikiater dan peneliti saraf University of California Los Angeles (UCLA) menunjukkan, penggunaan internet pada orang berusia tua bisa meningkatkan fungsi kognitif.

Situs National Geographic News dan harian the Telegraph, Selasa (20/10), yang mengutip hasil penelitian itu, menyebutkan bahwa tim UCLA membandingkan 24 orang dewasa usia 55-78 tahun yang sama sekali belum pernah membuka internet dengan yang tak pernah absen setiap hari. Hasilnya, ada peningkatan aktivitas bagian otak yang bertugas menangani memori dan membuat keputusan. ”Ini menunjukkan, membuka-buka situs di internet bisa menjadi cara mudah untuk melatih otak,” kata peneliti senior Teena D Moody.

Sukarelawan penelitian ini diminta membuka internet di rumah selama empat jam setiap hari. Bukan hanya sembarang membuka situs, tetapi secara khusus menggunakan mesin pencari dan menjawab pertanyaan berbagai topik yang ada di berbagai situs. Satu pekan kemudian para sukarelawan diperiksa dan hasilnya ada peningkatan aktivitas otak pada wilayah yang terkait kemampuan penggunaan bahasa, visual, memori, dan membaca.

Selama ini efek teknologi pada fungsi otak menjadi perdebatan sengit. Direktur the Royal Institution Susan Greenfield menghubungkan situs jaringan sosial di internet dengan berkurangnya daya konsentrasi pada anak. Ia juga menyalahkan layanan pesan singkat (SMS) sebagai penyebab meningkatnya ketidakpedulian pada anak. (LUK)

Filed under , having 0 comments  

Update Status Facebook via SMS

Sunday, October 4, 2009 by kris joko

Kemudahan update status di Facebook via SMS pada ponsel jadul atau kelas bawah dimungkinkan melalui fitur Facebook yang berjuluk Facebook Mobile Texts alias Update Status via SMS. Dengan fitur ini kita bisa meng-update status Facebook langsung dari hape via SMS, dengan cara persis seperti mengirim SMS biasa.

Dengan mengaktifkan fitur ini Anda dapat mengirim SMS ke Facebook untuk memperbarui status, meng-SMS teman, atau mengirim colekan dalam perjalanan. Anda juga dapat memilih agar dikirimi SMS berisi pesan, colekan (pokes), dan pesan dinding dari teman-teman begitu hal itu terjadi.

Namun untuk ini Anda akan dikenai biaya pengiriman SMS untuk update status. Besarnya tergantung masing-masing operator. Operator 3 sebagai operator pertama di ASEAN yang membuka layanan ini hanya mengenakan Rp 5000/bulan sepuasnya. Tarif AXIS Rp.1500/minggu atau Rp.5500/bulan sepuasnya. Telkomsel menerapkan tarif SMS normal. Sementara untuk terima SMS, semuanya gratis.

Aktivasi Update via SMS
Tentu saja Anda mesti sudah menjadi anggota Facebook sebelum melakukan aktivasi fitur ini. Aktivasi dilakukan dengan Login ke Facebook, sebagai berikut:
1. Arahkan kursor ke menu kanan bawah dan klik Selular (bahasa Indonesia) atau Mobile. Tunggu sampai muncul tampilan Facebook Mobile.
2. Di bagian m.facebook.com, klik Sign Up for Mobile Texts.
3. Pilih negara Indonesia, pilih operator yang dipakai (3, AXIS, atau Telkomsel).
4. Lanjutkan dengan menekan tombol Next. Maka akan muncul pesan untuk mengirimkan sms pendaftaran ke Facebook. Kirimkan SMS ke 32665 dengan isi f
5. Tunggu beberapa saat sampai Anda menerima SMS balasan dari Faceboook, yang berisi kode untuk ativasi. Tekan tombol Next dan tunggu sampai muncul tampilan berikutnya. Isikan kode yang dikirimkan lewat SMS ke hape Anda. Centang pada Add phone number to my profile, atau sebaliknya hilangkan tanda centang agar nomor tidak ditambahkan ke profile facebook Anda.
6. Terakhir, klik tombol Confirm. Faceboook akan mengirim SMS konfirmasi ke hape Anda. Nah, kini Update Status via SMS bisa digunakan

Pengaturan SMS Facebook
Jika tidak diatur, SMS dari Facebook akan membanjiri hape Anda. Karena itu buat pengaturan terlebih dulu agar hanya pesan terpilih yang dikirim ke hape Anda.
7. Dari langkah ke-6, Anda akan sampai ke menu pengaturan SMS Facebook. Di sinilah pengiriman pesan SMS ke hape Anda diatur. Mulai dari Texts Are: On/Off untuk menghidupkan/mematikan kiriman SMS ke hape Anda. Pilih pesan apa saja yang akan dikirimkan ke hape Anda, di bagian Which Texts should go to my phone. Pilihannya mulai dari Messages, Wall posts, Comments on my status, Friend requests, Photo tags, Comments, Pokes. Pilih juga apakah SMS akan dikirimkan oleh semua orang (Everyone) atau hanya teman yang terdaftar (Only my friends)
8. Anda juga bisa mengatur status siapa yang harus dikirimkan ke hape Anda di bagian Whose status updates should go to my phone? Lalu Anda juga bisa mengatur jam berapa saja SMS dikirimkan. Juga jumlah SMS yang dikirim setiap hari, mulai dari 5 – 100 sampai tanpa batasan. Matikan tanda centang di bagian Do not text me while I am logged in agar MSS tak dikirim saar Anda sedang login di Facebook. Terakhir, klik Save Preferences untuk menyimpan semua pengaturan tadi

Sumber: Sinyal

Filed under having 1 comments  

"Batik Indonesia" Berjuang ke Puncak Twitter

by kris joko

JAKARTA, Perayaan atas pengukuhan batik sebagai warisan budaya asli Indonesia oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), Jumat (2/10), disambut netter Indonesia pengguna Twitter. Sejak tadi pagi, banyak sekali posting yang menyertakan kata kunci seputar batik sehingga hal itu masuk dalam trending topics atau daftar topik-topik terhangat.

Bahkan, sempat kata "Batik" dan "Indonesia" berada di trending topics secara berurutan seolah-olah seperti menjadi satu rangkaian kata. Saat itu, kata "Batik" di urutan ke-6 trending topics dan kata Indonesia di urutan ke-7. Kejadian tersebut hanya berlangsung beberapa menit karena urutan trending topics berubah setiap menit.

Bahkan, ada kecenderungan dua kata kunci tersebut semakin menanjak ke peringkat atas. Pada pukul 16.00, kata "Batik" di urutan ke-4 dan kata Indonesia di urutan ke-6. Apakah hari ini "Batik Indonesia" akan berada di puncak trending topics Twitter? Ayo saatnya berpartisipasi. (WAH)