When this life becomes more difficult, I hope my starlight will stay to give me little hopeness in this black holes darkness sky

krisjoko

Ini Dia, Prosesor Tercepat di Bumi

Thursday, November 20, 2008 by kris joko


Intel Corporation mengklaim Intel Core i7 yang baru diluncurkan di Blitz Megaplex Pacific Place Jakarta, hari ini, Kamis (20/11), sebagai the fastest processor in the planet. Dengan teknologi Turbo Boost dan Hyper-threading, prosesor ini mempercepat proses komputasi hingga 40 persen tanpa meningkatkan konsumsi energi.

Country Manager Intel Indonesia Budi Wahyu Jati mengatakan diluncurkannya anggota pertama dari keluarga prosesor Nehalem ini merupakan kabar baik bagi industri film dan musik serta para gamers. "Mengedit film atau video dalam satu hari bukan tidak mungkin lagi," ujar Budi dalam peluncuran Intel Core i7.

Teknologi Turbo Boost membuat kinerja komputer lebih cepat untk memenuhi kebutuhan dan beban kerja pengguna. Melalui unit on-die power control yang canggih dan menggunakan transistor power gate berbasis teknologi proses manufaktur 45 nanometer.

Turbo Boost secara otomatis akan menyesuaikan clock speed dari satu atau lebih serta dari empat invidual processing cores untuk aplikasi single dan multi-threaded untuk meningkatkan kinerja tanpa menambah penggunaan energi. Teknologi ini juga membantu mengendalikan overheating, meski suhu rata-rata pada saat maksimal sebesar 60 derajat.

Intel Core i7 juga mempunyai teknologi power saving yang memungkinkan desktop berhibernasi. Sebelumnya teknologi ini hanya dimiliki oleh notebook berbasis Intel. Sementara itu, teknologi Hyper-threading memungkinkan komputer bekerja secara simultan. Hasil akhirnya, prosesor ini memberikan kinerja 8-threaded.

David Cahyadi dari Intel Indonesia dalam acara yang sama menunjukkan perbedaan komputer berbasis prosesor Intel Core i7 dan komputer berbasis Intel Duo Core-2 yang sebelumnya diklaim sebagai yang tercanggih dengan menggunakan aplikasi Power Director. Hasilnya, sementara komputer berbasis Intel Duo Core-2 masih menjalani 10 persen loading, komputer berbasis prosesor Intel Core i7 sudah menyelesaikan proses rendering.

Selain itu, pekerjaan prosesor memiliki peranan penting bersama dengan grafis untuk memperlihatkan games terlihat lebih nyata, terutama untuk game 3D. Ritter, seorang gamers jawara Warcraft Defense of The Ancients (DOTA) yang telah diijinkan mencoba terlebih dahulu komputer dengan teknologi ini menyambut baik kedatangan Intel Core i7. "Pas gunain, wah banget. Karena kalau dulu pas main, sebelumnya gerakan patah-patah, sekarang gerakannya jadi smooth. Kalau prosesornya bagus ya mendukung," ujar Ritter.

Meski sudah diluncurkan, produk Intel Core i7 baru akan tiba sekitr dua hingga tiga minggu mendatang di Indonesia. Harga Intel Core i7 tipe 920 sekitar 300 dollar dollar AS.

LIN

Filed under , having  

0 comments:

Post a Comment