When this life becomes more difficult, I hope my starlight will stay to give me little hopeness in this black holes darkness sky

krisjoko

Mercy B-Class Bertenaga Listrik di NAIAS Auto Show 2008

Monday, December 15, 2008 by kris joko

Pada North American International Auto Show (NAIAS) 2009—sebelumnya bernama Detroit Auto Show—yang berlangsung bulan depan, produsen mobil premium terkenal asal Jerman, Mercedes-Benz, akan memperkenalkan kepada publik mobil studi konsep BlueZero. Kendati belum ada rilis dari Mercedes-Benz, namun media Jerman, terutama on-line sudah menayangkan foto mobil tersebut. Menurut mereka, foto-foto tersebut dibocorkan oleh orang dalam Mercedes-Benz sendiri.

Meski Mercedes-Benz menyebut mobil ini BlueZero Concept, namun media Jerman justru menganggapnya sebagai B-Class generasi mendatang. Autobild sebagai salah satu media otomotif terbesar Jerman malah menyebutnya sebagai “B-Class Baru Bertenaga Listrik”.

Analisis tersebut didasarkan pada dimensi dan tentu saja desain mobil ini. Di samping itu, B-Class sejak diluncurkan pertama pada 2005 belum berganti model. Diperkirakan, BlueZero akan menjadi B-Class yang akan diluncurkan pada 2010.

B-Class adalah produk Mercedes-Benz yang masuk dalam kategori MPV kompak yang tampil dengan desain hatchback. Dimensinya sedikit lebih besar dari A-Class. Meski kurang begitu populer, B-Class juga dipasarkan oleh ATPM-nya di Indonesia, PT Mercedes-Benz Indonesia.

Tiga Varian
Lebih lanjut dijelaskan, BlueZero yang akan melakukan debut tersebut diperkenalkan Mercedes-Benz dalam tiga varian.

Pertama adalah BlueZero E-Cell, mobil yang hanya mengandalkan tenaga listrik sebagai penggeraknya. Untuk ini, Mercedes-Benz akan menggunakan baterai lithium-ion dan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 100kW (136 PS) dan torsi 320Nm.

Meski dari segi tenaga sangat menarik, namun daya jelajahnya sangat terbatas, hanya untuk 100 km, sedangkan untuk mengisi ulang baterai agar dapat digunakan lagi, perlu waktu dua jam. Dengan kemampuan seperti itu, Mercedes menargetkan mobil ini untuk mereka yang membutuhkan transportasi di sekitar kota.

Untuk jarak lebih jauh, atau varian kedua, yaitu EREV (extended range electric vehicle). Tepatnya, mobil listrik yang dapat digunakan untuk jarak jauh. Mercedes-Benz menyebutnya BlueZero E-Cell Plus. Mobil ini menggunakan baterai dan motor listrik yang sama dengan E-Cell, namun dilengkapi dengan motor bakar yang berfungsi sebagai generator untuk menghasilkan listrik.

Dengan adanya dua penggerak tersebut, mobil ini bisa digunakan untuk menempuh jarak 600 km. Motor bakar yang digunakan 3 silinder, berbahan bakar bensin, dilengkapi turbo dan sekarang ini digunakan Mercedes-Benz pada Smart.

Varian ketiga adalah F-Cell, kendaraan dengan sel bahan bakar yang menghasilkan listrik langsung dari hidrogen. Mercedes menyatakan bahwa mobil ini mampu menghasilkan tenaga 136 PS dan torsi 320 Nm, setara dengan kemampuan mesin diesel 2,0 liter. Namun yang menarik, F-Cell tidak menimbulkan emisi.

ZBJ

Filed under having  

1 comments:

NYoMaN said...

wih hemat bbm dong :D

Post a Comment