When this life becomes more difficult, I hope my starlight will stay to give me little hopeness in this black holes darkness sky

krisjoko

Install Ulang Office tanpa Aktivasi

Monday, December 22, 2008 by kris joko

Sebelumnya, PCplus pernah membahas cara untuk mengakali Windows Product Activation untuk Windows. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah diberikan, Anda tidak perlu lagi melakukan aktivasi Windows meskipun Anda meng-install ulang Windows.

Nah, setelah meng-install ulang Windows, tentunya Anda perlu melakukan install ulang aplikasi-aplikasi lain yang dibutuhkan. Proses install ulang tidak akan menyusahkan apabila aplikasi yang Anda install ulang adalah aplikasi-aplikasi standar. Yang akan menjadi masalah adalah ketika Anda meng-install ulang aplikasi lain yang mengharuskan aktivasi seperti yang harus dilakukan ketika meng-install Windows. Salah satu aplikasi yang akan meminta aktivasi saat Anda melakukan install ulang adalah Microsoft Office.

Seperti pada Windows, Anda juga bisa mengakali Office agar aktivasi ulang tidak perlu dilakukan. Secara garis besarnya langkah-langkah yang diperlukan juga sama, yaitu dengan melakukan back-up data aktivasi dan me-restore-nya seusai proses install ulang Windows dan Office. Perbedaannya terletak pada lokasi dan file yang harus di back-up.

Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah-langkah berikut sebelum Anda meng-install ulang Windows:
1. Jalankan Windows Explorer melalui menu [Start] > [All Programs] > [Accessories] > [Windows Explorer].
2. Buat sebuah folder baru untuk menyimpan file backup. Jika Anda ingin melakukan backup di disket, masukkan disket Anda ke disk drive.
3. Masuklah ke folder C:-Documents and Settings-All Users-Application Data-Microsoft-Office-Data-.
4. Pada folder Data akan muncul dua file dengan nama data.dat dan data.bak. Salinlah kedua file ini ke folder yang baru Anda buat atau ke disket yang telah disiapkan.

Setelah tahapan-tahapan diatas dilakukan, Anda dapat meng-install ulang Windows dan dilanjutkan dengan instalasi Office. Di akhir instalasi Office, Anda akan diminta untuk melakukan restart Windows. Sampai di sini Anda masih belum boleh menjalankan aplikasi-aplikasi Office karena Anda belum me-restore file aktivasi.

Maka dari itu, ikuti permintaan restart dari program installer. Selanjutnya:
5. Jalankan Safe Mode Windows.
6. Masuklah ke folder tempat Anda mem-back-up kedua file diatas, kemudian salin kembali ke folder C:-Documents and Settings-All Users-Application Data-Microsoft-Office-Data-.
7. Saat muncul konfirmasi untuk melakukan overwrite, jawab dengan [Yes].
8. Terakhir, restart PC dan aplikasi-aplikasi Office Anda tidak akan meminta aktivasi untuk yang kedua kalinya.

Harap diingat, trik ini bukan untuk melakukan crack terhadap aktivasi Office, melainkan untuk mengakali Office agar Anda tidak perlu dilakukan aktivasi ulang. Jadi, Anda tidak dapat menggunakan trik ini apabila sebelumnya tidak pernah melakukan aktivasi.

Sumber: PCplus

Tips awet muda

by kris joko

Arrow Tips awet muda
1. Detoks
Detoksifikasi adalah pengeluaran racun tubuh secara teratur. Ibadah puasa jika dijalankan dengan benar, sebenarnya juga merupakan proses detoksifikasi. Bahkan pembersihan yang terjadi tidak hanya bersifat lahir tapi juga batin. Tentunya tak perlu langsung melakukan detoks selama 2 minggu. Untuk permulaan, Anda bisa mencobanya selama 2-3 hari dulu, ketika week end.

2. Tidur Nyenyak dan cukup
Tidur yang nyenyak itu menyehatkan, di samping menyegarkan tubuh dan jiwa. Orang yang kurang tidur cenderung melemah daya tahan tubuhnya dan mudah terkena penyakit. Gangguan tidur bisa mengganggu konsentrasi, daya ingat, dan kreativitas. Sementara kelelahan yang timbul akibat tidak cukup tidur bisa menimbulkan iritasi dan ketidakseimbangan emosi, Juga berhubungan dengan banyaknya kasus kecelakaan. Tidur yang nyenyak sangat penting untuk penampilan yang awet muda. Sebab selama tidur, tubuh akan mengeluarkan hormon pertumbuhan yang berfungsi memperbaiki dan memperbaharui jaringan serta sel-sel tubuh, termasuk kulit. Dengan begitu terjadi peremajaan pada sel-sel tubuh, kulit dan jaringan.


3. Olahraga
Jika Anda belum terbiasa berolahraga, mulailah dari sekarang. Menurut Miriam E, Nelson PH.D, penulis buku Strong Women Stay Young yang memang meneliti pengaruh olahraga dan gizi pada tulang wanita di Tufts University School of Nutrition, Amerika. wanita umumnya mulai menyusut kepadatan tulang dan ototnya sekitar 40 tahun. Sebagian penyebabnya adalah karena kurang berolahraga. Tulang dan otot yang tidak dilatih memang mudah mengalami penyusutan.

4. Relaksasi
Belajarlah untuk rileks, karena berdasarkan penelitian yang dilakukan di Inggris, kecemasan bisa membuat wajah nampak menua dalam hitungan bulan. Tapi dengan belajar rileks dan mengelola stres dengan baik, wajah bisa nampak kembali muda.
5. Menjaga pikiran positif
Pikiran dan afirmasi yang positif akan meningkatkan energi dan membawa hal-hal yang positif dalam kehidupan. Sedangkan pikiran-pikiran dan afirmasi negatif cenderung melelahkan dan berpotensi menimbulkan kegagalan. Selain itu juga membuat Anda lebih cepat tua dan tidak menarik.

INfo: www.healthyfood2.tk
Reply With Quote

Mercy B-Class Bertenaga Listrik di NAIAS Auto Show 2008

Monday, December 15, 2008 by kris joko

Pada North American International Auto Show (NAIAS) 2009—sebelumnya bernama Detroit Auto Show—yang berlangsung bulan depan, produsen mobil premium terkenal asal Jerman, Mercedes-Benz, akan memperkenalkan kepada publik mobil studi konsep BlueZero. Kendati belum ada rilis dari Mercedes-Benz, namun media Jerman, terutama on-line sudah menayangkan foto mobil tersebut. Menurut mereka, foto-foto tersebut dibocorkan oleh orang dalam Mercedes-Benz sendiri.

Meski Mercedes-Benz menyebut mobil ini BlueZero Concept, namun media Jerman justru menganggapnya sebagai B-Class generasi mendatang. Autobild sebagai salah satu media otomotif terbesar Jerman malah menyebutnya sebagai “B-Class Baru Bertenaga Listrik”.

Analisis tersebut didasarkan pada dimensi dan tentu saja desain mobil ini. Di samping itu, B-Class sejak diluncurkan pertama pada 2005 belum berganti model. Diperkirakan, BlueZero akan menjadi B-Class yang akan diluncurkan pada 2010.

B-Class adalah produk Mercedes-Benz yang masuk dalam kategori MPV kompak yang tampil dengan desain hatchback. Dimensinya sedikit lebih besar dari A-Class. Meski kurang begitu populer, B-Class juga dipasarkan oleh ATPM-nya di Indonesia, PT Mercedes-Benz Indonesia.

Tiga Varian
Lebih lanjut dijelaskan, BlueZero yang akan melakukan debut tersebut diperkenalkan Mercedes-Benz dalam tiga varian.

Pertama adalah BlueZero E-Cell, mobil yang hanya mengandalkan tenaga listrik sebagai penggeraknya. Untuk ini, Mercedes-Benz akan menggunakan baterai lithium-ion dan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 100kW (136 PS) dan torsi 320Nm.

Meski dari segi tenaga sangat menarik, namun daya jelajahnya sangat terbatas, hanya untuk 100 km, sedangkan untuk mengisi ulang baterai agar dapat digunakan lagi, perlu waktu dua jam. Dengan kemampuan seperti itu, Mercedes menargetkan mobil ini untuk mereka yang membutuhkan transportasi di sekitar kota.

Untuk jarak lebih jauh, atau varian kedua, yaitu EREV (extended range electric vehicle). Tepatnya, mobil listrik yang dapat digunakan untuk jarak jauh. Mercedes-Benz menyebutnya BlueZero E-Cell Plus. Mobil ini menggunakan baterai dan motor listrik yang sama dengan E-Cell, namun dilengkapi dengan motor bakar yang berfungsi sebagai generator untuk menghasilkan listrik.

Dengan adanya dua penggerak tersebut, mobil ini bisa digunakan untuk menempuh jarak 600 km. Motor bakar yang digunakan 3 silinder, berbahan bakar bensin, dilengkapi turbo dan sekarang ini digunakan Mercedes-Benz pada Smart.

Varian ketiga adalah F-Cell, kendaraan dengan sel bahan bakar yang menghasilkan listrik langsung dari hidrogen. Mercedes menyatakan bahwa mobil ini mampu menghasilkan tenaga 136 PS dan torsi 320 Nm, setara dengan kemampuan mesin diesel 2,0 liter. Namun yang menarik, F-Cell tidak menimbulkan emisi.

ZBJ

Filed under having 1 comments  

Presiden Bush Dilempari Sepatu di Irak

by kris joko


BAGHDAD, MINGGU — Kunjungan perpisahan Presiden AS George W Bush ke Irak, Minggu (14/12), diwarnai insiden memalukan. Seorang wartawan warga Irak melompat dan melempari Bush dengan sepatu ketika Bush mengadakan konferensi pers.

"Ini adalah akhirnya!" teriak pria itu kemudian melemparkan sepatu. Pria nekat itu belakangan diidentifikasi bernama Muntadar al-Zeidi. Ia adalah koresponden televisi Al-Baghdadiya, sebuah stasiun televisi milik warga Irak berkantor pusat di Kairo, Mesir.

Bush berkelit dengan menundukkan kepala. Sepatu itu pun melayang di atas kepala Bush saat mengadakan konferensi pers dengan Perdana Menteri Nuri al-Maliki di Istana Salam di bawah pengawalan ketat.

Al-Zeidi kemudian dibekuk aparat keamanan. Namun, pria itu terus meneriaki Bush meskipun sudah diamankan. Suaranya terdengar dari ruangan lain. "Itu ciuman perpisahan, kamu anjing," katanya.

Tapak sepatu dianggap sebagai penghinaan pamungkas dalam budaya Arab. Setelah patung Saddam Hussein dirobohkan di Baghdad pada April 2003, banyak orang yang membenci rezim Saddam memukuli wajah patung itu dengan tapak sepatu mereka.

Gedung Putih menyatakan, Bush membungkuk untuk menghindari sepatu pertama, sementara sepatu kedua hampir mengenai presiden AS tersebut. Atas insiden itu, sejumlah wartawan Irak yang menghadiri konferensi pers tersebut berdiri untuk meminta maaf kepada Bush.


"Terima kasih karena meminta maaf atas nama orang Irak. Hal itu tidak mengganggu saya. Jika Anda menginginkan fakta, itu sepatu ukuran 10 yang dilemparkannya," kata Bush bercanda. Dengan meremehkan insiden itu, Presiden Amerika tersebut kemudian mengatakan, "Saya tidak tahu apa masalah orang itu. Saya tidak merasa terancam sama sekali."

Bush melakukan kunjungan perpisahan ke Irak, Minggu (14/12). Kunjungan mendadak itu hanya 37 hari menjelang Bush lengser dan akan digantikan Barack Obama pada 20 Januari nanti.

Pesawat kepresidenan AS, Air Force One, mendarat di Bandara Internasional Baghdad, Minggu sore, setelah menempuh perjalanan selama 11 jam. Saat keamanan di Irak lebih kondusif, kedatangan Bush kali ini disambut dengan upacara penyambutan resmi. Hal itu tidak terjadi dalam tiga kunjungan Bush sebelumnya ke Irak.

Bush menegaskan, selama kunjungan mendadak ke Baghdad, Minggu (14/12), intervensi Amerika di Irak sulit, tetapi penting. "Pekerjaan itu tidak mudah, tetapi itu penting bagi keamanan Amerika, harapan Irak, dan perdamaian dunia," kata Bush pada pertemuan dengan Presiden Irak Jalal Talabani.

Bush yang dijadwalkan mengakhiri tugas bulan depan memerintahkan invasi pimpinan AS ke Irak pada Maret 2003 yang berhasil menggulingkan pemerintahan Saddam Hussein, tetapi menyulut pemberontakan mematikan dan kekerasan sektarian selama bertahun-tahun.

"Saya sangat bersyukur saya masih memiliki peluang kembali ke Irak sebelum masa tugas saya sebagai presiden berakhir," kata Bush yang sedang dalam lawatan keempat ke Irak sejak penggulingan Saddam Hussein.

Bush menganggap perjanjian keamanan AS-Irak yang menetapkan penarikan pasukan Amerika pada akhir 2011 sebagai "kenangan persahabatan kita dan cara untuk membantu rakyat Irak menyadari berkah menjadi masyarakat yang bebas".

Talabani, seorang Kurdi yang memerangi rezim Saddam, menyebut Bush sebagai "seorang teman hebat bagi rakyat Irak yang membantu kami membebaskan negara kami".

ONO
Sumber : AP

Filed under having 1 comments  

Merayu Elektrik Starter yang Lagi "Ngambek"

Tuesday, December 2, 2008 by kris joko


Kalau elektrik starter (motor bebek, skutik dan sport) Anda “ngambek”, kenyamanan saat menghidupkan mesin jadi berkurang. Malah kalau mesin agak rewel, dipastikan Anda akan bercucuran keringat untuk menghidupkan mesin. Anda harus mengerahkan tenaga, menggunakan kaki untuk menggerakkan starter “selah” yang juga disebut “kick starter” agar mesin bisa dihidupkan.

Bagi wanita yang menggunakan motor, baik berbelanja ke pasar, bekerja maupun mengantarkan putra-putranya ke sekolah, kalau starter listrik ngambek, pasti akan mengesalkan. Untuk mencegah kondisi tersebut, sistem starter perlu diperhatikan.

Paling Sering
Faktor yang paling sering menyebabkan starter listrik ngambek adalah bila pasokan energi listrik dari batere atau aki tidak memadai. Motor starter (awam menyebutnya dinamo starter) pada sistem elektrik starter sepeda motor, membutuhkan energi listrik paling besar dibandingkan komponen lainnya pada motor. Karena itulah, kabel yang digunakan berukuran besar dan harus dilengkapi dengan relay untuk mencegah tombol terbakar atau cepat rusak.

Pada aki motor, bagian yang paling sering menimbulkan masalah adalah batere atau aki. Kalau aki sudah lama digunakan, dipastikan masa tugasnya sudah habis dan harus diganti baru. Biasanya berkisar 2 – 3 tahun.

Kalau aki masih baru, penyebab adalah air aki yang kurang atau terminalnya korosi. Pada aki basah, gangguan bisa lebih sering dan lebih cepat lagi. Malah pada aki basah, kedua terminal bisa saja mengalami korosi. Sedangkan pada aki kering atau MF (maintenance free), terminal negatifnya yang korosif. Akibatnya, arus yang sampai ke motor starter berkurang.

Korosi pada terminal aki tidak hanya menghalangi listrik ke motor starter, juga menyebabkan ujung kabel kabel massa (ground) yang dihubungkan ke aki rusak atau rontok. Baut dan mur pada terminal juga tidak bisa dibuka. Karena itulah, terminal aki dibersihkan secara teratur. Paling gampang, semprotkan “contact cleaner” atau mengoleskan gemuk setiap bulan, baik untuk aki kering maupun basah.

Korosi pada terminal negatif menyebabkan aliran listrik yang akan kembali ke aki terhalang. Karena itulah, agar motor starter “tokcer” dan mencegah bagian lain cepat rusak, kedua terminal aki harus bersih. Kalau sudah terlanjur rusak, harus diganti dengan kabel berukuran besar. Tidak boleh menggunakan kabel atau terminal dengan ukuran sembarangan.

Kalau ukuran kabel di terminal negatif ke masa kecil, selain menyebabkan peralatan kelistrikan tidak bekerja dengan baik, juga bisa menimbulkan kebakaran.

Tombol Starter
Bagian lain yang juga dapat menimbulkan masalah adalah tombol starter pada setang motor. Karena sering digunakan, terutama motor-motor yang sudah berumur, kontaknya yang dibuat dari tembaga akan oblak. Atau bisa pula per pembaliknya lemah. Kalau sudah begini, “unit switch assy handle” harus diganti.

Motor Starter
Terminal positif pada motor starter juga dapat menimbulkan masalah. Penyebabnya, daya jepit klip pada terminal lemah. Akibatnya arus listrik yang sampai ke motor lemah dan tidak kuat memutar mesin. Malah karena motor sering dicoba untuk dihidupkan, klip tersebut bisa copot dari terminal motor.

Kerusakan pada jeroan motor starter adalah borstel (brush) atau arang. Komponen aus atau menipis sehingga tidak bisa lagi membuat hubungan tipis. Ini bisa terjadi karena selama starter dihidupkan, komponen selalu bergesek dengan komutator (rotor) starter. Akibatnya, dalam beberapa tahun borstel ini akan habis atau menipis dan tidak bisa lagi membuat kontak dengan startor. Cara mengatasinya borstel harus diganti.

Penyebab lain motor starter rusak, terdapat kotoran di komutator. Kotoran tersebut berasal dari uap oli merembes melalui celah “bearing” motor starter. Untuk mengurangi akumulasi kotoran uap oli, gunakanlah oli sesuai dengan standar tekanan yang telah ditentukan pabrik. Tidak boleh lebih. Kalau lebih menyebabkan tekanan uap oli saat mesin bekerja tinggi dan jumlah yang akan merembes ke motor starter makin banyak.

Relay
Komponen ini boleh dikatakan paling jarang menimbulkan gangguan. Tandanya, komponen ini bekerja, saat tombol starter ditekan, terdengar bunyi, ”Tek...tek.”

ZBJ

Filed under , having 3 comments  

Ban Hujan Yang Cocok Untuk Motor

by kris joko


Banyak pemilik sepeda motor kalang kabut menghadapi musim hujan ini. Ada yang nggak bisa mulus kala manuver di tikungan lantaran tunggangannya memakai ban jenis kering. Lalu, ada yang salah kaprah beli ban basah. “Padahal, produsen ban nasional bikin ban sudah menyesuaikan dengnan kondisi jalan dan niklim Indonesia,” tegas Yulfahmi, pimpinan Departemen technical Production PT Gajah Tunggal, produsen ban IRC.

Biasanya, lanjut Yulfami, saat memproduksi sudah diperhitungkan bisa dipakai saat kondisi jalan basah atau kering. Apalagi ban yang diproduksi untuk standar pabrikan motor.

Lalu, ban seperti apa yang cocok untuk kondisi jalan basah? Yang jelas, semua desain ban yang mempunyai pattern groove (alur kembang) cocok untuk jalanan basah. “Sebab groove berfungsi sebagai jalur air dan memecah genangan air sehingga bagian yang menonjol bisa mengcengkeram aspal,” jelas Yulfami.

Ban standar bawaan pabrik, sebenarnya paling ideal buat jalanan basah maupun kering. Sebab, terang Yulfami, sudah diperhitungkan dengan berat dan tenaga motor. Baik diameter maupun lebar tapak.

Pertanyaannya, mana yang lebih baik, ban dengan banyak coakan yang rapat atau renggang? Makin rapat groove makin baik membuang air di jalan tergenang. Sebaliknya, yang renggang telat memecah genangan air. Tapi, coakan rapat atau renggang juga berisiko. “Ini menyangkut umur ban,” ungkap Yulfahmi.

Jika groove rapat, permukaan ban yang bersinggungan dengan aspal semakin sedikit. Artinya, beban yang ditanggung jadi lebih berat. Akibatnya gesekan akan lebih cepat menggerus kompon ban. Umur ban jadi lebih singkat.

Masih ada lagi, soal coakan di bibir ban. Ada ban yang punya pattern sampai bibir, ada juga yang tidak. Tapi jangan menghakimi ban yang tidak ‘dicoak’ sampai bibirnya tidak bagus. Semua sudah dianalisa saat didesain. Terutama kemampuan sudut kemiringan ban.

“Biasanya, meski miring saat manuver, tidak sampai habis sisi bibir ban. Masih tersisa sekitar 1 centimeter. Nah, biasanya sampai jarak itu produsen membuat coakan,” jelas Willianto Husada, dari produsen ban Indo Tire. (Aries)

Filed under having 1 comments  

Nokia Maps 2.0, GPS Plus Peta Sederhanakan Urusan Perjalanan

by kris joko

“Orang Jakarta” main ke “Jawa”, apa yang menjadi kesulitannya? Ketika mereka bertanya soal tempat alias lokasi. Rupanya “orang Jakarta” yang konon rata-rata berpendidikan modern ini kurang “diajari” menggunakan navigasi utara-selatan-timur-barat. Padahal di “Jawa” mungkin Anda akan sengsara jika tidak mengenal arah mata angin di sekitar.

Benturan budaya itu bisa diatasi dengan GPS (Global Positioning System) dan peta. Dengan keduanya, saat melakukan perjalanan, orang Jakarta tak usah “bete” ketika dipandu dengan mata patokan angin.

Mudik lebaran yang baru saja berlalu semakin menegaskan kebutuhan akan pentingnya perencanaan yang cermat atas perjalanan. Pada ruas jalan tertentu, kemacetan bisa terjadi sepanjang 12 kilometer pada hari puncak mudik. Waktu tempuh bisa molor 100% dibanding jadwal biasa.

Itu terjadi utamanya karena konsentrasi kendaraan pada satu jalur saja. Padahal kalau mereka yakin tahu jalan alternatif, mereka akan mau menjalaninya. Ini meski harus menempuh rute yang lebih panjang karena sedikit memutar dan melewati permukaan jalan yang tak mulus. Namun tetap lebih baik dibandingkan harus stress terjebak dalam neraka kemacetan berjam-jam. Masalahnya, tidak banyak yang berani ambil risiko mencari jalan alternatif karena tak cukup panduan.

Perjuangan mencari jalan alternatif memang jelas sudah banyak dilakukan. Namun kegiatan itu hanya sebatas komunikasi lisan yang bisa jadi justru semakin membingungkan. “Ambil jalan ke kiri selepas perempatan kedua yang ada patung polisinya,” kata saudara di ujung telepon. “Jangan masuk tol, macet banget, cari sembarang jalan asal jangan masuk,” tutur saudara lain yang sedang terjebak macet.

Mereka semua memberi amar, tetapi sering juga tak tahu solusinya. Atau ada yang tahu jalan alternatif tetapi ketika yang dipandu tidak nyambung atau sudah nyasar terlalu jauh, dia sendiri juga kelimpungan. Itulah mengapa orang banyak pasrah pada satu jalur sejuta umat. Maka ketika macet, macetnya juga berjamaah.

Padahal di scene lain, ada sementara orang yang saling memandu kolega tanpa banyak kata. Mereka cukup mengirimkan koordinat posisi lintang dan bujur lokasi yang dimaksud, dan orang lain akan setia menuju ke titik panduan itu dengan bimbingan peranti GPS.

Atau dengan bantuan peta, tidak perlu ribet dengan angka-angka koordinat lagi. Cukup aktifkan GPS, buka peta. Dan peranti Anda akan menunjukkan di mana posisi Anda, posisi titik-titik lokasi di sekitar, posisi jalanan utama, posisi rel kereta api, posisi sungai-sungai, posisi kota-kota bahkan negara lain di seluruh dunia.

Atas kerja berbagai pihak, titik-titik di peta itu sudah diberi nama sesuai dengan namanya di dunia nyata. Sangat memudahkan.

GPS dan peta adalah kolaborasi yang indah. Titik yang ditunjukkan oleh GPS mewakili pembawa peranti tersebut, konteks sekitarnya digambarkan oleh peta. Peta yang akurat sebaiknya digambar atas dasar citra satelit, sehingga presisi setiap titik lokasi selalu akurat.

GPS hanya menunjukkan sebuah titik. Tanpa peta yang menggambarkan situasi di sekitarnya, GPS tidak banyak berarti, utamanya bagi awam. Peta-lah yang memberi roh pada GPS. Peta menjadikan data-data GPS menjadi informasi yang bisa dicerna awam.

Jika membaca peta kita masih harus memastikan posisi kita sendiri, dalam peta ber-GPS kita sudah bisa dipetakan langsung sebagai titik di peta tersebut. Jika sedang bergerak ke suatu arah kita melenceng dari arah yang dituju, gerakan salah kita itu ditunjukkan di layar.

Ambil contoh, kita ingin mencari pom bensin terdekat ketika bahan bakar favorit mobil itu sedang tiris. Secara tradisional kita hanya akan menyusur jalan sambil berharap ada stasiun pompa bensin yang buka. Beruntung jika segera beroleh, kalau tidak?

Dengan peta ber-GPS yang sudah dilengkapi dengan konten POI (Point of Interest), maka lokasi pom bensin terdekat bisa terdeteksi plus jarak terdekat yang harus ditempuh dengan memperhitungkan jalan yang bisa dilewati. Dari data itu kita bisa memperhitungkan ketersediaan bahan bakar. Dan kepastian menemukan lokasi tanpa harus gambling menyusur jalan menjadikan perjalanan lebih efisien.

Ada contoh lain dalam penggunaan sehari-hari? Ada. Ternyata peta ber-GPS bisa mendukung kegiatan diet. Diet yang dibarengi dengan olahraga adalah pendekatan yang paling baik. Dan GPS bisa membantu mencatat seberapa jauh kita sudah melakukan kegiatan jalan kaki atau lari.

Semua itu diperoleh dari catatan lintasan dan kecepatan GPS yang kita bawa selama berjalan atau berlari tersebut, digabungkan dengan aplikasi sederhana pembakaran kalori. Tidak perlu instruktur jalan kaki khusus, aplikasi dan GPS itu telah membantu menghitung buat kita.

Peta ber-GPS adalah peta yang sangat nyaman, bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan yang berkaitan dengan perjalanan. Dan kini, GPS tersebut bukan lagi mainan ahli geologi atau nakhoda kapal semata, namun sudah dijamah orang-orang awam gara-gara sudah dicangkokkan di ponsel kebanyakan. Maka menjamurnya penggunaan GPS dan peta dalam waktu dekat adalah keniscayaan.

Kepalang basah, pembuat ponsel yang menanamkan GPS dalam berbagai seri handset-nya seperti Nokia sekarang juga habis-habisan dalam konten petanya. Belum lama ini, bekerjasama dengan Navteq dan TeleAtlas, Nokia mengembangkan peta Maps 2.0 yang dilengkai dengan untuk lebih dari 200 negara di dunia yang bisa di-download dari http://maps.nokia.com. Dari sekian ratus peta itu, yang navigable sudah sekitar 70 negara. Navigable maksudnya adalah bahwa peta yang ada bisa dijelajahi berdasarkan lanskap yang ada.

Fitus navigasi pada Maps 2.0 adalah unggulan. Untuk memenuhi kebutuhan pelancong, ada dua pilihan mode: Drive alis menyetir dan Walk alias jalan kaki. Pada mode Drive akan ditunjukkan rute berdasarkan jalan-jalan utama yang tentu saja harus bisa dilalui mobil. Sedang pada mode Walk, penjelajahan bahkan bisa dilakukan dari pintu ke pintu seperti orang sedang mencari kerja, dengan modus pedestrian.

Kedua fasilitas itu, sayangnya, merupakan pelengkap tambahan yang tidak gratis. Untuk mendapatkan lisensi satu tahun keduanya, ongkosnya adalah Rp 1.084.700. Sedang kalau hanya ingin menggunakan selama sebulan misalnya, dikenakan biaya lisensi Rp 139.400.

Wah, dengan biaya sebesar itu mungkin tetap akan dibayar “orang Jakarta” daripada harus pusing mendengar panduan mata angin dari “orang Jawa” saat mudik.

Sumber: Sinyal

Filed under , having 0 comments  

Yamaha Siap Luncurkan Pengganti RX-King

by kris joko


BANDUNG, SELASA - Tahun 2009 merupakan akhir dari produksi motor legendaris Yamaha RX King di Indonesia. sebagai penggantinya, produsen motor Yamaha di Indonesia PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) telah siap dengan produksi sepeda motor sport terbarunya pengganti RX King.

Hal ini diungkapkan Vice Presiden PT Yamaha Motor Kencana Indonesia, Ir Dyonisius Beti MM, sewaktu ditanyakan kelanjutan dari produksi motor sport Yamaha RX King yang akan dihentikan produksinya, di sela-sela -sela peluncuran program Funtastic Female Yamaha 2008 dengan tema: "Dari Yamaha untuk Wanita Indonesia,''.

Ketika ditanyakan apakah motor yang akan diluncurkan tahun depan sebagai pengganti Yamaha RX King tersebut betul-betul motor baru atau hanya merupakan pengembangan motor sport yang ada. " Pokoknya motor sport itu betul-betul baru dengan kelasnya sama. Pokoknya sabar tunggu saja dulu," Ujar Dyon mengelak memberikan rincian dari motor baru produk Yamaha tersebut.

Diakui Dyon, tahun depan pihak YMKI akan tetap terus memproduksi sepeda motor Yamaha RX King, mengingat hingga saat ini permintaan pasar untuk tipe sepeda motor ini di luar pulau Jawa masih tinggi.

Sewaktu ditanyakan apakah dengan memproduksi tipe Yamaha RX King yang hanya dalam waktu satu tahun ini, pihak YMKI tidak merugi? " Dilihat dari sisi biaya tidak merugi, mengingat selama hampir 25 tahun di pasarkan di Indonesia sepeda motor ini selalu habis terjual," katanya.

Langkah penghentian untuk memproduksi Yamaha RX King itu sendiri dilakukan setelah mempertimbangkan berbagai aspe. PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) berencana tidak lagi menjual model motor legendaries yang menggunakan mesin 2 Tak, Yamaha RX King.

Diakui Dyon, selama ini rata-rata penjualan Yamah RX King mampu mencapai 1.000 unit perbulannya. Di segmen motor sport ini, Yamaha telah mempersiapkan penggantinya antara lain Yamaha Scorpio dan Yamaha Vixion.

Pihak YMKI sendiri terakhir meluncurkan Yamaha RX King generasi terbarunya pada 2006 yang telah menggunakan spesifikasi mesin sesuai dengan standar emisi gas buang Euro 2. Data penjualan RX-King sebenarnya masih tinggi. Dalam sebulan, rata-rata motor ini laku 1.000 unit. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), total penjualan RX King selama Januari hingga Agustus tercatat 7.609 unit dengan permintaan terbesar terjadi pada Juli yaitu 1.106 unit.

ear
Sumber : tribunjabar

Filed under having 0 comments  

Kawasaki Ninja 250 Berkomponen Motor Italia

by kris joko

Budi Udin Fakkar dari Jatayu Motor Sport (JMS) memberi julukan “Cronos Superbike” pada Kawasaki Ninja 250 garapannya. Pemberian nama ini bukan sembarangan, terutama terhadap karyanya yang dinilai perfect seperti yang digarapnya pada motor kepunyaan Andre Wirahadi.

Cronos sendiri punya arti tersendiri. “Kira-kira the youngest leader of the titan. Secara harfiah, artinya pemimpin termuda di antara yang kuat. Jadi, kalau di motor, Ninja 250 merupakan motor terbaik di Indonesia,” jelas Budi yang selalu kasih nama motor setelah melacak di internet.

Sedang superbike dimaknakan motor yang identik dengan fairing. Makanya, fairing standar dipertahankan. “Namun kaki-kaki dirasa masih kurang kekar,” jelas Andre yang pengusaha pakaian muslim di pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat itu.

Dari situ Budi lantas memasok komponen motor dari Italia. Pilihannya, Ducati 916 bikinan 1998, selain langka, harganya mahal. Pelek depan dan belakang serta lengan ayun (swing arm) dipindahkan ke Ninja. Kebetulan, katanya pemasangan tidak banyak kendala.

Seperti swing arm, walau lebar tidak perlu menggeser posisi gir depan. “Sebab sudah lurus, apalagi sasis Ninja 250 juga sudah lebar. Jadi, memang tidak ada kendala,” papar Budi.

Apa itu saja dari Ducati 916? Masih ada lagi! Setang dicomot dari Ducati Monster dengan pertimbangan khusus. “Selain tidak mentok spidometer, mudah pemasangan kunci kontak. Karena, posisi kunci kontak Ducati 916 di tangki,” ungkap Budi yang banyak menyediakan limbah moge.

Masih dari Ducati Monster, Budi mengambil komponen untuk setang jepit di upside down yang dipasang di bawah segitiga. Sehingga sudut sudut kemudi bisa diatur, termasuk juga ketinggian setang dapat disetel naik-turun.

Sementara untuk upside down dipilih kepunyaan Kawasaki ZX12 produksi 2007. Sekalian dengan sepatbor depannya. Alasannya, sistem penghenti laju sudah menggunakan kaliper radial yang lagi rame di MotoGP. Lengkap dengan kaliper Tokico karbon yang terpasang di sisi kiri dan kanan.

Untuk master dipilih khusus buatan Brembo radial. Punya diameter piston 16 mm. Diyakini lebih mantap untuk pengereman. Bandingkan dengan kepunyaan Cagiva Mito yang hanya 12 mm atau milik Ducati 916 yang hanya 14 mm. Sedang untuk keperluan racing bisa 19 mm.

Kenapa spidometer tidak sekali pakai punya Ducati? Budi malah memasang kepunyaan Suzuki Satria F-150. Alasannya, sensor spido yang seperti gigi nanas itu dipasang di roda depan. Bayangkan, jika dicomot dari Ducati 916 yang sensornya ada di mesin seperti Honda Kharisma.

Perfectly. (Aong)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Battlax BT92 120/60x17
Ban belakang : Battlax BT92 190/50x17
Cakram depan : Disk Flower 320 x 2
Cakram belakang : Ducati 916 240 mm
Monosok : Ninja 250
Lampu sein : BMW E48
Pelat nomor : JMS
Panel karbon : JMS
Knalpot : Yoshimura
JMS : 0811-8393-91

Filed under having 0 comments