When this life becomes more difficult, I hope my starlight will stay to give me little hopeness in this black holes darkness sky

krisjoko

Aah... Ooh... Gerakkan Kursor di Layar Komputer

Saturday, October 11, 2008 by kris joko


Selama lebih dari 20 tahun, kehadiran mouse sangat membantu pengguna komputer karena dapat menggerakkan kursor ke segala arah. Puluhan tahun, mouse dikendalikan dengan tangan, namun ke depan mungkin lebih efektif cukup dengan suara.

Katakan aah... maka kursor di layar akan bergerak ke arah timur laut. Ooh... akan menggerakkan kursor ke arah tenggara. Mau lurus ke bawah (selatan) katakan saja ooo... sedangkan gerakan angka delapan dengan ucapan aww. Kecepatan gerakan kursor dapat diatur dengan mengubah volume suara. Untuk membuka link halaman web cukup katakan suara "klik".

Hal tersebut dapat dilakukan berkat bantuan software yang disebut Vocal Joystick. Software yang dikembangkan para peneliti di Universitas Washington, AS ini awalnya dimaksudkan untuk membantu para penyandang tuna daksa menggunakan komputer dengan lebih mudah. Selain untuk mengandalikan kursor, software ini juga dapat dipakai untuk mengendalikan saklar, lengan robotik, dan alat kontrol lainnya yang terhubung dengan komputer.

"Kebanyakan software pembantu tidak berguna karena terlalu kompleks. Namun, saya yakin mereka telah menciptakan sesuatu yang intutitif di sini," ujar Kurt L. Johnson, profesor dari Departemen Rehabilitasi Kedokteran di universitas tersebut. Ia mengatakan demikian karena software tersebut telah terbukti handal saat dicoba pada banyak orang dengan level kecacatan yang berbeda-beda.

Instalasinya juga mudah karena hanya dibutuhkan mikrofon dan sound card standar. Tim yang dipimpin Jeff Bilmes dari departemen teknik elektro berharap prototipenya dapat dipamerkan secara online bulan ini.

Filed under , having  

1 comments:

ipanks said...

wah itu kalo ahhh uhhh ahhh uhhh gmn ya om? wakakakak mlh jd agak syerem ichhh

Post a Comment