When this life becomes more difficult, I hope my starlight will stay to give me little hopeness in this black holes darkness sky

krisjoko

Malware Mengancam Telepon Genggam

Tuesday, October 7, 2008 by kris joko


Para ahli keamanan memperingatkan kerentanan mulai mengincar para pengguna telepon genggam di seluruh dunia. Sejauh ini, mereka mengidentifikasi sebanyak 500 virus atau malware (malicious software) lainnya yang menyerang telepon genggam.

Telepon dinilai rentan terhadap jenis ancaman keamanan yang sama dari malware seperti yang dihadapi personal komputer. Malware adalah program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan tertentu dari penciptanya dan merupakan program yang mencari kelemahan dari software. Umumnya malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software, misalnya sistem operasi ponsel.

"Makin banyak telepon itu dapat melakukan fungsi yang sama dengan yang dilakukan komputer pribadi, makin besar peluang benda tersebut memiliki kerentanan serupa," demikian laporan tersebut. Virus penyerang telepon genggam yang paling terkenal ialah Commwarrior-A, malware yang diidentifikasi pada 2005 dan menyebar ke telepon yang menggunakan sistem operasi Symbian melalui teks pesan.

Banyak ahli mengatakan ada segala cara malware telepon genggam itu dapat membuat gangguan. Banyak ahli keamanan khawatir hacker segera dapat menggunakan GPS yang dibuat di dalam banyak telepon genggam untuk melacak lokasi pemiliknya.

Satu generasi baru jenis spyware yang diberi nama snoopware menyusup ke telepon gengam dan dapat menghidupkan mikrofon atau kamera. Dengan ini hacker dapat mendengarkan pembicaraan pemilik telefon atau melihat sekitar mereka.

Secara umum, ancaman malware di telepon genggam berkembang sejak smartphone tersebar makin luas. Perangkat tersebut terdiri atas satu segmen pasar telepon genggam yang berkembang paling cepat dan kini memiliki pangsa pasar 12 persen dari seluruh telepon yang dijual setiap tahun.(ANT)

Filed under , having  

0 comments:

Post a Comment