When this life becomes more difficult, I hope my starlight will stay to give me little hopeness in this black holes darkness sky

krisjoko

BMW Hydrogen 7, Sedan Mewah Pakai Gas

Friday, August 15, 2008 by kris joko


BMW Amerika menciptakan mobil berbahan bakar hidrogen yang mereka namai BMW Hydrogen 7. Ini bukan terobosan pertama karena pengembangan teknologi yang menghasilkan emisi rendah sudah dimulai dua tahun lalu. Tapi sebagai mobil mewah pertama pakai hidrogen, barangkali memang benar.

Dalam proyek ini, BMW memakai sedan mewahnya seri 760 Li bermesin 6.000 cc berkonvigurasi V12. Dapur pacu itu lantas dimodifikasi menjadi dual fuel. Berarti, sedan asal Jerman ini bisa menggunakan dua jenis bahan bakar, hidrogen dan bahan bakar normalnya. Dibikin dua jenis bahan bakar lantaran infra struktur hidrogen sendiri di Amerika belum banyak.

Dibandingkan Ford, General Motors, Honda dan merek lainnya yang juga menciptakan mobil hydrogen, emisi yang dihasilkan BMW ini jauh lebih kecil. Bahkan pihak BMW sendiri menyebutnya Clean Energy. Karena, emisi dari karbon dioksida dan nitrogen oksida diolah secara sempurna, sehingga tidak meninggalkan sisa.

Karena bahan bakar yang dipakai berupa gas, maka dimensi tangki dirancang lebih kecil namun bisa menerima tekanan sampai 423 derajat dari temperatur nol. Bila tekanan di dalam tangki terlalu tinggi, ada lubang yang secara otomatis bisa membuang gas.

Bagaimana jika mobil mengalami jungkir balik? Atau lubang pembuangan tersumbat? BMW sudah mengantisipasinya dengan menyalurkannya lewat bawah bodi. Kemudian bila terjadi kebocoran, lampu indikator akan menyala. Hebatnya lagi, bila gas masuk ke dalam kabin, keempat pintu secara otomatis akan membuka.

Selain BMW, seperti Ford dan Mazda juga punya pengalaman dengan teknologi hydrogen. Cuma Ford menggunakan mesin konvensional sebanyak 30 unit untuk kepentingan komersil di Amerika dan Kanada. Di antaranya untuk pelabuhan udara di Las Vegas dan Sea World Orlando.

Sedang Mazda yang dilakukan di pusatnya, Jepang, lebih unik. Mereka memakai mesin rotari yang dikombinasi dengan motor elektrik dan baterai litium.

BMW sendiri, sebetulnya sudah mengembangkan teknologi hidrogen sejak 2006 dan sudah memproduksi sekitar 100 unit. Beberapa di antaranya sudah diuji beberapa selebritis kenamaan seperti Leonardo DiCaprio, Brad Pitt, Will Ferrel dan Edward Norton.

Filed under , having  

0 comments:

Post a Comment