When this life becomes more difficult, I hope my starlight will stay to give me little hopeness in this black holes darkness sky

krisjoko

Kunci Dokumen dari MS-DOS

Sunday, August 24, 2008 by kris joko

Jika Anda menyimpan dokumen di warnet, maka supaya aman, dokumen itu harus dilindungi. Anda bisa “mengunci” dokumen tersebut sehingga dokumen Anda tidak akan hilang kecuali hard disk itu diformat.

Penguncian dokumen dilakukan dengan menggunakan MS-DOS Prompt dan kode ASCII. Nantinya, dokumen juga dibuka di MS-DOS Prompt. Kenapa harus lewat MS-DOS Prompt? Bukankah kita bisa pakai program memproteksi file atau folder? Kalau pakai program, bisa saja pemilik warnet menghapus program itu. Ketika program itu dihapus, folder tidak lagi terkunci .

Untuk mempermudah proses penguncian ini, Anda harus meletakkan semua dokumen yang akan dikunci dalam sebuah folder. Selanjutnya, Anda tinggal melakukan langkah-langkah penguncian ini.

1. Buka MS-DOS Prompt lewat [] > [Program] > [MS-DOS Prompt].
2. Secara otomatis MS-DOS Prompt akan mengarah pada direktori Windows yakniC:-WINDOWS.
3. Pergilah ke tempat Anda menyimpan dokumen. Misalnya Anda menyimpan dokumen di Document yang terdapat pada C, pada C:-WINDOWS, ketik “c:-mydocu~1”. Kalau sudah, tekan [E].
4. Setelah itu akan berubah menjadi :-My Documents>.
5. Ganti nama dengan cara mengetikan “ nama_”. Silakan ganti “nama_folder” sesuka Anda. Jangan tekan Enter dulu, tapi tekan [] sekali. Lalu, tekan tombol []. Sambil menekan [Alt], tekan angka [1], [7], dan [9] secara berurutan. Lalu ketik nama baru untuk folder. Setelah itu, tekan [Enter]. Jika Anda benar maka akan berubah menjadi C:-My Documents>. Ketik “' dan tekan [Enter] untuk menutup MS-Dos Prompt.


Cara Buka Dokumen
Jangan cuma bisa mengunci dokumen saja, tapi bisa juga dong membukanya kembali. Nah, inilah cara membuka dokumen yang tadi sudah kita kunci.

1. Ikuti langkah-langkah penguncian dokumen sampai langkah keempat.
2. Ganti nama dengan cara mengetikkan “”, tekan spasi sekali, lalu tekan dan tahan tombol [], tekan angka . Lalu ketik nama folder lamaAnda tambah spasi dan ketik nama baru. Jika Anda benar, maka akan berubah menjadi :-My Documents>. Tambahkan untuk keluar. Ingat, setiap kali ingin membuka dokumen, Anda harus mengganti nama , seperti pada langkah kedua penguncian dokumen.

Sebagai informasi tambahan, di samping angka 179, beberapa kode-kode ASCII yang bisa dipakai untuk mengunci adalah 180, 181, 204, 207, dan lain sebagainya. Untuk mencoba, buatlah baru sebagai uji coba, sehingga bila dalam prosesnya Anda mengalami kesalahan, dokumen Anda tidak hilang.
Sumber: PCplus

Filed under , , having  

1 comments:

Oeoes said...

maud dari kode 179,180,181,204 itu sendiri apa mas...?mungkin mas joko bisa jelasin dikit atau mungkin bisa memberikan link untuk penajabaran angka2 pada kode angka ascii.hehehehe
maaf lho mas, kan lebih baik kita lebih mengenal sedikit tentang kode acsii itu daripada langsung praktek

Post a Comment