When this life becomes more difficult, I hope my starlight will stay to give me little hopeness in this black holes darkness sky

krisjoko

Motor Batpod Buat Sang Kelelawar

Wednesday, August 6, 2008 by Mas Kris


Nontonlah film The Dark Knight yang sekarang lagi diputar di salah satu jaringan bioskop di Indonesia. Dalam film itu, sang Batman yang diperankan aktor Christian Bale mengendarai dua motor. Yang pertama, MV Agusta F4CC ditunggang kala Batman jadi manusia bernama Bruce Wayne dan sudah ditayangkan di Kompas.com (31/7). Satunya lagi, dan ini paling sangar, dinamai The Batpod.

Motor ini sangat digdaya melakukan aksi fantastis sang superhero untuk memerangi kejahatan di kota Gotham. Ketika melesat, motor yang menggunakan ban mobil itu ditunggangi stuntman, Jean Piere Goy. Ia pernah beberapa kali datang ke Indonesia mempertonton aksi stunt ridernya.

Bodpot dirancang oleh Batmobile, Bathan Corwle. Konstruksi dasarnya memang nyeleneh. Sasis kompak dengan roda supergede (sama seperti mobil). Tiap bagian kerangka dilengkapi dengan engsel agar manuver dan ergonomi sang jagoan.

Dalam keadaan normal dan tertentu, posisi motor menunduk. Kedua rodanya bisa saling mendekat hingga posisi Batman meninggi dan tentunya bikin pandangan jadi lebih luas. Dan paling nyeni, mesinnya. Udah dua unit dan dipasang di roda. Hanya, kon sep ini bukan yang pertama dan sudah pernah dibikin pada motor Megola 640 keluaran 1923.

Fakta paling menarik dari Batpod ini di unsur MEFRIK (Moderen, Estetika, Fungsional, Rasional, Inovasi dan Kreasi). Motor ini bukan Cuma untuk kepentingan shooting semata. Malah sang desainer berani membuktikan kalau memang layak pakai.

Tak tanggung-tanggung, Batpod tampil di ajang balap mobil F1 di sirkuit Silverstone, Inggris. Kedua pembalap tim Toyota, Jarno Trulli dan Timo Glock menjajalnya. “Kita membuatnya hanya 6 unit karena Jean Piero benar-benar memperlakukan motor sesuai skenario. Bayangkan, diajak jumping, ngebut, sliding dan aksi menantang lainnya.

Penasaran, silakan nonton.(Isf@n)

Filed under having  

0 comments:

Post a Comment