When this life becomes more difficult, I hope my starlight will stay to give me little hopeness in this black holes darkness sky

krisjoko

Enkripsi dengan BitLocker Windows Vista

Friday, August 15, 2008 by Mas Kris


Windows Vista punya fitur keamanan baru. Namanya BitLocker Drive Encryption yang dibuat untuk melindungi data dari orang yang tidak boleh membuka data itu. Tampak dari namanya, BitLocker Drive Encryption mengamankan data dengan enkripsi.

Fitur BitLocker Drive Encryption bisa lebih dioptimalkan jika PC Anda memiliki chip Trusted Platform Module. Trusted Platform Module ini berfungsi untuk membuat kunci kriptografi, mengenkripsinya, dan mendekripsinya. Selain itu, Anda harus mempersiapkan sebuah partisi khusus dengan kapasitas 450MB untuk menggunakan BitLocker.

Setiap kali PC dinyalakan, sebelum masuk Windows, Windows Vista melakukan validasi terhadap file boot, file sistem operasi, dan drive yang dienkripsi dengan BitLocker Drive Encryption. Kalau salah satu file telah dimodifikasi, PC masuk ke dalam modus perbaikan, tentu saja ketika hendak masuk ke situ, pengguna diminta password alias kunci.

Cara menggunakan BitLocker ini sangat mudah. Anda cukup lakukan langkah-langkah berikut.
1. Klik [Start] > [Control Panel] untuk membuka panel kontrol Windows.
2. Setelah Control Panel terbuka, klik [Security].
3. Klik [BitLocker Drive Encryption] dari daftar menu yang terbuka.
4. Kalau komputer Anda telah diatur dengan benar, Anda bisa melihat link [Turn it on] di sebelah kandar sistem operasi Anda. Kliklah link tersebut.
5. Pilih jenis perangkat yang akan Anda gunakan untuk melindungi komputer dan ikuti langkah-langkahnya di layar.
6. Setelah semua tahapan sudah Anda ikuti, secara otomatis hard disk komputer Anda akan terenkripsi.

Anda tidak perlu khawatir meskipun PC Anda tidak dilengkapi chip TPM. Anda tetap dapat menggunakan BitLocker Drive Encryption dengan flash disk. Sayangnya opsi untuk ini disembunyikan oleh Microsoft. Lakukan langkah berikut untuk mengaktifkannya.
1. Klik tombol [Start], kemudian ketik “gpedit.msc”, lalu tekan [Enter] untuk menjalankan Group Policy Editor.
2. Setelah Group Policy Editor terbuka, masuklah ke Computer Configuration, Administrative Templates, Windows Components, dan BitLocker Drive Encryption.
3. Klik kanan pada [Control Panel Setup: Enable advanced startup options], lalu klik [Properties].
4. Klik [Enabled] lalu klik [OK].
5. Sekarang Anda sudah bisa menggunakan BitLocker Drive Encryption flash disk.

Camkan jika menggunakannya , Anda perlu mencolok flash disk setiap kali menyalakan komputer. Kalau flash disk tidak dicolok, PC tidak dapat booting.

Sumber: PCplus

Filed under , having  

0 comments:

Post a Comment