When this life becomes more difficult, I hope my starlight will stay to give me little hopeness in this black holes darkness sky

krisjoko

Kerja sambil Bersenang-Senang

Sunday, August 24, 2008 by kris joko


Berapa lama waktu yang Anda habiskan di kantor? Jangan-jangan, jauh lebih banyak ketimbang waktu Anda di rumah. Di masa sekarang, orang bekerja di luar jam seharusnya sudah bukan hal aneh. Banyak orang yang "bertempat tinggal" di kantor. Ketimbang macet di jalan, atau memang banyak pekerjaan yang perlu diselesaikan.

Jadi, mengapa kita tidak membuat kantor senyaman – atau paling tidak mendekati- rumah. Bukan mengajak Anda melupakan rumah sama sekali, lho. Karena betapa pun nyamannya kantor Anda, tak ada yang bisa mengalahkan kamar Anda di rumah, bukan? Suasana kerja yang nyaman, setidaknya membuat kita bekerja lebih bergairah dan kreatif. Coba deh!

Make Over
Cerahkan lingkungan kerja dengan memberi sentuhan kehidupan. Bisa dimulai dari meja kerja sendiri. Misalnya dengan meletakkan foto-foto keluarga, teman-teman, menaruh seikat bunga segar, lukisan keponakan, atau poster-poster. Mau narsis juga sah-sah saja. Intinya, buatlah ruuang kerja Anda layaknya kamar pribadi.

Setelah itu, ajaklah rekan-rekan Anda untuk melakukan make over sudut-sudut tertentu. Misalnya, memilih art work untuk ruang tamu, membuat pojok kopi, menaruh akuarium ikan hias atau merancang taman kering di sudut tak terpakai. Buatlah tema-tema rancangan dan minta teman-teman membawa koleksi ‘nganggur’ untuk menghiasnya. Pada periode tertentu, gantilah temanya untuk penyegaran.


Let’s Celebrate
Tumbuhkan budaya merayakan sesuatu. Baik yang menyangkut pekerjaan atau perayaan yang sifatnya pribadi. Misalnya, sehabis menyelesaikan sebuah proyek, merayakan pitching yang sukses, hari ulangtahun, mensyukuri kelahiran putera teman kerja. Meski setahun hanya ada 365 hari, ada sejuta alasan untuk merayakan sesuatu.


Tak usah membuat pesta besar yang merepotkan. Sesekali bisa saja memesan black forest dari bakery kondang. Lain waktu tak ada salahnya merayakannya hanya dengan kuaci atau bersulang dengan sirup. Yang penting semangatnya.


Dress Code
Bagi Anda yang tak punya kewajiban berseragam, pilih satu hari dalam seminggu untuk dress code tertentu. Pilih tema yang fun dan semua orang bisa mengikutinya. Bagi yang melanggar, buat semacam ‘hukuman’ yang menghibur pada jam istirahat. Misalnya diminta menyanyi atau berjoget sementara yang lain siap menyoraki. Bisa juga bikin pemilihan berpakaian paling serasi. Pasti seru!

Door Prize
Sesekali bawalah sekantung snack dan buatlah semacam kupon door prize. Mintalah teman-teman Anda mengambil masing-masing satu dan tukarkan dengan isi kantong Sinterklas yang Anda bawa. Senyum sumringah di wajah teman Anda meski hanya mendapatkan sepotong wafer cokelat, pastilah membuat perasaan Anda lebih nyaman.


Don’t Work too Seriously
Ini tak ada kaitannya dengan profesionalitas atau ajakan untuk main-main soal pekerjaan. Kalau itu sih, tak ada kata tawar. Tapi dalam bekerja, Anda kan, tak perlu terlalu kaku. Misalnya dari datang sampai pulang Anda terus berkutat di meja kerja. Anda cuma bangkit dari tempat duduk ketika perlu ke kamar kecil atau minum.

Sesekali bersosialisasi di tengah kerja tak ada salahnya kok. Misalnya, bercanda dengan teman-teman. Boleh juga melakukan stretching ringan, main game atau apalah yang bisa meredakan ketegangan kerja. Kantor Anda tak akan bangkrut kalau Anda ‘mencuri’ sedikit waktu untuk bersantai kan?


Emma

Filed under having  

0 comments:

Post a Comment