When this life becomes more difficult, I hope my starlight will stay to give me little hopeness in this black holes darkness sky

krisjoko

Samsung Rilis Lagi Ponsel Berbahan Jagung

Friday, August 15, 2008 by kris joko


Isu ramah lingkungan masih terus didengung-dengungkan. Banyak produsen elektronika yang kini mulai beralih ke produk yang lebih ramah lingkungan.

Salah satunya adalah Samsung yang merilis ponsel Eco bioplastik E200 Berbeda dengan plastik biasa yang dibuat dari bahan minyak bumi yang tidak dapat terbarukan, bioplastik dibuat dari bahan-bahan biologis (terbarukan), seperti jagung.

Sebenarnya E200 Eco bukanlah ponsel bioplastik pertama dari Samsung. Juni lalu Samsung sudah merilis W510 dan F268 yang ramah lingkungan, alias terbuat dari bahan plastik berbasis jagung. Akan tetapi W510 dan F268 tidak seluruhnya ramah lingkungan karena desainnya terbuat dari plastik biasa dan bioplastik. Sementara itu seluruh casing E200 Eco terbuat dari bioplastik yang berbasiskan jagung.
.
Selain mulai mengharamkan bahan plastik yang berasal dari minyak bumi, Samsung juga mengklaim diri sebagai memproduksi ponsel dengan menggunakan teknik-teknik yang tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya, seperti plumbum, kadmium dan merkuri. F268 dan E200 Eco berikut charger-nya pun bebas dari bahan-bahan yang bisa membahayakan lingkungan.

Menurut New York Times, selain Samsung, Nokia dan NEC juga mulai menggunakan bioplastik untuk produk-produk consumer-nya. Nokia tahun ini dikabarkan akan meluncurkan 40 model ponsel ramah lingkungan– masing-masing memiliki komponen yang dapat dengan mudah didaur ulang.

WIEK

Filed under , having  

0 comments:

Post a Comment