When this life becomes more difficult, I hope my starlight will stay to give me little hopeness in this black holes darkness sky

krisjoko

Asus Eee PC 901, Puas Pakainya

Tuesday, July 22, 2008 by kris joko


Jika dibandingkan adiknya - Eee PC 900 - fisik Eee PC 901 ini tampak lebih menawan. Warnanya hitam mengilat, alias glossy, atau biasa disebut piano black. Asus menyebutnya Fine Ebony. Terkesan mewah, yang sayangnya dengan cepat mengundang jejak/cap tangan. Dalam waktu sekejap, casing unit uji kami sudah ternoda bercak-bercak sidik jari.

Tampak depan, Asus Eee PC 901 memang beda dengan Eee PC 900. Bukan hanya karena mengilap, tetapi karena tulisan Asus di bagian tengah casing sudah ditiadakan. Bahkan tidak ada tulisan Asus di badan notebook mungil ini. Yang ada hanyalah tulisan Eee berhuruf kursif di casing kanan notebook. Sementara di bagian dalam, di bawah layar LCD-nya, tertulis Eee PC.

Apa lagi perbedaan yang ditampilkan Eee PC 901? Mari kita lihat fisiknya terlebih dulu. Pertama, batere yang dikemaskannya. Batere Li-Ion ini lebih gemuk, tinggi dan berat dibandingkan milik Eee PC 900.

Tak heran, sebab kapasitasnya jauh lebih besar, yakni 6600mAh. Begitu disorongkan masuk ke belakang unit, batere ini terlihat ikut menyumbangkan 'ketinggian' pada Eee PC 901. Memang jika dijajarkan dan layar LCD-nya diposisikan terbuka tegak 90o, layar Eee PC 901 menjadi sekitar 8 mm lebih tinggi dibandingkan Eee PC 900 yang menggunakan batere Li-Ion 5800mAh.

Dari Kiri ke Kanan
Mari kita tutup lagi dulu LCD tersebut. Kita tengok sisi kanan sebentar. Di sisi kanan ini ada jack DC-in, port VGA, dua port USB, dan slot SD. Ini sedikit berbeda dengan Eee PC 900; jack DC-in ditempatkan di sisi kiri belakang unit.

Namun menurut kami, pemindahan jack DC-in ke sisi kanan pada Eee PC 901 cukup baik, karena kabel daya tidak harus melingkar dari belakang unit saat kita menggunakan daya listrik. O ya, dengan dipindahkannya jack DC-in, tak ada apa-apa lagi di bagian belakang unit ini, alias bersih.

Bagaimana dengan sisi kiri? Adakah yang berubah? Di sisi ini tampak masing-masing satu lubang cable lock, port LAN, port USB, kisi-kisi sirkulasi, jack headphone dan jack mikropon. Berarti yang bertukar posisi hanyalah lubang cable lock (Kensington lock), yang pada Eee PC 900 berada di sisi kanan. Selain itu, kisi-kisi sirkulasi kini lebih panjang.

Nah, sekarang kita buka cover-nya. Ternyata di bagian dalam juga ada yang lain. Perubahan kosmetik kecil melibatkan engsel, yang kini ujung-ujungnya yang membulat itu dijaga oleh 'cincin' bersalur yang mengilap. Akan tetapi yang menyolok adalah letak tombol on/off. Tombol ini tidak lagi terletak di bagian engsel, tetapi di panel keyboard. Bentuknya sekarang pipih memanjang dengan sebuah LED biru kecil menyala terang saat Eee PC 901 dinyalakan.

Empat Tombol Shortcut
Sejajar dengan tombol on/off, tetapi di ujung yang berbeda, tampak empat tombol pipih lainnya. Masing-masing tombol shortcut ini memiliki label icon di atasnya. Dua di sisi kiri sudah diprogram Asus, masing-masing untuk memadamkan layar (icon X), dan mengubah resolusi layar (800x600/1024x600/1024x768/1024x768 Compress).

Dua tombol lainnya bisa diprogram melalui aplikasi Asus*EeePC*Eee Instant Key. Pada unit uji kami, tombol ke-3 sudah diprogram untuk SuperHybridEngine (Super Performance/High Performance/PowerSaving/Auto PowerSaving), sedangkan tombol ke-4 untuk aplikasi Skype. SuperHybridEngine, khususnya moda PowerSaving, berfungsi untuk memperpanjang usia batere, yang diklaim Asus bisa mencapai 8 jam.

Selebihnya sama dengan Eee PC 900. Ini termasuk jumlah tombol, letak tombol, dan juga tingkat kekenyalan tombol – yang menurut kami tidak terlalu empuk dan agak berisik. Ukuran touchpad milik Eee PC 901 yang dibingkai oleh lis metalik sedikit lebih lebar dibandingkan Eee PC 900.

Ukuran LCD masih sama dengan milik Eee PC 900. Begitu pula pilihan resolusinya (800x600, 1024x600, 1024x768, 1024x768 Compress; menurut kami yang paling nyaman di mata adalah 1024x600).

Di tengah atas LCD tertanam WebCam 1,3 megapixel. Tetapi ada yang berbeda dengan 'bingkai' LCD ini. Pada Eee PC 900, di sebelah kiri WebCam terdapat sebuah lubang dengan icon mikropon. Di sini lubang mikropon itu tidak cuma pindah lokasi ke bagian bawah, dekat engsel, tetapi juga beranak pinak menjadi dua buah.

Sekarang mari kita nyalakan notebook mungil yang dimotori Windows XP Home Ed. SP3 ini. Waktu startup-nya tercatat tidak beda dengan Eee PC 900 yang menggunakan sistem operasi sama (tapi SP2). Jadi apakah Eee PC 900 ini hanya menampilkan perbedaan kosmetik agar tampak cantik?

Tambah Kaya
Sebagian ya. Namun ada perbedaan menyolok lainnya. Pertama, Eee PC 901 dipersenjatai oleh prosesor Intel Atom N270 1,6GHz (pada Eee PC 900 digunakan Intel Celeron 900MHz). Ini dipertegas oleh stiker Intel Atom Inside di panel, di sebelah stiker Designed for Microsoft Window XP. Sementara spesifikasi lainnya sama – DDR2 1GB, LCD 8,9”, WebCam 1,3 megapixel, SSD (solid state disk) 12GB yang dipartisi dua sebagai storage pengganti harddisk.

Akan tetapi fitur nirkabel yang dikemaskan lebih kaya. Tidak cuma Wi-Fi b/g, tetapi juga Wi-Fi n, dan Bluetooth. Keduanya diaktifkan dengan menekan kombinasi tombol Fn-F2. Aktif/tidaknya fitur nirkabel dapat dipantau dari indikator LED paling kanan pada ujung kanan depan panel keyboard. Bila menyala biru, berarti aktif. Di sebelah indikator ini terdapat tiga indikator LED lain (SSD, batere, power save).

Saat menu dijelajahi terlihat ada aplikasi terpasang baru. YoStore salah satunya. YoStore adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna Eee PC 901 berbagi-pakai file secara online dan gratis dengan rekan dan kerabatnya di Internet.

Aplikasi baru yang hadir pada unit uji kami adalah SuperHybridEngine, My Bluetooth Places, Ralink Wireless, InterVideo WinDVD, dan Yahoo Messenger. Lainnya sama dengan Eee PC 900, yakni Microsoft Works, StarOffice 8, Windows Live, Mail, Adobe Reader 8, Outlook Express, Skype.

Batere Superawet
Terkait dengan batere yang lebih besar tadi, ada berita gembira. Kendati menyumbangkan tambahan berat yang signifikan, batere tersebut membuat notebook mungil ini lebih bebas dipakai di luar kantor.

Saat kami gunakan mengetik artikel (dengan StarOffice Writer) sambil mendengarkan musik MP3 (via Windows Media Player) yang bercokol di sebuah USB flash disk, kami bisa bekerja selama 6 jam 7 menit sebelum daya batere menyerah habis. Benar-benar mengesankan!Terlebih lagi, pengisian ulang daya batere berlangsung relatif cepat; hanya 3 jam 32 menit.

Sementara ketika kami gunakan benchmark Battery Eater 05, tercatat daya batere mampu bertahan 257 menit (4 jam 17 menit), dan perlu waktu 3 jam 37 menit untuk diisi penuh kembali. Catatan waktu ini termasuk sangat baik.

Yang juga menyenangkan, indikator batere pun lebih cerdas. Jadi tidak hanya memunculkan persentase daya batere, melainkan juga waktu yang tersisa. Saat kami mengambangkan kursor di atas icon batere, muncul informasi “4:50 hours (100%) remaining.” Ini jauh lebih informatif dibandingkan 'versi 900' yang hanya mampu memberitahukan sisa daya batere dalam persentase.
***


Sungguh, Asus Eee PC 901 ini menyenangkan, karena menyajikan kebebasan bekerja di mana pun. Bukan cuma karena fitur nirkabelnya yang lengkap dan kualitas speaker-nya yang baik, tetapi juga karena baterenya yang awet. Kami puas memakainya, karena tak perlu kuatir kehabisan daya batere.

Cuma dibandingkan Asus Eee PC 900, seri ini lebih berat. Baterenya saja – yang sayangnya tidak bisa dipertukarkan dengan milik Eee PC 900 - menyumbangkan bobot 326 gram. Ditambah dengan adaptor dan kabel daya – yang sama persis dengan milik Eee PC 900 – total kita akan membawa-bawa perangkat berbobot 1,402kg.

Ada yang kami sayangkan. Kendati sudah menggunakan Intel Atom dan juga memperlebar kisi-kisi sirkulasi, palmrest Eee PC 901 masih terasa cukup hangat saat dipakai agak lama. Semburan udara panas juga terasa menyengat di bagian bawah unit. Hal lain yang juga dapat ditingkatkan Asus adalah kekenyalan tuts keyboard-nya.


SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)
Kinerja : 4,2
Fasilitas : 4,2
Penggunaan : 4
Harga : Belum diketahui


PLUS: Mungil; kualitas suara baik; batere awet; Bluetooth dan Wi-Fi b/g/n.

MINUS: Agak panas; casing cepat kotor; keyboard sempit; tuts agak keras; berat.


SPESIFIKASI Asus Eee PC 901
Prosesor: Intel Atom N270 1,6GHz
RAM: 1GB
Chipset: Intel Mobile 945 Express
Kartu suara: Realtek HD Audio
Harddisk: Tidak ada
Storage: SSD 12GB
Optical drive: Tidak ada
Fasilitas: LAN, Wi-Fi b/g/n, Bluetooth 2.0+EDR, card reader (SD, SDHC, MMC), 3 USB, touchpad, mic+earphone, VGA-out, Webcam: 1,3 megapixel
Kelengkapan: Softpouch, adapter + kabel daya
Layar: 8,9", resolusi 1024x600 pixel
Sistem Operasi: Windows XP Home Edition SP3
Batere: Li-Ion 6600mAh (6-cell)
Dimensi: 22,4x17,1x3,3 cm
Bobot dengan batere standar: 1,402 gram; (dengan adaptor dan kabel daya standar)
Garansi: 1 tahun
Situs Web: www.asus.com.
Harga kisaran*: Belum diketahui

Wiwiek Juwono

Filed under having  

0 comments:

Post a Comment