When this life becomes more difficult, I hope my starlight will stay to give me little hopeness in this black holes darkness sky

krisjoko

Efek Tangan Berujung Pensil

Tuesday, July 22, 2008 by Mas Kris


Memiliki tangan seperti sang tokoh Edward yang berjemari gunting memang menyeramkan, tetapi cukup menantang untuk dimanipulasi. Jika mau, Anda bisa saja mengubah jari-jemari Anda menjadi ujung pensil, pena, atau benda-benda tajam lainnya. Caranya? Ikuti saja langkah-langkah ini.

1. Siapkan foto jari tangan dan foto pensil yang sudah tajam. Buka keduanya di jendela Adobe Photoshop CS3. Samakan pencahayaan kedua foto dengan bantuan boks Level yang bisa dibuka dengan menekan [Ctrl] + [L] di kibor. Atur setelan exposure dengan slider yang tersedia di boks Level. Klik [OK] jika sudah beres.

2. Pada jendela foto pensil, seleksilah foto tersebut dengan menggunakan [Pen Tool]. Pilih opsi [Path] dari options bar di bagian atas jendela program. Setelah selesai, klik-kanan path yang Anda buat, lalu pilih [Make Selection...]. Pilih nilai “Feather radius” sekitar 1 - 2 pixels. Lalu tekan [Ctrl] + [C] pada keyboard.

3. Sekarang kita pindah ke foto jari tangan. Gandakan foto tangan dengan menarik layer "Background" ke tombol [Create a new layer] berikon lembaran kertas di bawah palette. Anda juga bisa melakukannya dengan menekan tombol [Ctrl] + [J] di kibor. Namai layer tersebut agar mudah ditemukan.

4. Tekan [Ctrl] + [V] di kibor untuk memunculkan foto pensil - yang muncul di sebuah layer baru. Atur ukurannya agar sesuai dengan besar jari telunjuk dengan menekan [Ctrl] + [T] di keyboard. Selanjutnya, tarik sudut-sudut kotak di sekeliling pensil untuk menyamakan ukurannya dengan jemari tangan. Jika sudah, tekan [Enter].

5. Samakan warna dari pensil dengan jari tangan. Untuk keperluan ini, sebaiknya gunakan foto pensil dengan warna yang senada dengan warna tangan. Klik layer Pensil, lalu klik [Image] > [Adjustments] > [Hue/Saturation...]. Geser slider “Hue” untuk mencari tone warna yang pas. Jika sudah, atur slider “Saturation” dan “Lightness” untuk mencapai tonal warna yang mirip. Biarkan saja meskipun tidak terlalu mirip. Lalu klik [OK].

6. Atur warna pensil agar semakin menyerupai dengan mengklik [Image] > [Adjustments] > [Selective Color...]. Pada boks yang muncul, pilih warna yang senada dengan warna tangan, seperti kuning, putih, atau merah pada menu “Colors:”. Atur empat slider warna yang ada di bawahnya untuk mengatur warna pensil agar menyerupai tangan. Akhiri dengan mengklik [OK].

7. Waktunya untuk menghilangkan badan pensil dan menyisakan ujungnya. Klik layer pensil lalu klik tombol [Add layer mask] di bawah palette. Pastikan warna kotak Set foreground & background color di toolbox terpilih hitam dan putih.

8. Klik [Brush Tool] di toolbox. Atur ukurannya dengan menekan [ [ ] untuk memperkecil dan [ ] ] untuk memperbesar pulasan kuas. Sesudahnya, klik kotak putih di samping layer pensil, dan pulaslah bagian badan pensil yang hendak dihilangkan.

9. Sisakan ujung pensil untuk menggantikan tampilan kuku jari telunjuk. Lakukan proses penghapusan ini dengan cermat dan teliti. Jika mau, Anda bisa menambahkan ujung pensil pada jemari lainnya juga. Kalau sudah kelar, klik [Layer] > [Flatten Image], lalu simpanlah hasil karya manipulasi Anda tersebut.

Sumber: PCplus

Filed under having  

0 comments:

Post a Comment