When this life becomes more difficult, I hope my starlight will stay to give me little hopeness in this black holes darkness sky

krisjoko

Cara Membersihkan Batok Lampu Berembun

Tuesday, July 22, 2008 by kris joko


Sangat menjengkelkan sekali, berangkat ke kantor dengan pakaian rapi dan bodi sudah kinclong, tapi pada bagian dalam lampu depan berembun. Apalagi terjadi pada menjelang malam, sangat menggangu sorotan lampu.

Ada beberapa hal jadi penyebabnya. Ini dikarenakan ringkihnya sealer antara mika lampu dan reflektor. Kalau indikasinya di situ,lepas rumah lampu dan setelah terbuka rekatkan kembali dengan sealer yang baru. Walau lumayan repot, Anda bisa melakukannya sendiri.

Penyebab lain, embu masuk melalui soket lampu senja. Untuk mobil-mobil keluaran sekarang, lampu senja terintegreted denngan lampu utama.. Dan beberapa lampu senja yang karet sil lampunya mudah getas sehingga dapat disusupi air. Cukup dengan menggganti sil tersebut maka persoalan bisa dituntaskan.

Bagaimana jika embun bukan disebabkan karena dua hal di atas? Ada satu bagian lampu yang mungkin tidak banyak diketahui. Umumnya mobil-mobil terbaru, lensa lampu depannya terbuat dari bahan plastik. Tujuannya, selain mudah dibentuk, dengan plastik hemat biaya produksi dan berbobot ringan. Namun plastik tidak tahan panas. Padahal, bohlam halogen menghasilkan panas saat diaktifkan. Alhasil ia butuh lubang untuk mengeluarkan udara panas. Dan lubang itu berada di belakang lampu. Sudah kecil sering tersamar oleh soket dan pengatur arah sorotan lampu. Bisa jadi air masuk lewat situ kala mobil dicuci.

Cara membersihkannya, copot soket lampu bila yang dekat tabung cadanngan air radiator dilepas dulu. Setelah kaitannya terlepas, keluarkan lampu dari lubangnya. Ambil kalin majun lilitkan pada kayu dan ikat dengan karet dan masukkan ke dalam lampu melalui rongga lampu utama. Setelah digosok-gosok, lap untuk kedua kalinya, tapi menggunakan bahan mikrofiber. Bersih dah. (Susanto Ari P)

Filed under having  

0 comments:

Post a Comment