When this life becomes more difficult, I hope my starlight will stay to give me little hopeness in this black holes darkness sky

krisjoko

Telkom Luncurkan Aplikasi Komputer untuk Penyandang Cacat

Friday, July 18, 2008 by kris joko

BANDUNG--MI: Untuk pemerataan akses informasi dunia maya melalui komputer, PT Telkom meluncurkan aplikasi komputer untuk penyandang cacat.

"Melalui perintah suara, komputer dapat menjalankan berbagai aplikasi secara lebih mudah, termasuk mengakses internet yang dilakukan oleh penyandang cacat," kata SGM R and D Center Telkom Mustapa Wangsaatmadja di sela-selan peluncuran aplikasi tersebut di Bandung, Jumat (18/7).

Ia mengatakan, program aplikasi komputer voice command itu merupakan hasil riset sejak Oktober 2007 dan pada Jumat ini mulai perkenalkan kepada para penyandang cacat di Yayasan Penyandang Cacat Cicendo dan Pasteur Bandung.

Ia mengakui, aplikasi ini masih berbentuk prototipe dan perlu penyempurnaan lebih lanjut. "Oleh karena itu kami aplikasikan ke dalam oper source Linux, sehingga bisa dikembangkan dan disempurnakan oleh komunitas Linux.

Didampingi Humas Telkom Eddy Kurnia, Mustapa mengatakan, aplikasi ini dikembangkan oleh telkom bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Advance Telecomunication Research (ATR) Labs Jepang dan Asia Pasific Telecommunity (APT).

Aplikasi ini lebih ditujukan kepada masyarakat yang memungkinkan mereka yang memiliki keterbatasan fisik menjalankan berbagai aplikasi komputer secara lebih mudah.

Bagi saudara kita yang memiliki keterbatasan dalam menggunakan tombol keyboard dan menggerakan mouse komputer, seperti penderita lumpuh badan, stroke, penyandang tuna daksa, manfaat tersebut masih dirasakan maksimal," kata Eddy.

Menurutnya, saat ini baru ada 350 kata perintah yang direkam dari 50 suara wanita dan 50 suara laki-laki. "Jumah kata tersebut masih belum mencukupi sehingga perlu perbaikan dan perlu penyempurnaan agar bisa dikenali oleh komputer," katanya. (Ant/OL-01)

Filed under , having  

1 comments:

oeoes said...

alah paling yo akal-akalan telkom saja seperti pas meluncurkan produk speedynya, terbukti speedy angin2nan.sebernarnya sih bagus tuh tapi kalau nantinya like speedy, sama aja boong

Post a Comment