When this life becomes more difficult, I hope my starlight will stay to give me little hopeness in this black holes darkness sky

krisjoko

Suzuki APV, Mini Alphard Yang Mewah

Sunday, July 27, 2008 by kris joko


Selama berlangsung pameran mobil internasional (IIMS 2008) di JCC, Jakarta (11-20/7), di booth Suzuki ada APV putih yang sudah dimodifikasi Auto Spot. Tampilannya mengundang penasaran pengunjung, selain karena ubahan pada eksterior juga interiornya yang mewah. Tak pelak, garapan Edwin Adjisatryo ini menjadi salah satu bintang di antara produk-produk Suzuki.

Seluruh bodi APV yang dibalut cat putih kristal, memang menarik perhatian.Apalagi melongok ke bagian dalam, terutama ruang penumpang sudah digusur total. Melihat desain dan konfigurasi interior, APV Arena ini tidak bisa lagi disebut sebagai kendaraan keluarga. Pasalnya, tempat duduk yang tersedia hanya empat: dua di depan dan dua di belakang.

“Konsepnya kendaraan mewah. Cocok untuk melayani rekan bisnis,” jelas Edwin, sang desainer yang ikut memantau minat konsumen terhadap kreasinya di stan Suzuki. Karena itu pula, biaya memodifikasi APV cukup besar dan dikatakannya habis sekitar Rp 120 juta. Karena itu, kalau dijual, harga APV ini bisa mencapai Rp 250 juta!

Mini Alphard
Penampilan APV ini, sekilas mirip Toyota Alphard, makanya disebut Mini Alphard. Untuk itu, Edwin harus mengganti bumper dan menggunakan spoiler dengan model “dower”. Juga ada tambahan side skirt pada kedua samping bodi.

Perubahan mencolok lainnya adalah bagian belakang dan keempat fender atau sepatbor. Ukuran keempat spatbor lebih gemuk. Tujuannya, selain memberikan penampilan eksklusif, agar ban dan pelek 20 inci bisa dipasang dengan baik dan membuat kendaraan bisa jalan dengan kondisi normal.

Meski begitu, ternyata fender gemuk mengakibatkan kedua pintu depan tidak bisa dibuka secara normal. Sudut buka pintu mengecil dan menyebabkan pengemudi atau penumpang depan agak susah masuk ke dalam kokpit. Tapi, sistem buka kedua pintu samping yang diganti model sliding, merupakan perubahan unik,

Interior hasil rancangan Edwin pada APV menarik sekali. Di ruang penumpang hanya tersedia dua kursi dengan desain individual, bisa disetel dan dilengkapi dengan arm rest. Ruang batas antara kokpit dan penumpang belakang, dipakai untuk menempatkan minibar dan di atas ditaruh monitor LCD 20 inci. “Saya melengkapi mobil dengan tata suara surround. Dengan demikian pemilik dan penumpangnya bisa menikmati tontonan sembari melakukan perjalanan,” lanjut Edwin.

Meski tidak menggunakan kulit asli, jok dan trim interior dilapisi dengan produk MB Tech warna gading, sehingga memberikan kesan mewah dan eksklusif. Jadilah APV ini sebagai minivan mewah asli, yang benar-benar lahir dari bumi Indonesia, mulai dari unit sampai desain dan kreativitas modifikasinya. (ZBJ)

Filed under having  

0 comments:

Post a Comment